Editorial Policies

Focus and Scope

AL-TARBAWI AL-HADITSAH: Journal of Islamic  Education with registered number p-p-ISSN: 2407- 6805, and e-ISSN: 2580-6505 is a peer-reviewed journal published two times a year  by  IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia.

AL-TARBAWI AL-HADITSAH: Journal of Islamic  Education is intended to be the journal for publishing articles either the concept/thought or the results of the field research on Islamic Culture and Education. The journal invites manuscripts in the various topics include, but not limited to, Research related to Islamic Education of secondary and tertiary education; Media development and teaching method of Islamic education; Islamic character education; Counseling of Islamic education, Philosophy of Islamic education; History of Islamic education; Madrasah (Islamic learning centre), Pesantren (Islamic boarding school), Islamic school and Islamic higher education; Contemporary Islamic education; Multiculturalism Islamic education; Interdiciplinary research of Islamic education; etc.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Peer review is designed to assess the validity, quality and often the originality of articles for publication. Its ultimate purpose is to maintain the integrity of science by filtering out invalid or poor quality articles.

Al-Tarbawi Al-Haditsah implemented the Blind Peer Review Process. The editor in Chief or Managing Editor will assign the manuscript to the relevant section editor for further handling. The section editor will ask one or two scientists to review the manuscript. Based on comments from the reviewer, Section Editor, and Editor in Chief will make a decision on the manuscript.

Al-Tarbawi Al-Haditsah only accept the original manuscript. Examination of plagiarism elements done with the help of Plagiarism Checker.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

PUBLICATION ETHICS

PERNYATAAN ETIKA PUBLIKASI DAN MALPRAKTIK

Al-Tarbawi Al-Haditsah adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati dan dikelola oleh Fakultas Ilmu Pendidikan. Pernyataan ini menjelaskan perilaku etis dari semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk penulis, pemimpin redaksi, Dewan Redaksi, peer-reviewer dan penerbit. Pernyataan ini didasarkan pada Pedoman Praktik Terbaik COPE untuk Editor Jurnal.

PEDOMAN ETIKA PUBLIKASI JURNAL

Publikasi artikel dalam jurnal  Al-Tarbawi Al-Haditsah peer-review merupakan blok bangunan penting dalam pengembangan jaringan pengetahuan yang koheren dan dihormati. Ini adalah cerminan langsung dari kualitas karya penulis dan lembaga yang mendukung mereka. Artikel peer-review mendukung dan mewujudkan metode ilmiah. Oleh karena itu penting untuk menyepakati standar perilaku etis yang diharapkan untuk semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan: penulis, editor jurnal, peer reviewer, penerbit dan masyarakat.  

Fakultas Ilmu Pendidikan  Universitas Islam Negeri Syekh Nurjati selaku penerbit jurnal  Al-Tarbawi Al-Haditsah menjalankan tugas perwalian atas semua tahapan penerbitan dengan sangat serius dan kami menyadari tanggung jawab etika dan tanggung jawab kami lainnya. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan, cetak ulang, atau pendapatan komersial lainnya tidak memiliki dampak atau pengaruh pada keputusan editorial. Selain itu,  Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Negeri Syekh Nurjati dan Dewan Redaksi akan membantu
komunikasi dengan jurnal dan/atau penerbit lain jika hal ini berguna dan diperlukan.

KEPUTUSAN PUBLIKASI

Redaktur jurnal   Al-Tarbawi Al-Haditsah bertanggung jawab untuk memutuskan artikel mana yang dikirimkan ke jurnal yang harus diterbitkan. Validasi pekerjaan yang bersangkutan dan pentingnya bagi peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan tersebut. Para editor dapat dipandu oleh kebijakan dewan redaksi jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang akan berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Para editor dapat berunding dengan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan ini.

PERMAINAN ADIL

Seorang editor setiap saat mengevaluasi naskah untuk konten intelektual mereka tanpa memandang ras, jenis kelamin, asal etnis, kewarganegaraan, atau filosofi politik penulis.

KEBIJAKAN REPRODUKSI

Tujuan dari   Al-Tarbawi Al-Haditsah adalah untuk mempromosikan penyebaran luas dari hasil penyelidikan ilmiah yang sistematis ke dalam bidang penelitian pendidikan yang luas. Dengan ini diberikan izin untuk memperbanyak isi jurnal untuk digunakan dalam perkuliahan, selama sumber dan “Fakultas Pendidikan Universitas Islam Negeri Syekh Nurjati” dicantumkan dalam reproduksi tersebut.

Permohonan tertulis harus diajukan kepada Pemimpin Redaksi untuk mendapatkan izin untuk mereproduksi salah satu isi jurnal untuk digunakan selain kursus instruksi - misalnya, dimasukkan dalam buku bacaan atau dalam publikasi lain yang dimaksudkan untuk distribusi umum. Dalam pertimbangan untuk pemberian izin oleh jurnal dalam kasus seperti itu, pemohon harus memberi tahu penulis secara tertulis tentang tujuan penggunaan yang akan dilakukan dari setiap reproduksi. Biasanya, jurnal tidak akan mengakses biaya untuk pengabaian hak cipta.

