Revitalisasi Nilai Kearaifan Lokal Ajaran Sunan Kudus Sebagai Basis Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam

Sanusi Sanusi(1*),


(1) IAIN Kudus
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini mengkaji nilai-nilai kearifan lokal ajaran Sunan Kudus sebagai dasar pengembangan kurikulum pendidikan islam. Tujuan penelitian ini yaitu ingin menggali dan menghadirkan kembali kekayaan nilai-nilai yang tersembunyi dibalik eksistensi “local wisdomâ€, tentang ajaran Sunan Kudus yang dalam pandangan peneliti memiliki relevansi dan kontribusi dalam upaya pengembangan kurikulum pendidikan islam. Metode penelitian yang digunakan yaitu library research melalui penelusuran sumber-sumber pustaka, mengolah data dan menganalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat niali-nilai ajaran sunan kudus yang dapat dijadikan sebagai dasar pengembangan pendidikan islam baik meliputi nilai kemanusiaan (humanistik), nilai adaptif, dan nilai integratif yang dapat dijadikan sebagai dasar pengembangan kurikulum pendidikan islam.


Full Text:

PDF

References


Hosen, Nadirsyah, Tafsir Al-Quran Di Medsos: Mengkaji Makna Dan Rahasia Ayat Suci Pada Era Media Sosial (Yogyakarta: Bentang Pustaka, 2019)

Joenaydi, Abdul Muis, Konsep Dan Strategi Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0 (Yogyakarta: Laksana, 2019)

Maksum, Madrasah Sejarah Dan Perkembangannya (Jakarta: Logos, 1999)

Masnun, Mohammad, ‘Pendidikan Agama Islam Dalam Sorotan’, Lektur: Jurnal Pendidikan Islam (STAIN), 13.2 (2007)

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004)

Putra, Pristian Hadi, ‘Tantangan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Society 5.0’, Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, Vol. 19.No.02 (2019)

Sabda, Syaifuddin, Pengem-Bangan Kurikulum (Tinjauan Teoritis), Cetakan Ke-1. (Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2016)

Said, Nur, ‘Urgensitas Cultural Sphere Dalam Pendidikan Multikultural: Rekonstruksi Semangat Multikulturalisme Sunan Kudus Bagi Pendidikan Multikultural Di STAIN Kudus’, Addin, 7.1 (2013), 19–40

Salam, Solichin, Kudus Purbakala Dalam Perjuangan Islam (Kudus: Menara Kudus, 1977)

Sanusi, ‘Integrasi Al-Quran, Sains Dan Ilmu Sosial Sebagai Basis Model Pengembangan Materi Ajar IPS Di Madrasah’, IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 2017

Sumanto Al Qurtuby, Dkk., Pendidikan & Revolusi Industri 4.0 Arab Saudi Dan Indonesia (Semarang: (eLSA) Press, 2021)

Wahyu Ilaihi dan Harjani Hefni Polah, Pengantar Sejarah Dakwah, cet-4 (Jakarta: kencana, 2018)




DOI: 10.24235/tarbawi.v7i1.10105

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sanusi Sanusi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia