Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Zoom dan WA Group Pada Mata kuliah Islam dan Sains di Fakultas FEBI Prodi ES UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Ahmad Maulana Asror(1*),


(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

The purpose of this study was to determine the effectiveness of online learning using zoom and wa group media in Islamic and Science courses at the FEBI Faculty of ES Study Program UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.  Methods of data collection using interview and observation techniques.  The results of this study indicate that: 1) online learning using zoom media and whatsapp group is effective but not optimal, 2) online learning makes learning creative, in order to add insight of course by reading more books, online journals and understanding lecture material,  3) the advantages of online learning are that it saves the cost of living and makes students not technologically stuttering, 4) the disadvantage of online learning is regarding the mastery of the language contained in the zoom media.  Then the computer language that is not so well known.  Difficulty accessing graphics, images and videos because the equipment used is not supported.

 

Keywords : Effectiveness, Online Learning, Zoom, Whatsapp Group

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu keefektifan pembelajaran daring dengan menggunakan media zoom dan wa group pada mata kuliah Islam dan Sains di Fakultas FEBI Prodi ES UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) pembelajaran daring dengan menggunakan media zoom dan whatsapp group sudah efektif namun kurang maksimal, 2) pembelajaran daring membuat kreatif dalam belajar, guna menambah wawasan tentunya dengan cara lebih banyak membaca buku, jurnal online dan memahami materi perkuliahan, 3) kelebihan pembelajaran daring adalah hematnya biaya hidupdan menjadikan mahasiswa tidak gagap tekhnologi, 4) kekurangan dari pembelajaran daring adalah mengenai penguasaan Bahasa yang terdapat pada media zoom. Kemudian Bahasa computer yang belum begitu dikenal. Kesulitan mengakses grafik, gambar dan video karena peralatan yang dipakai kurang mendukung.

 

Kata kunci : Evektivitas, Pembelajaran Daring, Zoom, Whatsapp Group


Full Text:

PDF

References


Alisman, 2014, Analisis Efektivitas dn Efisien Manajemen Keuangan di Aceh Barat, Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik Indonesia

Amanda Three Julyana Kartyka, wawancara pada tanggal 15 juni 2021 pukul 17:42 wib

Amanda Three Julyana Kartyka, wawancara pada tanggal 15 juni 2021

Bilfaqih, Yusuf. 2015, Esesnsi Pengembangan Pembelajaran Daring.Yogyakarta: Deepublish

Endjel Martrilianis, wawancara pada tanggal 15 juni 2021

Endjel Martrilianis, wawancara pada tanggal 15 juni 2021 pukul 21:03 wib

Fatkhurrozi, Achmad, 2021, Inqidloatul Amaniyah dkk, Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Google Meet dan Whatsaap Group untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi Covid-19, Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, Vol. 8, No. 1, , p-ISSN:2442-3661; e-ISSN:2477-667X

Hadi, Sutrisno, 1993, Metodologi reserch 11, Yogyakarta, Andi Offset

Isman, Mhd. 2016. Pembelajaran Media dalam Jaringan (Moda Jaringan). The Progressive and Fun Education Seminar

Jamaludin, Dindin dkk. 2020, Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung

M Sahal Fikri M, Wawancara pada tanggal 15 juni 2021

M Sahal Fikri M, Wawancara pada tanggal 15 juni 2021 pukul 17:10 wib

Mahmud, 2011, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia

Masruri, 2014, Analisis Efektifitas Program Nasional Pemberdayaan Mandiri Perkotaan, Padang: Akademia Permata,

Munasiah, 2021, Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh, Jurnal Educatio, Vol. 7, No. 3, DOI: 10.31949/education.v7i3.1255

Mustakim, 2020, Efektivitas Pembelajaran Daring Mengunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika, Al asma: Journal of Islamic Educaton, Vol. 2, No. 1

Mutia, Intan dan Leonard, 2013, Kajian Penerapan E-learning Dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jurnal: Faktor Exacta 6(4)

Nazir, Moh, 1998, Metode Penelitian, Jakarta: Galia Indonesia

Pangondian, A Roman, 2019, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS)

Rafif Renu Nabil wawancara pada tanggal 15 juni 2021

Rohmawati, Afifatu, 2015, Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini

Setiani, Adris, 2020, Efektivitas Proses Belajar Aplikasi Zoom di Masa Pandemi dan Setelah Pandemi, Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang

Sobron, A.N, 2019, Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Minat Belajar IPA. Pendidikan Islam dan Multikulturalisme.

Sugiyono, Metodologi Penelitian Kualitatifdan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2020

Syarifudin, Albitar, 2020, Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia




DOI: 10.24235/tarbawi.v7i1.9874

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Al-Tarbawi Al-Haditsah is a journal published by Syekh Nurjati State Islamic University and managed by the Faculty of Tarbiyah.