Kecuali disebutkan lain dalam artikel, hak cipta artikel dalam jurnal telah beralih ke Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Islam Negeri Syekh Nurjati. Jika pencipta tidak (belum) mengalihkan hak cipta kepada Fakultas Pendidikan, Universitas Islam Negeri Syekh Nurjati, pemohon harus meminta izin untuk memperbanyak (untuk semua tujuan) langsung dari pencipta.

KERAHASIAAN

Editor dan staf editorial mana pun tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapa pun selain penulis yang bersangkutan, pengulas, peninjau potensial, penasihat editorial lain, dan penerbit, sebagaimana mestinya.

PENGUNGKAPAN DAN KONFLIK KEPENTINGAN

Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah yang dikirimkan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

TUGAS REVIEWER

Kontribusi untuk Keputusan Editorial

Peer review membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial dengan penulis juga dapat membantu penulis dalam meningkatkan makalah.

Kecepatan

Setiap wasit terpilih yang merasa tidak memenuhi syarat untuk meninjau penelitian yang dilaporkan dalam sebuah manuskrip atau mengetahui bahwa tinjauan segera tidak mungkin dilakukan, harus memberi tahu editor dan mengundurkan diri dari proses peninjauan.

Kerahasiaan

Setiap manuskrip yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Mereka tidak boleh diperlihatkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.

Standar Objektivitas

Review harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi terhadap penulis tidak pantas. Wasit harus mengungkapkan pandangan mereka dengan jelas dengan argumen pendukung.

Pengakuan Sumber

Reviewer harus mengidentifikasi karya relevan yang diterbitkan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan bahwa pengamatan, derivasi, atau argumen telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Peninjau juga harus meminta perhatian editor setiap kesamaan substansial atau tumpang tindih antara manuskrip yang sedang dipertimbangkan dan makalah lain yang diterbitkan yang mereka ketahui secara pribadi.

Pengungkapan dan Benturan Kepentingan

Informasi atau ide istimewa yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer tidak boleh mempertimbangkan manuskrip di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang dihasilkan dari persaingan, kolaboratif, atau hubungan atau koneksi lain dengan penulis, perusahaan, atau institusi mana pun yang terkait dengan makalah.

TUGAS PENULIS

Standar pelaporan

Penulis laporan penelitian asli harus menyajikan laporan yang akurat tentang pekerjaan yang dilakukan serta diskusi objektif tentang signifikansinya. Data yang mendasari harus diwakili secara akurat di kertas. Sebuah makalah harus berisi detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi karya tersebut. Pernyataan yang menipu atau secara sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Akses dan Retensi Data

Penulis diminta untuk memberikan data mentah sehubungan dengan makalah untuk tinjauan editorial, dan harus siap untuk menyediakan akses publik ke data tersebut (sesuai dengan Pernyataan ALPSP-STM tentang Data dan Basis Data), jika memungkinkan, dan harus dalam keadaan apa pun. bersiaplah untuk menyimpan data tersebut untuk waktu yang wajar setelah publikasi.

Orisinalitas dan Plagiarisme

Penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis sepenuhnya karya asli, dan jika penulis telah menggunakan karya dan/atau kata-kata orang lain, maka ini telah dikutip atau dikutip dengan tepat.

Publikasi Berganda, Berlebihan, atau Bersamaan

Seorang penulis tidak boleh secara umum menerbitkan manuskrip yang menggambarkan penelitian yang pada dasarnya sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Mengirimkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Pengakuan Sumber

Pengakuan yang tepat atas karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang berpengaruh dalam menentukan sifat karya yang dilaporkan.

Penulis Hip of the Paper

Authorship should be limited to those who have made a significant contribution to the conception, design, execution, or interpretation of the reported study. All those who have made significant contributions should be listed as co-authors. Where there are others who have participated in certain substantive aspects of the research project, they should be acknowledged or listed as contributors. The corresponding author should ensure that all appropriate co-authors and no inappropriate co-authors are included on the paper, and that all co-authors have seen and approved the final version of the paper and have agreed to its submission for publication.

Hazards and Human or Animal Subjects

If the work involves chemicals, procedures or equipment that have any unusual hazards inherent in their use, the author must clearly identify these in the manuscript.

Pengungkapan dan Benturan Kepentingan

Semua penulis harus mengungkapkan dalam naskah mereka setiap konflik kepentingan keuangan atau substantif lainnya yang mungkin ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi naskah mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek harus diungkapkan.

Kesalahan mendasar dalam karya yang diterbitkan

Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam karyanya yang diterbitkan, adalah kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki makalah.

 

Publication Charges

Biaya Artikel

Tidak Ada Biaya untuk setiap Pengiriman Artikel Biaya 

Publikasi Artikel

Biaya Publikasi: Free

 

Copyright

Authors who publish with this Journal agree to the following terms:

  1. Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution license that allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangement for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.