IMPLEMENTASI AMALIYAH YAUMIYYAH DALAM PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN SISWA: STUDI KASUS di SDIT AL-ZAHIRA KOTA SERANG

Nur Halimah(1*),


(1) universitas pendidikan indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Peran pendidikan karakter sangat penting dalam membangun sikap disiplin siswa. Akan tetapi masih adanya penyimpangan terhadap kesiplinan menjadi masalah yang harus segera diatasi. Berikut contoh dari penyimpangan karakter disiplin siswa di sekolah yaitu: terlambat datang ke sekolah, terlambat mengumpulkan tugas, keluar kelas sebelum waktu istirahat, serta mengerjakan ujian tidak jujur. di SDIT Al-Zahira ada program yang menjadi salah satu bentuk pembinaan karakter disiplin siswa yaitu program amaliyah yaumiyyah. Program ini berupa pembiasaan ibadah sehari-hari seperti salat yang bertujuan agar siswa memiliki rasa kesadaran diri kepada sang pencipta, disiplin beribadah, serta agar menjadi pribadi yang kuat iman dan taqwannya. Dari pembiasaan ini ada beberapa nilai karakter disiplin yang tertanam pada diri siswa yaitu seperti nilai disiplin kebersihan, disiplin dalam waktu, disiplin dalam mengerjakan aturan, latihan kepemimpinan, dan latihan kebersamaan. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas 3 dan 4. Adapun pengumpulan datanya dengan cara wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Adapaun implikasi pembiasaan amaliyah yaumiyyah terhadap pembentukan karakter disiplin siswa yaitu dapat dilihat dari hasil kuesioner yang diisi oleh 21 responden. Bahwa 81,9% siswa menjawab dengan tepat dan 18,1% siswa menjawab tidak tepat. Hal ini menunjukan bahwa adanya implikasi dari pembiasaan amaliyah yaumiyyah terhadap pembinaan karakter disiplin siswa.


Full Text:

PDF

References


Halimah, N. N. “Pengaruh Pengamalan Ibadah Salat Berjamaah Terhadap Kedisiplinan Santri Kelas IV di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Tlutup Trangkil Patiâ€, Disertasi Doktoral, (Kudus: IAIN Kudus, 2020).

Islamiyah, I. “Penanaman Nilai Kedisiplinan Melalui Pembiasaan Salat Zuhur Berjamaah Siswa Kelas VII SMP N 2 Kec. Suruh Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018â€, Disertasi Doktoral, (Semarang: IAIN Salatiga, 2018).

Jenuri, Rohendi, E., Rohayati, R. Pendidikan Agama Islam Mengokohkan Karakter Calon Guru Profesional, (Bandung: Rizqi Press, 2017).

Koesoema, Doni. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. (Jakarta: Grasindo, 2011).

Majid, A., & Andayani, D. Pendidikan Karkater Perspektif Islam, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013).

Maulana, F. “Penanaman Kedisiplinan pada Siswa Melalui Ibadah Praktis di SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragenâ€, Disertasi Doktoral, (Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2002).

Novitasari, A. Pemberian Reward and Punishment dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak pada Sekolah Madrasah Ibtidaiyah. Halaqa: Islamic Edication Journal 3, No.1 (2019): 27-33.

https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2113

Patilima, H. Metode penelitian kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2005).

Rahardjo, M. Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Skripsi. ( Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2017).

Sadulloh, dkk. Pedagogik (Ilmu Mendidik), (Bandung: Alfabeta, 2017).

Senja. Upaya Pembinaan Karakter Disiplin pada Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Program Pembiasaan Salat Subuh Berjamaah. Skripsi. (Serang: Universitas Pendidikan Indonesia, 2015).

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), (Bandung: Alfabeta, 2008).

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif, (Bandung: Alfabeta, 2017).

Wahyuni, U., Batubara, S., & Hasanah, N. Implementasi Pembiasaan Shalat Berjama’ah dalam Pembentukan Karakter Disiplin Mahasantri Putri Ma’had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Disertasi Doktoral, (Jambi: UIN Sulthan Thaha Saifuddin, 2019).




DOI: 10.24235/tarbawi.v6i2.8882

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Halimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia