Hakikat Nilai Hormat dan Tanggung Jawab Perspektif Thomas Lickona & Perspektif Islam (Sebuah Pendekatan Integratif-Intorkonektif)
(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara menyeluruh dan mendalam dari hasil mengkaji dan menganalisis pemikiran Thomas Lickona tentang hormat dan tanggung jawab sebagai nilai utama karakter yang penting untuk diinternalisasikan kemudian diintegrasikan dan diinterkonelsikan dengan Islam. Metode penelitian ini, menggunakan metode study library research dengan pendekatan integratif-interkonektif, sehingga mampu memberikan gambaran tentang hormat dan tanggung jawab perspektif Thomas Lickona dan perspektif Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gagasan Thomas Lickona tentang hormat dan tanggung jawab merupakan karakter utama yang dilandaskan pada hukum moral. Sehingga hormat dan tanggung jawab dalam pandangan Thomas Lickona dan Islam sangat dianjurkan. Hormat berarti memberikan penghargaan kepada diri sendiri, orang lain, dan semua bentuk kehidupan dan lingkungan yang menunjangnya. Sedangkan tanggung jawab adalah perluasan dari sikap hormat yang menekankan untuk melaksanakan tugas dan kewajiban secara personal, vertikal, dan horizontal. Sehingga urgensi hormat dan tanggung jawab merupakan tempat berpijak untuk mencetak manusia yang secara etis memposisikan diri sebagai bagian dari masyarakat yang menjunjung tinggi sikap hormat dan tanggung jawab dalam kehidupan.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Amin. Islmaic Studies Di Perguruan Tinggi Sebuah Pendekatan Integratif-Interkonektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Aeni, Ani Nur. Pendidikan Karakter untuk Mahasiswa PGSD. Bandung: UPI Press, 2014.
———. Pendidikan Nilai, Moral, dan Krakter. Bandung: UPI Press, 2018.
Alam, Lukis. Sekolah Islam Elite, Integrasi Kurikulum dan Aspirasi Kelas Menengah Muslim di Daerah Istimewa Yogyakarta. Disertasi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019.
Amin, Husna. “Aktualisasi Humanisme Religius Menuju Humanisme Spiritual Dalam Bingkai Filsafat Agama.†SUBSTANTIA 15, no. 1 (15 April 2013): 66–80. https://doi.org/10.22373/subtantia.v15i1.4885.
Anwar, Shabri Shaleh. “TANGGUNG JAWAB PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI AGAMA.†Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi 1, no. 1 (30 Juni 2014): 11–21. https://doi.org/10.15575/psy.v1i1.463.
Billah, Arif. “Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam dan Implementasinya dalam Materi Sains.†Attarbiyah: Journal of Islamic Culture and Education 1, no. 2 (2016): 243–72. https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v1i2.243-272.
Dalmeri, Dalmeri. “Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah Terhadap Gagasan Thomas Lickona Dalam Educating For Character).†Al-Ulum 14, no. 1 (1 Juni 2014): 269–88.
Dalyono, Bambang, dan Enny Dwi Lestariningsih. “Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah.†Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial Dan Humaniora 3, no. 2, Oktober (11 Oktober 2016): 33–42. https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v3i2, Oktober.865.
Fahmi, Irfan, Bagus Takwin, dan Roby Muhamad. “Nilai Moral sebagai Prediktor Orientasi Politik pada Anggota Organisasi Keagamaan.†Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi 6, no. 2 (31 Desember 2019): 165–80. https://doi.org/10.15575/psy.v6i2.6260.
Fakhruddin, Agus. “Urgensi Pendidikan Nilai Untuk Memecahkan Problematika Nilai Dalam Konteks Pendidikan Persekolahan.†Jurnal Pendidikan Agama Islam- Ta’lim 12, no. 1 (2014): 79–96.
Farida, Siti. “PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PRESPEKTIF ISLAM.†KABILAH : Journal of Social Community 1, no. 1 (1 Juni 2016): 198–207.
Idris, Muh. “Pendidikan Karakter : Perspektif Islam Dan Thomas Lickona.†Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 7, no. 1 (3 September 2018): 77–102.
