Analisis Respon Siswa Terhadap Model Pembelajaran Hannafin And Pack Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Sukamantri Cileunyi

Yanti Mulyati(1*), Mulyawan Safwandy Nugraha(2), Ujang Dedih(3),


(1) UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
(2) UIN SGD BANDUNG
(3) UIN SGD Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


Peserta didik dalam proses pembelajarannya diharuskan mengalami perkembangan dalam pengetahuannya. Penggunaan model pembelajaran mendorong siswa menjadi lebih interaktif dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan respon peserta didik terhadap model pembelajaran Hannafin and Pack dalam pembelajaran pendidikan agama islam (PAI) di sekolah. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya berupa angket pernyataan. Hasilnya menujukkan bahwa rata-rata respon peserta didik terhadap model pembelajaran Hannafin and Pack sebesar 87% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model ini dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah. Peserta didik diharapkan mendapat kesempatan yang sama untuk berkembang dan diharapkan adanya penelitian yang lebih mendalam mengenai model  pembelajaran Hannafin and Pack  pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Full Text:

PDF

References


Achadi. (2018). Pendidikan Islam Dalam Sistem Nasional. Jurnal Al Ghazali, 1(2), 152-167.

Asrori, A., & Suparman. (2019). Analisis Kebutuhan E-LKPD Sesuai Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. In Prosiding Sendika.

Awwaliyah, R., &Baharun, H. (2018). Pendidikan Islam dalamSistem Pendidikan Nasional (Telaah Epistemologi terhadap Problematika Pendidikan Islam). Jurnal Ilmiah Didaktika, 19(1), 34–49.

Azizah. (2021). Seperti Apa Permasalahan Pembelajaran Biologi Pada Siswa SMA. Jurnal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 388-395.

Fauzi, A. (2021). Penggunaan Situs Liveworksheets untuk Mengembangkan LKPD Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232-240.

Hayatinnufus. (2021). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Metode Problem Solving pada SiswaKelas III SDN 028 Sekip Hilir Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2018/2019. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 5902-5910.

Khikmiyah. (2021). Implementasi Web Liveworksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pedagogy, 6(1), 1-16.

Magdalena, (2020). Penerapan Model-Model Desain Pembelajaran Madrasah Aliyah Negeri 12 Jakarta Barat. Jurnal Pendidikan dan IlmuSosial, 2(2), 241-265.

Prastowo. (2011). Panduan KreatifMembuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sudiyono. (2020). Metode Diskusi Kelompok Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP. Indramayu: CV Adanu Abimat

Supriatna. (2009). Konsep Dasar Desain Pembelajaran. Jakarta: Pusat Pengembangan dan PemberdayaanPendidik dan Tenaga Kependidikan.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD Pada Pendekatan Scientific PembelajaranMatematika.SemnasMatematika Semarang IX.

Warsiyah. (2020). ImplementasiPembelajaran PAI Melalui Outbound Di SD Alam ArRidho Semarang. Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, 2(1), 55-73.

Yuli. (2020). Pengembangan Lembar KerjaSiswa Model Hannafin and Peck untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4 (1), 67-72

Yustina. (2016). Penerapan Motode Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Koloid Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Banjarmasin. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(2), 108-117.




DOI: 10.24235/tarbawi.v9i1.16493

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yanti Mulyati, Yanti Mulyati, Mulyawan Safwandy Nugraha, Ujang Dedih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia