Pengaruh Millenialitas Terhadap Persepsi Peserta Didik Tentang Management Kelas dan Metode Pembelajaran Guru (Studi Kasus di Kelas XI MAN 1 Yogyakarta)
(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh tingkat millenialitas terhadap persepsi peserta didik tentang management kelas dan metode pembelajaran guru, yang saat ini disebut sebagai millenial. Sekelompok generasi ini diberi nama z yang memiliki karakteristik kritis, narsistis, socialistis, pragmatis, dan uptodate yang dapat mendukung management kelas dan metode pembelajaran guru. Dengan metode kuantitatif analisis regresi multiple (berganda), melalui instrument yang digunakan yaitu angket. Sampel dari populasi yang digunakan berjumlah 73 responden terdiri dari jurusan IPA dan IPS kelas IX. Dengan empat langkah analisis yang menunjukan adanya pengaruh sedang tentang millenialitas peserta didik. Hal itu ditunjukan dengan R=0,132 dan 0,126 yang berkategori sedang/cukup. Kemudian besarnya pengaruh positif management kelas 16% (R2=0.364 dengan 0,116 p=0,005 >0.05, dan metode pembelajaran sebesar 11% (R2 =0.356 dengan 0,111 dan p=0,007 >0,05), dan arahnya positif yang berarti diasumsikan adalah berasal dari faktor luar dan faktor dalam dari si anak itu sendiri yang harus kita cari tahu, dan kembangkan. Salah satunya dukungan mereka yang harus kita perhatikan dalam managemant kelas yaitu terkait peraturan kelas, kebersihan, dan penataan forum diskusi. Sedangkan dalam metode pembelajaran mendukung diskusi, kritis dalam menggali materi, senang bertanya atau berpendapat, dan percaya diri serta optimis.
Kata Kunci: Millenialitas, Manajemen Kelas, Metode PembelajaranFull Text:
PDFReferences
Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, hal.112.
Bencsik, A.,Csikos, G.,& Juhaz, T. 2016. Y and Z Generations at Workplaces. Journal of Competitiveness, Vol.8 (3), hal.90–106. Diakses dari https://doi.org/10.7441/joc. 2016.03.06
Erlisnawati&Hendri marhadi. 2015. “Model Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajara IPS siswa kelas IV di SDN 169 Pekanbaruâ€, Journal Primary Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Vol. 6(2), FKIP: Universitas Riau,hal.88-89. Diakses di : https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP /article/view/2942 pada tanggal 21 oktober 2018
Fraticova, J dan Zuzana, K. 2018. “Barriers to Work Motivation of Generations Zâ€. Journals of Human Resource Management, Vol.XXI (2).
Hamruni. 2009. Edutanment Dalam Pendidikan Islam dan Teori-teori Pembelajaran Quantum, Cet.II,. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN-Sunan Kalijaga , hal.3.
----------. Idem. Edutanment Dalam Pendidikan........., hal.56-75
----------. Idem. Kurikulum dan Pembelajaran.........., hal.105-130
Lubis, Mila. “Indonesia kembali berada pada Peringkat Ketiga Negara paling Optimis Di Duniaâ€,Nielsen Global Survei of Consumer Confidence and Spending Attentions Q4 2015, US. Diakses dariKembali-Berada-Pada-Peringkat-Ketiga-Negara-Paling-Optimistis-Di-Dunia.html, diakses pada 19 September 2020
M. Muchlis, Metode Kuantitatif, (Jakarta: Fak. Ekonomi UI, 1993), hal.4.
Noble, S. M..& Schewe, C. D. (2003). Cohort segmentation: An exploration of its validity. Journal of Business Research, Vol.56(12), hal.979-987. doi:10.1016/S0148-2963(02)00268-0
Panitia Sergur LPTK Rayon 206 IAIN Walisongo Semarang Tahun 2013, [Modul Diklat Profesi Guru (PLPG), PSG LPTK Rayon 206 IAIN Walisongo Semarang, 2013,. Hal.24
Ratuliu Mona, Digital Parenthink, (Jakarta: Noura Book PT.Mizan Publika Anggota IKAPI, 2018), hal.8
Sanjaya Wina, 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, hal.1
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta., hal.104.
-----------,Idem..........., hal.102-104
Sulistyorini, 2009. Manajemen Pendidikan Islam Konsep, Strategi, dan Aplikasi, Yogyakarta: Teras.,hlm.95.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D, Bandung: Alfabeta, 2006, hlm.117.
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. hal.09
Szydlo Joanna, “Differences Between Values Preferred by Generations X,Y,and Zâ€. The Central and Eastern European Online Library: PrzedsiÄ™biorczość i ZarzÄ…dzani, Vol.XVIII, 3(2017), hal.4.
Thoha, Mifta. (2011). Perilaku Organisasi, Konsep Dasar, dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, hal.149.
Walgito, Bimo. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset, hal.87-88
----------,Idem......... hal: 101
DOI: 10.24235/tarbawi.v6i2.8596
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Arif Wijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.