Relevansi Teori Belajar Konstruktivisme Perspektif Ibnu Khaldun Terhadap Karakteristik Belajar Siswa Milenial

Zahrotus - Saidah(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Generasi milineal secara umum merupakan pribadi yang mempunyai pengetahuan luas mengenai perbedaan. Hal ini disebabkan oleh generasi milenial terlahir pada situasi yang terdapat banyak perbedaan seperti pada ras, suku, budaya, teknologi, bahasa dan lain sebagainya. Dengan demikian diperlukan strategi pembelajaran yang berbeda yang lebih mengembirakan. Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana relevansi pembelajaran konstruktivisme ibnu khaldun dengan kebutuhan siswa milenial. Studi ini menggunakan model studi library research. Data primer dalam penelitian ini adalah kitab karya Ibnu Khaldun yang berjudul Mukaddimah. Adapun data skunder yang digunakan berupa laporan penelitian, jurnal ilmiah dan karya-karya lain yang relevan dengan studi ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa melalui konsep al-malakah yang disampaikan oleh Ibnu Khaldun penguasaan terhadap suatu ilmu, sikap, dan keterampilan merupakan dampak dari suatu proses belajar. Dengan demikian konsep ini sejalan dengan karakter perserta didik era milenial yang salah satunya adalah mempunyai jiwa entrepreneur yang kuat, mandiri dan bebas.  Adapun pada konsep al-tadrij Ibnu Khaldun berpandangan jika pengetahuan harus dilakukan secara bertahap, karena akal manusia memiliki tingkat keterbatasa. Dengan demikian pada era milenial konsep ini juga harus senantiasa dijaga agar peserta didik dapat memahami bagaimana memanfaatkan teknologi informasi dengan bijak.

Kata Kunci: Ibnu Khaldun, Konstruktivisme, Peserta didik Milenial.


Full Text:

PDF

References


Aini, Qurratul. “Analysis Of The Comparative Islamic Economic Thinking Between Abu Yusuf, Ibnu Taimiyah And Ibnu Khaldun.†Dinar : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam Vol 8, No 1, (2021), 35.

al-Attas, Syed Muhammad Naquib, The concept of education in Islam, (1980), 2. http://mef-ca.org/files/attas-text-final.pdf. Di akses pada tanggal 15 Januarin 2014.

al-Zarkasyi, Badr al-Din Muhammad bin Abdullah, al-Burhan Fi ‘Ulum al-Qura’an, Juz 4 (Dar al-Fikr, Beirut, 1988.

Arifin, H. M, Pendidikan Islam Dalam Arus Dinamika Masyarakat (Jakarta: Golden Terayon Press, t.t).

Benjamin S. Bloom, dkk, Taxonomy of Education Objectives, Hand Books I Cognitive Domain (New Impression: Longmans, 1979), 62-195.

Charlotte Hua Liu & Robert Matthews, “Vygotsky’s philosophy: Constructivism and its criticisms examinedâ€, International Education Journal, 6(3), (2005), 387-391

Cilliers, E. J. (2017). the Challenge of Teaching Generation Z. PEOPLE: International Journal of Social Sciences, Vol 3, No 1, (2017), 188-198.

Daud, Ahmad, Strategi Guru Mengajar Di Era Milenial, Al-Mutharahah, Vol 17, No 1 (2020), 34

DeVries, Rheta, Vygotsky, Piaget, and Education, A Reciprocal Assimilation of Theories and Educational Practices (University of Northern Iowa: Regent’s Center for Early Developmental Education, tt)

Egan, Kieran,“Getting it wrong from the beginning: our progressivist inheritance from Herbert Spencer, John Dewey and Jean Piaget, 60-65

Fakhruddiana, Fuadah, Pendidikan Berperspektif Psikologi Islam: Gagasan Ibnu Khaldun, Cara Nabi Muhammad SAW & Telaah Surah Lukman, Psikologika, Vol 22, No 1 (2017), 55

Fauzia, Ika Yunia, “Mendeteksi Kebangkrutan secara dini perspektif ekonomi Islamâ€, Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol 19, No 1 (2015), 96

Hudoyo, Herman, Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 1998.

