Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Sunan Drajad Banjarwati Lamongan
(1) STAI Sangatta Kutai Timur
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrack
The learning method is an important thing that must be considered, in addition to the curriculum content or material to be delivered. Because considering the importance of learning methods, an educator must use several methods in each learning process. Both in general or religious subject matter such as the yellow book. This article aims to describe some of the learning methods used in the yellow book learning process at the Sunan Drajad Islamic boarding school Lamongan. By using a qualitative approach and is a type of field research, this research was conducted. Data collection techniques using interviews, observation, and documentation as well as using data analysis, Milles and Huberman. The results show that in the Sunan Drajat Lamongan Islamic boarding school there is a yellow book learning method. There are several yellow book learning methods that are commonly used, including the bandongan, sorogan, memorization, deliberation and collaboration methods. Far from that, in fact, if the use of yellow book learning methods in Islamic boarding schools throughout Indonesia in general and in the Sunan Drajat Lamongan Islamic boarding school, if you can combine some of the above learning methods that we are familiar with, combined with general learning methods such as the role-playing method, demonstrations, recitations, field trips, sociodrama, and so on will certainly make it easier for students to learn the contents of the yellow book. Why should you combine several methods in a learning process, because one method with another has its own character, advantages, and disadvantages. As a result, by using various existing learning methods, the hope is to make it easier for educators (kyai / ustadz / ah) to convey the material and make it easier for students (santri) to learn and understand the material so that the objectives of learning can be achieved.
Keywords: learning method, yellow book
Abstrak
Metode pembelajaran merupakan hal penting yang harus diperhatikan, selain konten kurikulum atau materi yang akan disampaikan. Karena mengingat pentingnya metode pembelajaran, seorang pendidik harus menggunakan beberapa metode dalam setiap proses pembelajarannya. Baik dalam materi pelajaran umum ataupun keagamaan seperti halnya kitab kuning. Dalam artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa metode pembelajaran yang dipakai dalam proses pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Sunan Drajad Lamongan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan jenis penelitian lapangan, penelitian ini dilakukan. Teknik pengambilan data menggunkan wawancara, observasi dan dokumentasi serta menggunakan analisis data Milles dan Huberman. Adapun hasilnya menunjukkan bahwa di pesantren Sunan Drajat Lamongan terdapat metode pembelajaran kitab kuning. Ada beberapa metode pembelajaran kitab kuning yang lazim digunakan, diantaranya adalah metode bandongan, sorogan, hafalan, musyawarah dan kolaborasi. Jauh dari itu sebenarnya jika penggunaan metode-metode pembalajaran kitab kuning di pondok pesantren di seluruh Indonesia pada umumnya dan di pondok pesantren Sunan Drajat Lamongan jika dapat memadukan beberapa metode pembelajaran di atas yang sudah lazim kita ketahui, dipadukan dengan metode pembelajaran umum seperti metode role palying, demonstrasi, resitasi, karyawisata, sosiodrama dan lain sebagainya tentu akan semakin menambah kemudahan bagi para santri untuk mempelajari isi dari kitab kuning. Mengapa harus memadukan beberapa metode dalam sebuah proses pembelajaran, karena memang satu metode dengan metode lainnya itu memiliki karakter, kelebihan dan kekurangan masing-masing. Walhasil dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran yang ada, harapannya adalah untuk memudahkan pendidik (kyai/ustadz/ah) menyampaikan materi dan memudahkan bagi peserta didik (santri) untuk mempelajari dan memahami materinya sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai.
Kata kunci: metode pembelajaran, kitab kuningFull Text:
PDFReferences
Afandi, Muhamad, Evi Chamalah, and Oktarina Puspita Wardani. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT). Vol. 392. Semarang: UNISSULA PRESS, 2013. https://doi.org/10.1007/s00423-006-0143-4.
