UPAYA MENDIALOGISKAN PENDEKATAN NORMATIF DAN HISTORIS DALAM STUDI ISLAM: Konsep Integrasi-interkoneksi Amin Abdullah

M. Afiqul Adib(1*),


(1) Universitas Islam Lamongan
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengertian pendekatan Normatif dan Historis, serta hubungan antara keduanya dalam studi Islam. Kajian yang digunakan adalah library reseach. Kemudian digunakan analisis deskriptif untuk memberi gambaran utuh dan terstruktur. Selanjutnya dilakukan pengolahan data secara prosedural dan teliti guna mendapatkan hasil yang valid tentang pendekatan Normatif dan Historis dalam studi Islam, serta dialogisasinya antara pendekatan tersebut melalui konsep integrasi-interkoneksi. Hasil temuan menunjukkan bahwa paradigma integrasi-interkoneksi yang digagas Amin Abdullah adalah salah satu upaya mendialogkan Islam normatif dan Islam historis dalam kajian pemikian Islam agar ragam kajian keislaman dapat berkembang dan tidak terkungkung secara lebih komprehensif. Lebih lanjut, paradigma ini memandang bahwa antara ilmu-ilmu qauliyah/hadarah al-nass dengan ilmu-ilmu kauwniyah/hadarah al-‘ilm maupun dengan hadarah al-falsafah berintegrasi dan berinterkoneksi satu sama lain sehingga klaim kebenaran masing-masing dapat dipahami secara proporsional.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Amin. Islamic Studies Dalam Paradigma Integrasi-Interkoneksi (Sebuah Antologi). Yogyakarta: Suka Press, 2007.

———. Islamic Studies Di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkoneksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

———. Studi Agama: Normativitas Atau Historisitas? Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Diu, Abdullah. “Pemikiran M. Amin Abdullah Tentang Pendidikan Islam Dalam Pendekatan Integrasi-Interkoneksi.†Jurnal Ilmiah Al-Jauhari 3, no. 2 (2018).

Haryanto, Sri. “Pendekatan Historis Dalam Studi Islam.†Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam 17, no. 1 (2017).

Hidayatullah, Ahmad. “Inklusivitas Dakwah Trah Adzmatkhan Di Nusantara Dalam Kajian Fenomenologis-Historis.†Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman 10, no. 2 (2021).

Janah, Nasitotul. “Pendekatan Normativitas Dan Historisitas Serta Implikasinya Dalam Perkembangan Pemikiran Islam.†Cakrawala: Jurnal Studi Islam 13, no. 2 (2018).

Khoiriyah. Memahami Metodologi Studi Islam. Yogyakarta: Teras, 2013.

M., Amril. “ISLAM NORMATIF DAN HISTORIS (FAKTUAL): Ziarah Epistemologi Integratif-Interkonektif Dalam Pendidikan.†POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 5, no. 1 (2019).

Minhaji, and Luluk Maktumah. “Studi Islam Dalam Pendekatan Historis: (Studi Atas Tawaran Pemikiran Ibrahim M. Abu Rabi’).†Jurnal Lisan Al-Hal 7, no. 1 (2013).

Nasikhin, Raharjo, and Nasikhin. “Moderasi Beragama Nahdlatul Ulama Dan Muhammadiyah Dalam Konsep Islam Nusantara Dan Islam Berkemajuan.†Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman 11, no. 1 (2022).

Nasution, Khairudin. Pengantar Studi Islam. Yogyakarta: Academia dan Tazzafa, 2009.

Nata, Abuddin. Metodologi Studi Islam. Jakarta: Rajawali Press, 2011.

———. Studi Islam Komprehensif. Jakarta: Kencana Prenamedia Grup, 2011.

Nusi, Arfan. “Dikotomi Pendidikan Islam Dan Umum: Telaah Pemikiran Integrasi-Interkoneksi M. Amin Abdullah.†Irfani 16, no. 2 (2020).

Saftri, Eka, and Ihsan Sa’dudin. “Aplikasi Integrasi Interkoneksi Keilmuan Di Lembaga Pendidikan Tinggi.†Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, no. 1 (2019).

Saputra, Rendy, Ris’an Rusli, Anisatul Mardiah, and Ahmad Wahyu Hidayat. “Islam Normatif Dan Islam Historis.†Jurnal Ilmu Agama 22, no. 2 (2021).

Suwahyu, Irwansyah. “Telaah Terhadap Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Muhammad Abduh.†Al-Tarbawi Al-Haditsah 7, no. 1 (2022).

Syarifuddin. “Pendekatan Historis Dalam Pengkajian Pendidikan Islam.†KREATIF: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam 12, no. 2 (2015).

Tajuddin, Tabrani, and Neny Muthiatul Awwaliyah. “Paradigma Integrasi-Interkoneksi Islamisasi Ilmu Dalam Pandangan Amin Abdullah.†Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 1, no. 2 (2021).

Waston. “Pemikiran Epistemologi Amin Abdullah Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Tinggi Di Indonesia.†Jurnal Studi Islam 17, no. 1 (2016).




DOI: 10.24235/tarbawi.v7i2.11665

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 M. Afiqul Adib

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia