Problematika Guru Fiqih Dalam Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Media E-Learning Madrasah di MAN 1 Bandar Lampung

Aulia Aldila(1*),


(1) UIN Raden Intan Lampung
(*) Corresponding Author

Abstract


Telah terjadi penyebaran Virus Corona (Covid-19) diseluruh dunia, semua bidang terkena dampaknya termasuk bidang pendidikan. Agar pendidikan tetap terlaksana maka pemerintah mengeluarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 46962/MPK.A/HK/2020 Tentang Pembelajaran Daring dan Bekerja Dari Rumah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. Hal ini merupakan pengalaman terbaru dalam dunia pendidikan, oleh karena itu tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apa problematika yang terjadi mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yang dilaksanakan di MAN 1 Bandar Lampung. Sumber data berasal dari Guru Mata Pelajaran Fiqih dan buku serta artikel tentang pembelajaran daring. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis Data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran yang digunakan selama daring yaitu Blended Learning. Media yang digunakan yaitu E-Learning Madrasah. solusi yang dilakukan oleh para guru selama masa pandemi yaitu menurunkan KKM dan mengkalaborasikan media pembelajaran satu dengan yang lainnya.

 

Kata Kunci : Problematika Guru Fiqih, Pembelajaran Online, Aplikasi Medai E-Learning Madrasah


Full Text:

PDF

References


Agama, Kementerian, and Republik Indonesia. “Panduan Penyelenggaraan Madrasah Digital,†2019, 1–41.

Aji, Wahyu, Fatma Dewi, Universitas Kristen, and Satya Wacana. “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar†2, no. 1 (2020): 55–61.

Djamarah, Syaiful Bahri. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Husamah. Pembelajaran Bauran (Blanded Learning) Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face to Face, E-Learning Offline-Online Dan Mobile Learning. Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2014.

Indonesia, Redaksi Sinar Grafika. Undang Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) 2003 : (UU RI No. 20 Th. 2003). Jakarta: Sinar Grafika, 2005.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia, 2016.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Wibowo, Nugroho. “Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Saptosari.†Elektronic Informatic and Vocational Education (ELINVO) 01, no. 02 (2016): 130.




DOI: 10.24235/tarbawi.v7i2.10921

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aulia Aldila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia