KAJIAN LITERATUR IMPLEMENTASI PROGRAM BILINGUAL PADA PENDIDIKAN BERBASIS PESANTREN
(1) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
’Aini, Z. (2013). IMPLEMENTASI PROGRAM BILINGUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA INGGRIS IMPLEMENTASI PROGRAM BILINGUAL UNTUK. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Alhamuddin. “Sejarah Kurikulum di Indonesia.†Nur El-Islam 1, no. 2 (2014): 48–58.
Bani, Suddin. “Kontribusi Pesantren dalam Sistem Pendidikan Nasional.†Kontribusi Pesantren Dalam Sistem Pendidikan Nasional 2, no. 36 (2015): 264–73.
Bashori, Bashori. “Modernisasi Lembaga Pendidikan Pesantren.†Jurnal Ilmu Sosial Mamangan 6, no. 1 (2017): 47. https://doi.org/10.22202/mamangan.1313
Dewanti, A. (2015). The Role of Bilingual Program at Pondok Pesantren Modern (Modern Boarding School) in Developing English Skills of Santri (A Descriptive Qualitative Study in Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta in the 2015/2016 Academic Year). Universitas Negeri Surakarta.
Hasan, Mohammad. “Perkembangan Pendidikan Pesantren di Indonesia.†TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (2015): 55. https://doi.org/10.19105/jpi.v10i1.638.
Ima, Dwi. “Types of Bilingual Education.†Bahasa Lingua Scientia 5, no. 2 (2013): 212–26.
Istikomah, Istikomah. “Modernisasi Pesantren Menuju Sekolah Unggul.†Halaqa: Islamic Education Journal 1, no. 2 (2017): 53–62. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1246.
Jauhari. (2017). The Implementation of Language Program towards Students’ Foreign Language Acquisition at Bilingual Islamic Boarding School of Darul Amien Academic Year 2016/2017. 1–67.
Junaidi, Kholid. “Sistem Pendidikan Pondok Pesantren di Indonesia (Suatu Kajian Sistem Kurikulum Di Pondok Pesantren Lirboyo).†ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2016): 95–110.
Kemdiknas, B. (2006). Kajian Terhadap Keberadaan dan Pendanaan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional ( RSBI ). Jurnal Dikbud, 373–382.
Mahmudi, Ihwan, and Yoga Saputra. “Evaluasi Program Pembelajara Bilingual di Pondok Pesantren Darunnajah 2, Cipinang Bogor.†Jurnal At-Ta’dib 13, no. 2 (2018): 62.
Makinuddin, Mohammad. “Bahasa Arab Sebagai Kekhasan Pesantren dan Tantangannya Dalam Situasi Global.†Journal of Applied Linguistics and Islamic Education 01, no. 1 (2017): 288–308.
Mansyur, M., & Rofiqi. (2019). Implementasi Pengelolaan Bilingual Area Ramah Anak. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2, 51–58.
Multisitus, and Rustam Ibrahim. “Eksistensi Pesantren Salaf di Tengah Arus Pendidikan Modern The Existence of Salaf Islamic Boarding School amid the Flow of Modern Education (A Multi-Site Study at Pesantren Salafy in Central Java),†no. 1 (2014): 253–63.
Nisa’, K. (2020). Manajemen Kurikulum Pondok Pesantren Dalam Membina Santri Yang Memiliki Daya Saing Tinggi (Studi Kasus Pondok Pesantren Assalafi Miftahul Huda Ngroto Gubug Grobogan Jawa Tengah). 1–139.
Nugraheni, Aninditya Sri. “Implementasi Program Bilingual School untuk Meningkatkan Kecerdasan Linguistik di SD INTIS School Yogyakarta.†Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 4, no. 1 (2017): 83–84.
Nurochim, Nurochim. “Sekolah Berbasis Pesantren Sebagai Salah Satu Model Pendidikan Islam dalam Konsepsi Perubahan Sosial.†Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam 16, no. 1 (2016): 69. https://doi.org/10.21154/al-tahrir.v16i1.320.
Paminto, Joko, Tina Rosiana, Budiyono Budiyono, and Heri Triluqman Budisantoso. “Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Pesantren Dengan Sistem Boarding School.†Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies 6, no. 1 (2018): 41–52. https://doi.org/10.15294/ijcets.v6i1.15937.
Pransiska, Rismareni. “Kajian Program Bilingual Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini.†Edukasi Journal 10, no. 2 (2018): 167–78. https://doi.org/10.31603/edukasi.v10i2.2409.
PS, Alaika M Bagus Kurnia. “Problematika Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia.†Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 2 (2019): 5–10. https://doi.org/10.32832/tawazun.v12i2.2554.
Rahmawati, Ulfah. “Pesantren: Lembaga Pendidikan Berbasis Masyarakat (Tinjauan Pasal 1 Ayat 4 PP Nomor 55 T Ahun 2007 Tentang Pendidikan Agama Dan Pendidikan Keagamaan).†Jurnal Penelitian 11, no. 2 (2018): 443–66. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.3490.
Roberts, Cheryl A. “Bilingual Education Program Models: A Framework for Understanding.†Bilingual Research Journal 19, no. 3–4 (1995): 369–78. https://doi.org/10.1080/15235882.1995.10162679.
Saepudin, Juju. “Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Berbasis Pesantren: Studi Kasus Pada SMP Al Muttaqin Kota Tasikmalaya.†EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 17, no. 2 (2019): 172–87. https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i2.559.
Santoso, and Pirman. Bilingual Education Program. Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.
Sari, Dewi Paramita. “Penerapan Manajemen Program Kelas Bilingual Cambridge Primary Curriculum Framework.†Media Manajemen Pendidikan 2, no. 3 (2020): 419. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i3.6785.
Syafe’i, Imam. “Pondok Pesantren Yang Melembaga di Masyaraka Satu Lembaga Pendidikan Islam Tertua Di Indonesia . Awal Kehadiran Boarding School Bersifat Tradisional Untuk Mendalami Ilmu-Ilmu Agama Isl.†Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. I (2017): 61–82.
Tolib, Abdul. “Pendidikan di Pondok Pesantren Modern.†Jurnal Risaalah 1, no. 1 (2015): 60–66. http:/jurnal.faiunwir.ac.id.
Zuhriy, M. Syaifuddien. “Budaya Pesantren dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf.†Walisongo 19, no. November 2011 (2011): 287–310. https://doi.org/10.15408/mimbar.v0i0.17947.
DOI: 10.24235/tarbawi.v6i2.9462
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Alifia Fitranti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.