Ikhwan, Afiful. “Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islami Dalam Pembelajaran).†Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (1 November 2014): 179-194–194. https://doi.org/10.21274/taalum.2014.2.2.179-194.
Imran, Ali. Metodologi Penelitian Hadist Nabi dengan Software Gawami’ Al-Kalim V.4.5. Yogyakarta: Q-Media, 2019.
Juwariah dkk. Pendidikan Karakter Perspektif Pendidikam Islam. editor Sukiman. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013.
Kuswandi, Iwan. “TAHAPAN PENGEMBANGAN MORAL: PERSPEKTIF BARAT DAN ISLAM (Telaah Terhadap Gagasan Thomas Lickona, Lawrence Kohlberg Dan Al-Qur’an).†Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam 18, no. 1 (7 Mei 2020): 158–73. https://doi.org/10.29062/arrisalah.v18i1.329.
Laksana, Sigit Dwi. “URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DI SEKOLAH.†Muaddib : Studi Kependidikan dan Keislaman 5, no. 2 (4 April 2016): 167–84. https://doi.org/10.24269/muaddib.v5i2.67.
Lickona, Thomas. Educating For Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter. Ed. 2. terj. Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
———. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. 2 ed. terj. Lita S. Bandung: Nusa Media, 2014.
Lubis, Masruroh. “KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM DAN BARAT (Studi Komparatif Pemikiran Nashih Ulwan Dan Thomas Lickona).†Al-Fikru 12, no. 2 (24 Maret 2019). http://alfikru.staiserdanglubukpakam.ac.id/index.php/al-fikru/article/view/23.
Machmud, Hadi. “URGENSI PENDIDIKAN MORAL DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK.†Jurnal Al-Ta’dib 7, no. 2 (2014): 75–84.
Maragustam. Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter. Yogyakarta: Pascasarjana. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018.
———. “Paradigma Holistik-Integratif-Interkonektif Dalam Filsafat Manajemen Pendidikan Karakter.†Jurnal Studi Agama dan Masyarakat 11, no. 1 (2015): 122–44. https://doi.org/10.23971/jsam.v11i1.409.
Mulyana, Rohmat. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. 2 ed. Bandung: al-Fabeta, 2011.
Mustari, Muhammad. Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan. 1 ed. Editor Taufik Rahman. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.
Rochmah, Elfi Yuliani. “MENGEMBANGKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PEMBELAJAR (Perspektif Psikologi Barat Dan Psikologi Islam).†AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman 3, no. 1 (2 Juli 2016): 36–54.
Saftri, Eka, dan Ihsan Sa’dudin. “APLIKASI INTEGRASI INTERKONEKSI KEILMUAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI.†Tadrib 5, no. 1 (1 Juli 2019): 122–37. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.2731.
Salim, Nur Zaidi, Djam’annur, dan Aminullah. “STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MENURUT AL-GHAZALI DAN THOMAS LICKONA.†Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam 18, no. 2 (2018): 135–53.
Sarnoto, Ahmad Zain, dan Mohammad Muhtadi. “Pendidikan Humanistik Dalam Perspektif Al-Qur’an.†Alim | Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2 April 2019): 21–46.
Sudrajat, Ajat. “MENGAPA PENDIDIKAN KARAKTER?†Jurnal Pendidikan Karakter 1, no. 1 (4 Oktober 2011). https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316.
Suroso, Fuad Nashori. Agenda Psikologi Islam. 2 ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Triwidiyastuti, dan Maragustam Siregar. “THE CONCEPT OF ISLAMIC EDUCATION DEVELOPMENT BASED ON THE THEORY OF FITRAH.†Indonesian Journal of Interdisciplinary Islamic Studies (IJIIS) 2, no. 1 (2018): 31–52. https://doi.org/10.20885/ijiis.vol2.iss1.art2.
“UU_no_20_th_2003.pdf.†Diakses 14 Maret 2020. https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf.
Widodo, Hendro. “PENGEMBANGAN RESPECT EDUCATION MELALUI PENDIDIKAN HUMANIS RELIGIUS DI SEKOLAH.†Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 21, no. 1 (30 Juni 2018): 110–22. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i10.
DOI: 10.24235/tarbawi.v5i2.6576
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Fathurrahman Fathurrahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.