Problematika Guru Fiqih Dalam Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Media E-Learning Madrasah di MAN 1 Bandar Lampung
(1) UIN Raden Intan Lampung
(*) Corresponding Author
Abstract
Telah terjadi penyebaran Virus Corona (Covid-19) diseluruh dunia, semua bidang terkena dampaknya termasuk bidang pendidikan. Agar pendidikan tetap terlaksana maka pemerintah mengeluarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 46962/MPK.A/HK/2020 Tentang Pembelajaran Daring dan Bekerja Dari Rumah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. Hal ini merupakan pengalaman terbaru dalam dunia pendidikan, oleh karena itu tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apa problematika yang terjadi mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yang dilaksanakan di MAN 1 Bandar Lampung. Sumber data berasal dari Guru Mata Pelajaran Fiqih dan buku serta artikel tentang pembelajaran daring. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis Data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran yang digunakan selama daring yaitu Blended Learning. Media yang digunakan yaitu E-Learning Madrasah. solusi yang dilakukan oleh para guru selama masa pandemi yaitu menurunkan KKM dan mengkalaborasikan media pembelajaran satu dengan yang lainnya.
Â
Kata Kunci : Problematika Guru Fiqih, Pembelajaran Online, Aplikasi Medai E-Learning Madrasah
Full Text:
PDFReferences
Agama, Kementerian, and Republik Indonesia. “Panduan Penyelenggaraan Madrasah Digital,†2019, 1–41.
Aji, Wahyu, Fatma Dewi, Universitas Kristen, and Satya Wacana. “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar†2, no. 1 (2020): 55–61.
Djamarah, Syaiful Bahri. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Husamah. Pembelajaran Bauran (Blanded Learning) Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face to Face, E-Learning Offline-Online Dan Mobile Learning. Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2014.
Indonesia, Redaksi Sinar Grafika. Undang Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) 2003 : (UU RI No. 20 Th. 2003). Jakarta: Sinar Grafika, 2005.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia, 2016.
Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.
Wibowo, Nugroho. “Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Saptosari.†Elektronic Informatic and Vocational Education (ELINVO) 01, no. 02 (2016): 130.
DOI: 10.24235/tarbawi.v7i2.10921
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Aulia Aldila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.