INTEGRASI SAINS DENGAN KEILMUAN LAIN PADA TINGKAT SD/MI
(1) STAI Miftahul Huda Subang
(2) STAI Miftahul Huda Subang
(3) STAI Rokan
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Artikel ini membahas mengenai integrasi sains dengan keilmuan lain pada tingkat SD/MI sehingga dapat menggambarkan dasar integrasi sains dengan keilmuan lain serta cara pengimplementasiannya. Integrasi sains dengan keilmuan lain yaitu proses menggabungkan mata pelajaran lain dengan sains. Penelitian ini menggunakan library research. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis isi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: Dasar-dasar yang menyebabkan integrasi sains dengan keilmuan lainya antara lain sebagai berikut: time pressure, fragmentation of curriculum, dan the explosion of knowledge. Proses mengintegrasikan sains dengan keilmuan lainya yaitu dengan membuat tema untuk diintegrasikan antara sains dengan keilmuan /mata pelajaran lain ditingkat sekolah dasar sesuai dengan tujuan pembelajaran agar menjadi tema yang bermakna dan menarik. Beberapa keilmuan yang diintegrasikan dalam pembahasan ini adalah Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Seni, keterampilan membaca dan keterampilan menulis. Integrasi sains dengan keilmuan lain pada tingkat SD/MI dikembangkan melalui pendekatan multdisipliner misal berkaitan dengan makhluk sosial, pengukuran pertumbuhan makhluk hidup, dan pengamatan terhadap lingkungan hidup.
 Kata Kunci: integrasi, sains, Sekolah Dasar
 Â
Abstract
This article discusses the integration of science with other subjects at the SD/MI level so that it can describe the basis for integrating science with other subjects and how to implement it. The Integration of science with other subjects is the process of combining other subjects with science. This study was library research with interactive methods. The data were collected by using content analysis technique. The findings of the study show the bases that lead to the integration of science with other sciences which include the time pressure, the fragmentation of curriculum, and the explosion of knowledge. The process of integrating science with other subjects is done by creating a theme to be integrated between science and other subjects at the elementary school level in accordance with the learning objectives to become a meaningful and interesting theme. Some subjects integrated with science in this discussion are mathematics, social science, arts, reading skills, and writing skills. The integration of science with other sciences at the SD/MI level is developed through a multidisciplinary approach, for example relating to social beings, measuring the growth of living things, and observing the environment.
 Keywords: integration, science, elementary school
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A., Istiningsih, & Sutrisno. (2015). Deskripsi Haki Integrasi – Interkoneksi Ilmu Dan Agama. UIN Sunan Kalijaga.
Afbrifani, V. (2020). Kajian Buku Ajar Siswa dalam Pembelajaran Sains dalam Bentuk Perspektif Integrasi Pembelajaran Sains dan Islam MI. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 258–269. https://doi.org/10.36835/MODELING.V7I2.545
Akbar, S., Widodo, W., & Ferisa, D. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Remaja Rosdakarya.
Assingkily, M. S., Fauzi, M. R., Hardiyanti, M., & Saktiani, S. (2019). Desain Pembelajaran Tematik Integratif Jenjang MI/SD (Dari Konvensional menuju kontekstual yang fungsional). K-Media.
Astiningtyas, A. (2018). Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Integratif pada Kurikulum 2013. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 60–67. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5340
Binasdevi, M. (2021). Hubungan Kegiatan Literasi Sekolah dan Motivasi Belajar Melalui Mediasi Kemampuan Berpikir Kritis dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Pendidikan Dasar. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 3(1), 70–82. https://doi.org/10.19105/MUBTADI.V3I1.4793
Effendi, D. N., Irwandani, Anggraini, W., Jatmiko, A., Rahmayanti, H., Ichsan, I. Z., & Rahman, M. M. (2021). Bibliometric analysis of scientific literacy using VOS viewer: Analysis of science education. Journal of Physics: Conference Series, 1796(1), 012096. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012096
Fajrin, L., & Muqowim, M. (2020). Problematika Pengintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Pembelajaran Ipa Di Mi Miftahul Huda Jepara. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(2), 295. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.7522
Frasandy, R. N. (2017). Pembelajaran Tematik Integrative : Model Integrasi Mata Pelajaran Umum SD/MI Dengan Nilai Agama. Elementary, 5(2).
Hasanah, N., & Zuhaida, D. A. (2018). Desain Madrasah Sains Integrative: Integrasi Sains-Agama Dalam Pelaksanaan Dan Perangkat Pembelajaran. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(1). 155-180.
Howe, A. C., & Jones, L. (1993). Enganging Children Science. Macmillan Publishing Company.
KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kementerian Pendidikan dan Budaya.
Makmun, M. N. Z. (2015). Pengembangan Pembelajaran IPA (Sains) Dan IPS Di MI (Berbasis Integrasi Interkoneksi). Elementary.
Mestika. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Bogor Indonesia.
Muriani, Y., Zulela, M.S., & Suseno, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1). 1-16 https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.469
Mustadi. (2016). Model Integrasi Islam dalam Pembelajran Sain. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam.
PISA. (2010). IntroductIon to PISA 2009 Results: Executive Summary. www.pisa.oecd.org
PISA. (2016). PISA 2015 Results (Volume I). OECD. https://doi.org/10.1787/9789264266490-en
PISA. (2019). Programme for International Student Assessment (PISA) Results From PISA 2018. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN
Prastowo, A. (2016). Pengembangan Bahar Ajar Tematik. Raja Grafindo Persada.
Sanusi, S. (2017). Integrasi Al-Quran, Sains dan Ilmu Sosial Sebagai Basis Model Pengembangan Materi Ajar IPS Di Madrasah. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/JI.V1I1.3105
Tarsini, T., & Ningsih, T. (2021). Integrasi Pembelajaran IPS Dan IPA Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Pembina Pengamalan Agama (MI P2A) Meri Kutasari Purbalingga. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3). https://doi.org/10.36312/JIME.V7I3.2274
Widayanti, E., & Kolbi, I. A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal TIMMS untuk Kategori Penalaran. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1), 76–85. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.1.76-85
Wijaya, A. (2017). The relationships between Indonesian fourth graders’ difficulties in fractions and the opportunity to learn fractions: A snapshot of TIMSS results. International Journal of Instruction, 10(4), 221–236. https://doi.org/10.12973/iji.2017.10413a
Zuchdi, D., Prasetyo, Z. K., & Masruri, M. S. (2012). Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Dalam Pembelajaran Dan Pengembangan Kultur Sekolah (Yogyakarta). UNY Press.
DOI: 10.24235/ath.v32i1.10625
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.