Ibn Khaldun, , Muqaddimah Ibnu Khaldun (DÄr Yu‘rab: 1425H/2004M), al-Maktabat al-ShÄmilah, ba>b 6, juzu’ 1, s}afhah 228-237.

Ibn Khaldun, Muqaddimah, Ahmadie Thaha. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2014.

Iqbal, Abu Muhammad, Pemikiran Pendidikan Islam: Gagasan-gagasan Besar Para Ilmuwan Muslim. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Jalaluddin, dan Abd. Kholik Khoerulloh, “Prinsip Konsumsi Dalam Islam : Tinjauan Terhadap Perilaku Konsumen Muslim Dan Non-Muslim.†Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis Vol 3, No 2 (2020), 155

Junaedi, Mahfud, Ilmu Pendidikan Islam, Filsafat dan Pengembangan. Semarang: RaSAIL Media Group, 2010.

Melfianora, Penulisan Karya Ilmiah dengan Studi Literatur. Jakarta: UPT Balai Penyuluhan Pertanian, 2017.

Nadwi, Abdullah Abbas, Belajar Mudah Bahasa Al-Qur’an, terjemahan: Tim Redaksi. Bandung: Mizan, 1996.

Nata, Abuddin, Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: UIN Jakarta Press 2016.

Phillips, D.C., “The Good, the Bad, and the Ugly: The Many Faces of Constructivismâ€, Educational Resesrcher, Vol. 24, No. 7 (October 1995), 6.

Ridwan Abdul Sani, Inovasi Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara : 2014

Saidah, Zahrotus, Pendidikan Berbasis Konstruktivisme Dalam Meningkatkan Kebermaknaan Belajar Di Era Digital, Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, Vol 7 No 2 (2021), 168

Shihab, Quraish, Wawasan Al-Qur’an Tafsir Maud{u‘i atas Pelbagai Persoalan Umat (Bandung: Mizan, 1996), cet. III, 433.

Sjoberg, Svein, “Constructivism and learningâ€, International Encyclopedia of Education 3rd Edition, Oxford Elsevier (2007)

Sofyan, Ahmad, Tonih Feronika & Burhanuddin, Evaluasi Pembelajaran IPA Berbasis Kompetensi Jakarta: UIN Jakarta Press, 2006.

Susanto, A Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2009.

Swan, Karen, “A Constructivist Model for Thinking About Learning Online. In J. Bourre & J. C. Moore, and others, edsâ€, Elements of Quality Online Education: Enganging Communities. (Needham, MA: Sloan-C, 2005)

Unsi, Baiq Tuhfatul, Konsep Metode Pembelajaran Ibn Khaldun dalam Pengajaran Bahasa Arab, Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 2, No 1 (2018), 65

Walidain, Warul, Konstelasi Pemikiran Pedagogik Ibnu Khaldun Perspektif Pendidikan Modern. Yogyakarta: Suluh Press, Cetakan II, Edisi Revisi, 2005.

Walidi, Warul, Teori Belajar Malakah dan Tadrij Ibn Khaldun, Ta’dib, Vol 2, no 3 (2000), 69-70

Yamin, Martinis , Paradigma Pendidikan Konstruktivistik: Implementasi KTSP & UU No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yamin, Martinis , Paradigma Pendidikan Konstruktivistik: Implementasi KTSP & UU No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Gaung Persada Press, 2005.

Yuniastuti, Miftakhuddin dan Muhammad Khoiron, Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial Tinjauan Teoritis dan Pedoman Praktis. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2021.




DOI: 10.24235/tarbawi.v6i2.9333

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zahrotus - Saidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia