Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa PAI

Levi Fitriani(1*), Mahmud Arif(2), Mardeli Mardeli(3), Syarnubi Syarnubi(4),


(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(3) UIN Raden Fatah Palembang
(4) UIN Raden Fatah Palembang
(*) Corresponding Author

Abstract


Banyaknya sekali kendala yang dihadapi mahasiswa pada saat pembelajaran daring (dalam jaringan) terutama kendala jaringan yang tidak stabil yang membuat pembelajaran menjadi tidak efektif, maka dari itu perlu adanya model pembelajaran yang dapat menjadikan pembelajaran menjadi efektif, Setelah masa pandemi berangsur pulih, beberapa perguruan tinggi mulai menerapkan model pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran berbasis online dan offline atau yang sering dikenal dengan sebutan blended learning. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran blended learning pada mahasiswa PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan pendekatan studi kasus terhadap UIN Raden Fatah Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Adapun  analisis  data  dilakukan  dengan  reduksi  data, triangulasi,  display  data  dan  kesimpulan  data.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran blended learning sangat berpengaruh terhadap keefektifan belajar mahasiswa PAI di UIN Raden Fatah Palembang, diketahui bahwa model pembelajaran blended learning merupakan pembelajaran yang menggabungkan antara pembelajaran online dan offline, dibandingkan dengan pembelajaran secara online saja atau offline saja pembelajaran blended learning tentunya lebih efektif.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Walib. “Model Blended Learning Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran.†Ejournal.Kopertais4 7, no. 1 (2018): 855–66.

Abidin, Zainal, Adeng Hudaya, dan Dinda Anjani. “Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19.†Research and Development Journal of Education 1, no. 1 (15 Oktober 2020): 131–46. doi:10.30998/RDJE.V1I1.7659.

Aritonang, Irene Bethesda, Rudi Martin, dan Wawan Akbar. “Peran Model Pembelajaran Blanded Learning Dalam Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar PPKN di Kelas V UPTD SPF SDN Teluk Rumbia.†Jurnal Kependidikan 1, no. 1 (2021): 1–14.

Banggur, Maria Dissriany Vista, Robinson Situmorang, dan Rusmono Rusmono. “Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia.†JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan 20, no. 2 (2018): 152–65. doi:10.21009/jtp.v20i2.8629.

Dewantara, Jagad Aditya, dan T Heru Nurgiansah. “Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta.†Jurnal Basicedu 5, no. 1 (30 Desember 2021): 367–75. doi:10.31004/BASICEDU.V5I1.669.

Fauziyah, Nureza. “Dampak Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Islam.†Jurnal Al-Mau’izhoh E-ISSN 2, no. 2 (2684).

Hidayat, Muhammad Taufik, Teuku Junaidi, dan Muhammad Yakob. “Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Tradisi Lisan Aceh.†Jurnal Mimbar Ilmu 25, no. 3 (2020): 402.

Idris, Husni. “Pembelajaran Model Blended Learning.†Jurnal Ilmiah Iqra’ 5, no. 1 (2018): 61–73. doi:10.30984/jii.v5i1.562.

Ismawati, Dwi, dan Iis Prasetyo. “Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2021): 665–75. doi:10.31004/obsesi.v5i1.671.

Justice Kintu, Mugenyi, Chang Zhu, dan Edmond Kagambe. “Blended learning effectiveness: the relationship between student characteristics, design features and outcomes.†International Journal of Education Technology in Highter Education 14, no. 7 (2017): 1–20. doi:10.1186/s41239-017-0043-4.

Khoiroh, Ni’matul, Munoto, dan Lilik Anifah. “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa.†Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 10, no. 2 (2017): 97–110.

Muanley, Yonas. “Pengertian efektivitas Pembelajaran.†Diakses 15 Juni 2022. https://teoriefektivitas.blogspot.com/2016/02/pengertian-efektivitas-pembelajaran.html.

Nelliraharti, Nelliraharti, dan Murnia Suri. “Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid 19.†Metik Jurnal 5, no. 2 (2021): 77–82. doi:10.47002/metik.v5i2.297.

Nurdin, Nurdin, dan Laode Anhusadar. “Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 686. doi:10.31004/obsesi.v5i1.699.

Nurhadi, Nunung. “Blended Learning dan Aplikasinya di Era New Normal Pandemi Covid-19.†Agriekstensia 19, no. 2 (2020): 121–28.

Observasi dan Pengamatan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang Kelas PAI I, n.d.

Oktavian, Riskey, dan Riantina Fitra Aldya. “Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0.†Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan 20, no. 2 (12 Mei 2020). doi:10.30651/DIDAKTIS.V20I2.4763.

Rahmani, Annysa Putri. “Penerapan Metode Blended learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik Selama Masa Pandemi Covid-19.†EduBase : Journal of Basic Education 3, no. 1 (2022): 21–34.

Rohmawati, Afifatu. “Efektivitas Pembelajaran.†Jurnal Pendidikan Usia Dini 9, no. 1 (2015): 15–32.

Supardi, Ahmad. “Didiklah Anak Sesuai Zamannya.†Khazanah, 2017. https://www.republika.co.id/berita/okfe0i396/didiklah-anak-sesuai-zamannya.

Wardani, Deklara Nanindya, Anselmus J.E, dan Agus Wedi. “Pembelajaran Bauran Blended Learning) Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face-to-Face, E-Learning Offline-Online dan Mobil Learning.†At-Turats 9, no. 2 (2015): 75. doi:10.24260/at-turats.v9i2.318.




DOI: 10.24235/tarbawi.v7i2.11369

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Levi Fitriani, Mahmud Arif, Mardeli Mardeli, Syarnubi Syarnubi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia