Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak merupakan jurnal akademik yang diterbitkan oleh Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, memiliki fokus kajian terhadap masalah gender, kajian perempuan, anak, & keluarga.
Equalita: diterbitkan sejak Juni 2019, terbit 2 kali setahun yaitu setiap bulan Juni dan Desember. Saat ini Equalita telah terakreditasi di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia dengan Nomor: 117/E/KPT/2024 dari volume 5 nomor 1 tahun 2023 sampai volume 6 nomor 1 Tahun 2027 dengan indeksasi SINTA 4.
P ISSN : 2745-6641
E ISSN : 2775-6327
Vol 6, No 1 (2024)
Table of Contents
Articles
Chatbot Terhadap Peran Gender Dalam Administrasi Pendidikan : Studi Bibliometrik VOSviewer | |
Bayusandya Tresnayatna, Enjang Ali Nurdin, Asep Wahyudin | 1-11 |
Tujuan Konstruksi Gender : Terkait Pembagian Peran dan Tanggung Jawab | |
Rizqi Alfarel, Naila Farah | 12-23 |
Kesetaraan Gender dan Teknologi dalam Manajemen Pendidikan: Studi Bibliometrik atas Literatur Terbaru | |
Tita Setiawati, Agus Setiawan, Rama Wijaya Abdul Rozak | 24-36 |
Nilai-Nilai Qur'Ani Sebagai Paradigma Perlindungan Perempuan: Solusi Atas Femisida Dan Kekerasan Berbasis Gender | |
Abdul Hamid, Slamet Firdaus, Septi Gumiandari | 37-53 |
Penerapan Konseling Rasional Emotive Behaviour untuk Mengubah Konsep Diri Wanita Lesbian | |
Imelda Triadhari, Masriah Masriah, Hana Haifa Salsabila, Aminaturrahma Aminaturrahma | 54-72 |
Kesetaraan Gender dalam Pendidikan melalui Pendekatan Pedagogis Henry: Analisis dan Relevansi Konseptual | |
Muhammad Syahrul Az-Zahra, Vipaldi Desta Alfarizi, Fauzan Akbar Novianto, Muhammad Hakin Najili | 73-89 |
Penafsiran pada Ayat Al-Qur'an yang Mengisyaratkan KDRT: Reinterpretasi Makna al-Dharbu pada Q.S An-Nisa ayat 34 | |
Aldi Nurdin, Ahmad Farid, Eni Zulaiha | 90-103 |
Pendidikan sebagai Alat Pembebasan Diskriminasi Gender: Tinjauan Pedagogik Kritis dalam Konteks Islam | |
Fildza Nardina Fitria, Zahra Aulia Putri, Muhammad Zaidaan | 104-115 |
Menggunakan Perspektif Feminis Post- Structualisme : Analisis Gender melalui Bermain Anjang-anjangan di Pendidikan Anak Usia Dini | |
Suci Ramdaeni | 116-128 |
Transformasi Pedagogik sebagai Alat untuk Menghilangkan Stereotip Gender di Lembaga Pendidikan | |
Dayanti Indriani, Mikdadul Akmal, Riza Amrulloh, Muhamad Imam Sanusi | 129-139 |