PENINGKATAN KOMPETENSI GURU AGAMA ISLAM MELALUI PEMBELAJARAN PENGAMALAN (Penelitian tentang Kompetensi Pedagogis, Kompetensi Profesional, Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam SMA dan SMK di Wilayah Ciayumajakuning

nurwahdan nurwahdan(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 Peningkatan Kompetensi Guru Agama Islam Melalui Pembelajaran Pengamalan (Penelitian tentang Komptensi Pedagogis, Komptensi Profesional, Komptensi Kepribadian dan  Komptensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam SMA/SMK di Kabaupaten Ciayu Majakuning).

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kompetensi guru agama Islam SMA dan SMK di Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayu Majakuning).

Kompetensi guru agama Islam adalah kemahiran, kecakapan, atau keterampilan yang memenuhi standar mutu. Secara proporsional guru agama Islam mengajar pada wilayah KI-1 dan KI-2, ternyata dilapangan lebih mengutamakan KI-3. KI-1, KI-2 itu sebagai ruh pendidikan agama Islam. Oleh sebab itu siswa keagamaannya bagus, tetapi keberagamaannya belum berhasil, karena itu perlu ditingkatkan kompetensinya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode yang digunakannya adalah metode research and development (R and D).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Berdasarkan hasil analisis dari dokumen perencanaan, proses pembelajaran, dan evaluasi, bahwa  kompetensi Guru Agama Islam SMA dan SMK Kabaupaten Ciayumajakuning, sesuai Permenneg PAN & RB No. 16 tahun 2009, telah memenuhi Kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Sosial, dan Profesional dengan baik. (2) Prosedur peningkatan kompetensi guru agama Islam SMA dan SMK Kabaupaten Ciayumajakuning, menggunakan instumen penilaian berupa laporan dan evaluasi penilaian kompetensi guru kelas/mata pelajaran. Permendiknas No. 16/2007. Instrumen penilaian  tersebut terdiri dari empat (4) ranah kompetensi menjadi empat belas (14) kompetensi, dan dikembangkan menjadi tujuh puluh delapan (78) indikator bagi guru mata pelajaran.


Full Text:

PDF

References


F. Daftar pustaka

Al Ghazali, (2011), Ringkasan Ihya ‘Ulumuddin, Bandung:Pn.Sinar Baru Algensindo.

Al-Imam Abu Al-Fida Ismail Ibn Katsir Ad-Dimasyqi, ( 2000), Tafsir Al-Qur’an Al-Adzim, Cairo Mesir:Muassasah Qurthubah.

Al-Uastadz Ahmad Musthafa Al-Maraghi, (1947), Tafsir Al-Maraghi, Cairo Mesir:Maktabah Musthafa Al-Halabi.

Alwasilah, A. Chaedar, (2008). Pokoknya Kualitatif, Dasar-Dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif, Cetakan keempat, Jakarta: PT. Dunia Pustaka jaya.

----------------, (2007), Pokoknya Menulis, Cara Baru Menulis Dengan Metode Kolaborasi, Bandung:PT. Kiblat Buku Utama.

Anonimous, (1989), Ulndang-undang Republik Indonesia Nornor 2 Tahun 1989 Tentung Sisterm Pendidikan Nasional, Surakarta:PT. Pabelan.

Arifin Anwar, (2007), Profil Baru Guru dan Dosen Indonesia, Jakarta:Penerbit Pustaka.

Arikunto, Suharsimi, (1993), Mnajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta; Renika cipta.

-----------------, (1998), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Politik, Jakarta: Rineka Cipta.

Beeby, (1967), C.E. The Quality of Educational in Indonesia, Paris:Unesco.

Bisri, Cik Hasan, (1998), Penuntun Penyusunan Rencana Penelitian dun Penulisan Skripsi, Jakarta : Logos, Jakarta, Cetakan Pertama.

Bogdan, R. Biklen, S.K., (1982), Quality Research for Education and Intruction to Theory and Methods. New York:John Willy and Sons.

Burhanuddin, (1982), Analisis Administrasi Manajemen dan Kepernimpinan Pendidikan, Jakarta:Bumi Aksara.

Castetter, William. B., (1981), The Personel Function In Educational Administration. New York:Mac Millan Publishing. C.

Combs, P.H., (1985), The Word Crices and Education. Oxford University Press.

Depdikbud, (1999), Panduan Manajemen Sekolah. Dirjen Dikdasmen; Direktorat Pendidik:an Menengah Umum.

Depdikbud., (1995), Himpunan Peraturan dan Pedoman pelaksanaan Pembinaan Kesiswaan. Bandung:Cahaya Kencana.

Djuharie, O. Setiawan, (2001), Panduan Penulisun Skripsi Tesis Disertasi, Cetakan Pertama, Bandung:YramaWidya.

Engkoswara, H, (1987), Dasar-Dasar Administrasi Pendidikan, Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti PPLPTK.

----------------, (1999), Menuju Indonesia Modern 2020. Bandung:Yayasan Amal Keluarga.

Fattah, Nanang, (2000), Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung:Andira.

-----------------, (1996), Trilogi Manajemen; Prinsip Manajemen, Analisis Manajemen dan Teknologi Administrasi. Bandung:Citra Cendekia Setia.

Gaffar, Fakry Muhammad, (1994), Visi Suatu Inovasi dalam Proses Manajemen Strategik Perguruan Tinggi, Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar. Bandung:Depdikbud.

