STRATEGI PEMBELAJARAN AL ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD MUHAMMADIYAH 1 KOTA BANDAR LAMPUNG
(1) UIN Raden Intan Lampung
(*) Corresponding Author
Abstract
Covid-19 first appeared in Indonesia in March 2020 which had a wide impact on all sectors of life, including education. Adaptation and innovation are necessary to face the conditions of the new learning model, namely distance learning. In dealing with this, educational institutions are required to provide solutive learning strategies, in accordance with existing conditions, as well as SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. This study aims to analyze Al-Islam learning strategy during pandemic at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. This research focuses on three problems, namely: 1)Learning organization strategy, 2)Learning delivery strategy, 3)Learning management strategy. The research method used in this study is to use qualitative research methods and the type of research uses descriptive qualitative, for data collection using observation, documentation and interviews, while in analyzing the data using data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study are 1) Al-Islam learning organization strategy, namely through ISMUBA guidelines which are implemented into lesson plans by learning through RubelMu. 2) Learning delivery strategy content through the use of RubelMu media which is designed in such a way by Muhammadiyah during online learning due to covid-19 which is proven to be structured, effective and efficient. 3) Learning management strategies are through scheduling the making of videos according to the learning material, providing learning notes through the concept of daily grades and student test scores, managing motivation through conveying the urgency of understanding the material, and controlling student learning through giving assignments to be do at home.
Keywords: Learning Strategy, Covid-19, RubelMu
Covid-19 pertama kali muncul di Indonesia pada maret 2020 yang berdampak luas bagi semua sektor kehidupan, tak terkecuali pendidikan. Adaptasi dan inovasi mutlak diperlukan untuk menghadapi kondisi pembelajaran model baru, yaitu pembelajaran jarak jauh. Dalam menghadapi situasi ini, lembaga pendidikan diharuskan memberikan strategi pembelajaran yang solutif, atas keadaan yang ada, begitupun dengan SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran Al Islam pada masa pandemi Covid-19 di SD Muhammadiyah 1 Kota Bandar Lampung. Penilitian ini berfokus pada tiga masalah, yaitu: 1) strategi pengorganisasian pembelajaran, 2) strategi penyampaian isi pembelajaran, 3) strategi pengelolaan pembelajaran Al Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan kualitatif deskriptif, untuk pengumpulan data nya menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara, sedangkan dalam menganalisis data nya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitiannya yaitu 1) Strategi pengorganisasian pembelajaran Al Islam yaitu melalui pedoman ISMUBA yang diimplementasikan ke dalam RPP dengan pembelajaran melalui RubelMu. 2) Strategi penyampaian isi pembelajaran Al Islam yaitu melalui pemanfaatan media RubelMu yang didisain sedemikian rupa oleh Muhammadiyah ketika pembelajaran daring karena covid-19 yang terbukti terstruktur, efektif dan efisien. 3) Strategi pengelolaan pembelajaran Al Islam yaitu melalui penjadwalan pembuatan video sesuai dengan materi pembelajaran, pemberian catatan belajar melalui konsep nilai harian siswa dan nilai ujian, pengelolaan motivasional melalui penyampaian urgensi memahami materi, dan kontrol belajar siswa melalui pemberian tugas untuk dikerjakan di rumah.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Covid-19, RubelMuÂ
Full Text:
PDFReferences
B. Uno, Hamzah. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006.
Degeng, N.S. Ilmu Pembelajaran: Taksonomi Variabel. Jakarta: Dirjen Dikti, 1989.
Dharma, Surya. “Strategi Pembelajaran Dan Pemilihannya,†2008.
Dimyati dan Mujiono. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Djamarah, Saiful Bahri dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Jaelani, Ahmad, Hamdan Fauzi, Hety Aisah, Qiqi Yulianti Zaqiyah, Uin SGD Bandung, Jawa Barat, and Pengawas Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. “Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Pai Dimasa Pandemi COVID-19 (Studi Pustaka Dan Observasi Online).†Ika Pgsd Unars 8, no. 1 (2020): 12–24. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/index.
Muhaimin dkk. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Media, 1996.
Mulyasa, Enco. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakaria, 2006.
Naway, Fory A. Strategi Pengelolaan Pembelajaran, 2016. https://repository.ung.ac.id/get/kms/10726/Strategi-Pengelolaan-Pembelajaran.pdf.
Nurul Fadlilah, Azizah, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, and Universitas Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta. “Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 Melalui Publikasi.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2021): 373–84. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006.
Sudiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif R&D. Bandung: CV Alfabeta, 2008.
Suprijono, Agus. Cooperative Learning Teori Dan Aplikais PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2013.
Syah, Rizqon H. “Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran.†SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 7, no. 5 (2020). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.
Wena, Made. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Cet-11. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
DOI: 10.24235/tarbawi.v7i2.11040
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Isma Nurun Najah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.