Ahmad Achyad, Ismail Qusyairi, and Hadi Ja’far. Mengapa Saya Harus Mondok Di Pesantren. Pasuruan: PT. PUSTAKA SIDOGIRI PONDOK PESANTREN SIDOGIRI, 2009.
Akbar, Ali, and Hidayatullah Ismail. “Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang.†Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman 17, no. 1 (2018): 21. https://doi.org/10.24014/af.v17i1.5139.
Bahrudin, and Moh Rifa’i. “Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Religius Santri.†TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam 4, no. 1 (2021): 1–21.
Fuadah, Fitriyah Samrotul, and Hary Priatna Sanusi. “MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN.†JURNAL ISEMA :Islamic Educational Management 02, no. 02 (2017): 59–65. http://dx.doi.org/10.1016/j.encep.2012.03.001.
Imron, Arifin. Penelitian Kualitatif. Malang: Kalimadasa Press, 1996.
Maesaroh, Siti. “Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam.†Jurnal Kependidikan 1, no. 1 (2013): 150–68. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536.
Murtafiah, Nurul Hidayati. “Efektivitas Penerapan Metode Sorogan Kitab Al Jurumiyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning.†An Nida 1, no. 1 (2021): 18–25.
Musyaffa, Mokhamad Ali. “DESAIN PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI SMP TERBUKA PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL MUTA ’ ALLIMIN,†n.d., 1–14.
Putri, Rosma Eka. “Pelaksanaan Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Malalo.†El -Hekam 5, no. 2 (2020): 189. https://doi.org/10.31958/jeh.v5i2.2661.
Rakhmawati, Rani. “Syawir Pesantren Sebagai Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Manbaul Hikam Desa Putat , Kecamatan Tanggulangin , Kabupaten Sidoarjo- Jawa Timur.†AntroUnairdotNet V, no. 2 (2016): 349–60. http://journal.unair.ac.id.
Rasikh, Ar. “Pembelajaran Kitab Kuning Pada Pondok Pesantren Khusus Al-Halimy Desa Sesela Kabupaten Lombok Barat.†Jurnal Penelitian Keislaman 14, no. 1 (2018): 71–84.
Rasyid Anwar Dalimunthe. Strategi Pembelajaran Kitab Kuning Di Pesantren. Edited by Sakholid Nasution. Medan: Perdana Publishing, 2020.
Rusdi. “Pengembangan Metode Pembelajaran Kitab Kuning Dalam Mencetak Ahli Fiqh.†An-Nuha 5, no. 1 (2018): 3–56.
Sudrajat, Akhmad. “Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, Dan Model Pembelajaran,†2003.
Sufa, Azuma Fela. “Efektifitas Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Mahalli Brajan Wonokromo Pleret Bantul Tahun Ajaran 2013/2014.†LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 5, no. 2 (2017): 169. https://doi.org/10.21927/literasi.2014.5(2).169-186.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan:(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D). Alfabeta, 2008.
Sunyoto, Agus. Atlas Walisongo. Cetakan IX. Tangerang Selatan: Pustaka IlMaN, 2018.
Tamsir, and Warisuddin Soleh. “PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN (Studi Kasus Di Pondok Pesantren As’ad Olak Kemang Kota Jambi).†Jurnal Mikraf: Jurnal Pendidikan 1, no. 2 (2020): 42–54.
Thoriqussu ’ud, Muhammad. “Model-Model Pengembangan Kajian Kitab Kuning Di Pondok Pesantren.†At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah 1, no. 2 (2012): 225–39. http://ejournal.stitmuh-pacitan.ac.id/index.php/attajdid/article/view/13.
Wahidul Anam, Anis Humaidi, Moh. Tasi’ul Jabbar,. “Upaya Kiai Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning.†Edudeena 1, no. 1 (2017): 43–52. https://doi.org/10.30762/ed.v1i1.446.
DOI: 10.24235/tarbawi.v6i2.8898
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Mahfud Ifendi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.