Hadisubroto, Subino, (1988), StatistikPendidikun, Bandung:Publikasi IKIP.

Hasan, Said Hamid, (2000), Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Laporan Buku, Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi), Bandung:Universitas Pendidikan Indonesia

Komaruddin, (1974), Metode Penulisan Skripsi dan Tesis, Cetakan Kedelapan, Bandung:Angkasa.

Moleong, Lexy J.,(1990), Melodologi Penelitian Kuulitutif, Jakarta:Remaja Karya.

Muhadjir, Noeng, (1998), Melodologi Peneliliun Kuulilutif. Cetakan Kedelapan, Edisi III, Yogyakarta:Rake Sarasin.

Muhammad Quraish Shihab, (2012), Tafsir Al-Misbah; Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Jakarta:Lentera Hati, Cet.5.

Mulyasa, (2008), Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran kreatif dan Menyenangkan, Bandung:PT, Remaja Rosdakarya.

Munawwir,Ahmad Qarson, (1997), Kamus Al Munawwir Arab Indonesia terlengkap, Surabaya:Penerbit Pustaka Progressif, Cet.4.

Nasution, S, (1996), Metode Penelitiun Naturalistik Kualitatif, Cetakan Kedua, Bandung:Tarsito.

Natawijaya, Nyoman I, (2001), Perencanaan Strategik Perguruan Tinggi Negeri, (Desertasi), Bandung:PPS UPI.

Natsir, M, (1998), Kebudayaan Islam Dalam Prespektif Sejarah, Jakarta:PT. Girimukti Pasaka.

Nawawi, Hadari, (2000) Manajemen Strategik, Organisasi non Profit Bidang Pemerintahan. Yogyakarta:Gadjah Mada University Press.

Nurwajah Ahmad, (2007), Tafir Ayat-Ayat Pendidikan, Hati yang Selamat Hingga Kisah Luqman, Bandung:Penerbit Marja.

Peraturan Pemerintah No. 28, (1990), Sistem Pendidikan Menengah. Jakarta:Sinar Grafika.

Pidarta, Made, (1988), Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta:Bina Aksara.

Poerwadarminta, W.J, (1987), Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.

Quigley, Yoseph V, (1993), Vision: How Leaders Develop, It Share It and Sustain It. New York:Me Graw-Hill, Inc.

Rachmat, Mamat, (2005), Tanbih Dari Masa Ke Masa, Tasikmalaya:YSB PP Suryalaya.

Randall S. Schuler, Susan E. Jackson, (1998), Manajmen Sumber Daya Manusia, Menghadapi Abad Ke 21, (edisi enam), Jakarta:Erlangga.

Rohmat Mulyana, (2013), Model Pembelajaran Nilai Melalui Pendidikan Agama Islam (PAI), Cet. Pertama, Jakarta:PT Saadah Pustaka Mandiri.

Satori, Djam'an. (1999) Manajemen Berbasis Sekolah (School Based Manajemen). Basic Educaional Project. Bandung, Jawa Barat.

Siagian, ST, (1998), Manajemen Strategik, Jakarta:Bumi Aksara.

Sikula, Andrew F, (1981), Personal Administration And Human Resources Manajemen. London:John Wiley and Sons.

Simamora, Henry, (1999), Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPKN.

Singarimbun, dkk, (1980), Metode Penelitian Survai, Cetakan Pertama, Jakarta:LP3ES.

Soemanto, Wasty, (1982) Pengantar Operasional Administrasi. Surabaya:Usaha Nasional.

Sudarwan, (2010), Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru, Bandung:CV, Alpabeta.

Sudjana dan Ibrahim, (2001), Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Cetakan kedua, Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana, (1989), Analisis Proses Belajar Mengajar. Bandung:Aksara.

Sughanda., N, (1999), Himpunan Bahan Ceramah Pada Diklat Struktural Adum dan Spama. Bandung:PT. Parahyangan.

Supriadi, Dedi, (1977), Isu dan Agenda Pendidikan Tinggi Di Indonesia. Jakarta:Roda Jayaputra.

Suryadi, Ace, (1993), Analisis Kebijakan Pendidikan, Bandung:Remaja Rosdakarya.

Syaefudin Udin, (2010), Pengembangan Profesi Guru, Bandung:Penerbit Alfabeta.

-----------------, Perencanaan Pendidikan, Bandung:PT. Remaja Rosdakarya, 2007,

Syah, Muhibbin. (2009), Psikologi Belajar, Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.

-----------------, (2004), Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung:Remaja Rosdakarya.

Syaikhul Azhar, Muhammad Sayyid Thanthawi, At Tafsir Al Wasit li al-Qur’anil al-Karim, Mesir:Dar As-Sa’adah.

Syaiuful Sagala, (2009), Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung:CV. Alpabeta.

Tafsir Ahmad, (2007), Filsafat Ilmu, Mengurai ontology, Epistimologi, dan Aksiologi, Bandung : PT. Remaja.

-----------------, (2008), Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung:PT. Remaja.

Wahidin, (2015), Sains dan Agama:Rekonstruksi Integrasi Keduanya, Yogyakarta:Pn. Ombak




DOI: 10.24235/tarbawi.v4i2.5186

Article Metrics

Abstract view : 65 times
PDF - 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 nurwahdan nurwahdan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia