Ekstrakurikuler KISMA: Upaya Meningkatkan Konsep Diri Siswa di MTs Muhammadiyah Curup

Angga Adhitiya Romadhan(1*),


(1) IAIN Curup
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian  ini untuk mengetahui implementasi, faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekrakurikuler KISMA (kajian islami madrasah) dalam mengembangkan konsep diri peserta didik MTS Muhammadiyah Curup. Jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian yaitu pembina, pelatih dan peserta didik yang berhubungan dengan KISMA. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa Implementasi kegiatan ekstrakurikuler KISMA dalam mengembangkan konsep diri peserta didik di MTS Muhammadiyah Curup dilaksanakan dua kali dalam satu minggu yakni hari rabu di isi dengan pelatihan kaligrafi dan hari sabtu diisi dengan tilawah yang disertai dengan kajian keagamaan. Dengan adanya implementasi kegiatan ekstrakurikuler KISMA dapat mengembangkan konsep diri peserta didik dengan melatih skill kesenian bernuansa keagamaan seraya meningkatkan pengetahuan agama peserta didik, melatih pengembangan kepribadian dan akhlakul karimah. Di dalam implementasi KISMA juga terdapat penyampaian motivasi dan nasihat keagamaan sehingga membuat peserta didik percaya diri serta mampu menilai dirinya dengan baik untuk dapat berbuat dalam hal kebaikan atau positif. Dapat mengembangkan bakat, membuat perubahan dengan memperbaiki sikap. Sementara faktor pendukungnya yaitu motivasi peserta didik, sarana prasarana, dorongan wali murid, antusiasme dan kerja sama yang baik antara pihak sekolah, peserta didik serta faktor penghambatnya yaitu pengaruh teman.

 

Kata Kunci: Implementasi, Ekstrakurikuler, Konsep Diri, Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Apriliani, I., & Ghazali, H. (2016). Toleransi remaja Islam kepada pemeluk agama yang berbeda: Studi ekstrakurikuler rohani Islam (Rohis) SMA di Bekasi, Jawa Barat. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 1(1), 1-22.

Aziz, A. (2015). Peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Studi Islam, 10(2), 1-13.

Purnadi, Y. D. (2014). Pembelajaran ekstrakurikuler band di SMA Negeri Jatilawang kabupaten Banyumas. Jurnal Seni Musik, 3(1).

Romansah, T. (2017). Implementasi kegiatan mentoring keagamaan dalam pembinaan karakter islami. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 2(1), 63-82.

Wandasari, Y. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) sebagai pembentuk pendidikan berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325-342.

Yusuf, R. N., Musyadad, V. F., Iskandar, Y. Z., & Widiawati, D. (2021). Implikasi Asumsi Konsep Diri Dalam Pembelajaran Orang Dewasa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1144-1151.




DOI: 10.24235/tarbawi.v9i1.14751

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Angga Adhitiya Romadhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia