Mathematical Computational Thinking : Systematic Literature Review
(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angraini, L. M., Arcat, A., & Sohibun, S. (2022). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Computational Thinking Matematis Mahasiswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(2), 370. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i2.6937
Ariati, C., & Juandi, D. (2022a). Kemampuan Penalaran Matematis: Systematic Literature Review. LEMMA: Letters of Mathematics Education, 8(2), 61–75. https://ejournal.upgrisba.ac.id/index.php/jurnal-lemma/article/view/5745
Ariati, C., & Juandi, D. (2022b). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Penalaran Matematis: Systematic Literatur Review. 5(5), 1535–1550. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.1535-1550
Ariati, C., & Juandi, D. (2022c). Realistic Mathematic Education on Higher-Order Thinking Skill Mathematics of Students. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 219–236. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol7no2.2022pp219-236
Azizatul, R. (2023). Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa SMP Ditinjau dari Self-Efficacy pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Edmodo. 6, 480–489.
Baist, A., Firmansyah, M. A., & Pamungkas, A. S. (2019). Desain Bahan Ajar Komputasi Matematika Berbantuan Software Mathematica Untuk Mengembangkan Kemandirian Belajar Mahasiswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 29. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.29-36
Christi, S. R. N., & Rajiman, W. (2023). Pentingnya Berpikir Komputasional dalam Pembelajaran Matematika. 05(04), 12590–12598.
Gandhi, J. A. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi (Computational Thinking) Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah. In Universitas Negeri Medan (Vol. 21, Issue 1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Hadi, M. E. (2021). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN SCRATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI MATEMATIKA (Issue February).
Jamna, N. D., Hamid, H., & Bakar, M. T. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(3), 278–288.
Jesson, J., Matheson, L., & Lacey, M. F. (2011). Doing Your Literature Review: Traditional and Systematic Techniques. SAGE Publications Ltd.
Juandi, D., & Tamur, M. (2020). Pengantar Analisis Meta. UPI PRESS.
Lestari, S., & Roesdiana, L. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa Pada Materi Program Linear. 4(2), 178–188.
Liberati, A., Altman, D. G., Tetzlaff, J., Mulrow, C., Gøtzsche, P. C., Ioannidis, J. P. A., Clarke, M., Devereaux, P. J., Kleijnen, J., & Moher, D. (2009). The PRISMA statement for reporting systematic reviews and meta-analyses of studies that evaluate healthcare interventions: explanation and elaboration. BMJ (Clinical Research Ed.), 339. https://doi.org/10.1136/bmj.b2700
Litte, J. H., Corcoran, J., & Pillai, V. (2008). Systematic Review and Data Analysis. Oxford University Press. https://doi.org/https//doi.org/10.1016/j.medine.2017.10.012
Maksum, K. (2022). Berpikir Komputasi Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Program Studi PGMI, 9(Mi), 39–53.
Malik, S., Prabawa, H. W., & Rusnayati, H. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa melalui Multimedia Interaktif Berbasis Model Quantum Teaching and Learning. International Journal of Computer Science Education in Schools, 8(November), 41. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.34438.83526
Mania, S. (2021). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur kemampuan berpikir komputasi siswa. 4(1), 17–26. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.17-26
Mufidah, I. (2018). Profil Berpikir Komputasi dalam Menyelesaiakan Bebras Task Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa. Skripsi, November, 1–110. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28697
Nurmuslimah, H. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Soal Berbasis Kebudayaan Islam dan Computational Thinking. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 3(1), 78–84.
Putri, Y. F., Kadir, K., & Dimyati, A. (2022). Analysis of Content Validity on Mathematical Computational Thinking Skill Test for Junior High School Student Using Aiken Method. Hipotenusa : Journal of Mathematical Society, 4(2), 108–119. https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v4i2.7465
Qurohman, M. Taufik, Romadhon, S. A., & Wulandari, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Siswa Dan Guru Smk Dinamika Kota Tegaltentang Pemanfaatan Program Komputasi Matematika Geogebra. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 3(0), 1–4. https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i0.2674
Qurohman, M T, Afriliana, I., & ... (2022). Peningkatan Kemampuan Komputasi Matematika Siswa Man 1 Brebes Menggunakan Softaware Matlab Mobile. Martabe: Jurnal …, 5, 2403–2407. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/7714
Rara, A., 1, V., Yuli, T., Siswono, E., & Wiryanto, D. (2022). Hubungan Berpikir Komputasi dan Pemecahan Masalah Polya pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 115–126. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya
Rijal Kamil, M., Ihsan Imami, A., Prasetyo Abadi, A., Matematika, P., & Singaperbangsa Karawang, U. (2021). Analisis kemampuan berpikir komputasional matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Cikampek pada materi pola bilangan. 12(2), 259–270.
Weintrop, D., Beheshti, E., Horn, M., Orton, K., Jona, K., Trouille, L., & Wilensky, U. (2016). Defining Computational Thinking for Mathematics and Science Classrooms. Journal of Science Education and Technology, 25(1), 127–147. https://doi.org/10.1007/s10956-015-9581-5
Wing, J. M. (2017). Computational Thinking’s Influence on Research and Education for All. Italian Journal of Educational Technology, 25(2), 7–14. https://doi.org/10.17471/2499-4324/922
DOI: 10.24235/eduma.v12i2.13796
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023