Pembinaan Karakter Siswa SDN 5 Gunung Agung Melalui Program Jumat Amal

Annisa Titis Mardiana(1*), Firman Robiansyah(2), Darmawan Darmawan(3),


(1) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang
(2) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Karakter menjadi faktor terpenting dalam pencapaian pendidikan.  Karakter tidak terbentuk secara tiba-tiba, melainkan perlu adanya pembiasaan secara rutin. Indonesia sebagai negara humanis menjunjung tinggi sikap gotong royong, tenggang rasa, saling menyayangi dan mengayomi. Namun, hal tersebut kini sedikit demi sedikit mulai memudar lantaran kurangnya kepedulian terhadap sesama. Peristiwa tersebut menjadi landasan terkuat untuk menerapkan pendidikan karakter yang harus ditanamkan sedari dini khususnya di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan serta menganalisis implikasi dari pembinaan karakter melalui program Jumat Amal yang telah di terapkan di SDN 5 Gunung Agung. Oleh karena itu, peneliti perlu memahami proses pelaksanaan serta nilai-nilai karakter yang termuat di dalamnya. Pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari  kepala sekolah, guru PAI, guru kelas serta siswa kelas V dan VI. Lokasi penelitian berada di desa Tunas Jaya tepatnya di SDN 5 Gunung Agung. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan menunjukan adanya nilai karakter yang muncul di dalamnya. Implikasi tersebut terlihat dari hasil kuesioner yaitu 95% siswa menjawab tepat sesuai dengan karakter yang diharapkan dan 5% siswa menjawab tidak tepat terhadap karakter yang diharapkan. Artinya program Jumat Amal terdapat keterlibatan dalam pembinaan karakter. Oleh sebab itu, program Jumat Amal menjadi alternatif kegiatan untuk membina karakter siswa.

Kata kunci: Pendidikan karakter, Siswa, Jumat Amal


Full Text:

PDF

References


Aisyah. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi, (Jakarta: Kencana, 2018)

Anggito, A,. & Setiawan, J. Metode Penelitian kualitatif, (Sukabumi: CV Jejak, 2018)

Arifin, G. Keutamaan Zakat Infak dan Sedekah, (Jakata: PT Alex Media Kompitundo, 2016)

Darajat, A., “Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Religius Siswa Melalui Program Pembiasaan Infak: Studi Kasus Di SDN Umbul Tengah 1 Kota Serangâ€. Skripsi. (Serang: Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang, 2021)

Darmawan, et. al,. Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan, (Bandung: Laboratorium PKN Universitas Pendidikan Indonesia, 2016)

Enghariono, D. A. (2020). Konsep Infak Dalam Al-Quran. Jurnal Al-Maqasid, 6(1) 101-113

Fuadi, A. Konsep Dasar Pendidikan, (Bengkilas-Riau: DOTPLUS Publisher, 2021)

Hardani, D. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, (Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu, 2020)

Hasan, S. H. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, (Jakarta: Kemendikbud, 2010)

Koesoema, D. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, (Jakarta: Grasindo, 2020)

Mamik. Metode Kualitatif, (Sidoarjo: Zitma Publishing, 2015)

Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Integrasi Nilai-Nilai Karakter

Matematika Melalui Pembelajaran Konstektual. Jurnal Mosharafah, 6(3) 333-344.

Narwanti, S. Pendidikan Karakter, (Yogyakarta: Familia, 2014)

Nur, N. A., “Implementasi Kegiatan infaq dan shadaqah Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa di Madrasah Alihayah Unggulan Nurul Islam Jemberâ€. Skripsi, (Malang: Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang, 2020)

Riffi, L. F., “Persepsi Siswa Terhadap Kegiatan Jumat Infal Sebagai Penanaman Karakter Peduli di MI Ma’arif Mayak Ponorogoâ€, (Ponorogo: IAIN Ponorogo, 2019)

Robiansyah, F, et al.,. (2019) Pembinaan Karakter Siswa SD Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Memanah: Studi Kasus di SD IT Banten Islamic School. Jurnal didaktis 4, In Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 4(1) 31-38.

Sukamti, Yasir, dkk. Penerapan Pendidikan Karakter di SDIT Kautsar Ilmi Tajung Raja. Jurnal Intelektual: Keislaman, Sosial, dan Sains, Vol. 9, No. 1. (2020). 159-166.

Wahyuningsih, S. Metode Penelitian Studi Kasus, (Madura: UTM PRESS, 2013).

Widodo, H, Strategi Kepala sekolah Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Muhamadiyah Sleman: Jurnal Metodik Didaktik, 69(80), 2018

Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011)




DOI: 10.24235/tarbawi.v7i1.9833

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Annisa Titis Mardiana, Firman Robiansyah, Darmawan Darmawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia