Application of Biology Learning Based on Local Wisdom Cibulan Tourism to Improve Students' Critical Thinking Skills
(1) Department of Biology Education, Faculty of Education and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) Department of Chemistry Education, Faculty of Education and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) Department of Biology Education, Faculty of Education and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggriani, F., Karyadi, B., & Ruyani, A. (2019). Kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran berbasis lingkungan untuk studi ekosistem sungai. PENDIPA Journal of Science Education, 3(2), 100-105. https://doi.org/10.33369/pendipa.3.2.100-105
Anisa, A. (2017). Meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pembelajaran IPA berbasis potensi lokal Jepara. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 1-11. http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v3i1.8607
Arfianawati, S., Sudarmin, S., & Sumarni, W. (2016). Model pembelajaran kimia berbasis etnosains untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1), 46-51. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v21i1.36256
Creswell, J. W. (1994). Research design: Qualitative & quantitative approaches. Sage Publications, Inc
Eggen, P. (2016). Strategi dan model pembelajaran: Mengajarkan konten dan ketrampilan berpikir.
Fisher, A. (2005). Berpikir kritis sebuah pengantar. (alih bahasa oleh Benyamin Hadinata). Jakarta: Erlangga.
Fisher, A. (2011). Critical thinking: An introduction. Cambridge university press.
Hariri, A. I., Kartimi, & Mulyani, A. (2016). Penerapan pembelajaran berbasis sains budaya lokal ngaseup pada konsep sistem reproduksi manusia untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa kelas XI Maja. Science Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 5(1) http://dx.doi.org/10.24235/sc.educatia.v5i1.961
Hidayatulloh, S., Kartimi, K., & Roviati, E. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Sains Lokal Melalui Budaya Minum Jamu Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jaringan Tumbuhan Di Kelas XI MA Darul Falah Kabupaten Indramayu. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 3(2), 71-82.
Hunaepi, H., Firdaus, L., Samsuri, T., Susantini, E., & Raharjo, R. (2020). Efektifitas perangat pembelajaran inkuiri terintegrasi kearifan lokal terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 269-281. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p269-281
Kurniahtunnisa, K., Dewi, N. K., & Utami, N. R. (2016). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi sistem ekskresi. Journal of Biology Education, 5(3), 310-318. https://doi.org/10.15294/jbe.v5i3.14865
Kuswana, W. S. (2013). Taksonomi berpikir [thinking taxonomy]. Remaja Rosdakarya.
Puspasari, A., Susilowati, I., Kurniawati, L., Utami, R. R., Gunawan, I., & Sayekti, I. C. (2019). Implementasi Etnosains dalam Pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. SEJ (Science Education Journal), 3(1), 25-31. https://doi.org/10.21070/sej.v3i1.2426
Rai, S. I. A. (2013). Pendidikan sains berlandaskan budaya lokal tri kaya parisudha. In PROSIDING: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, 4(1)
Ramawati, I. (2016). Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Geografi Gea, 16(1), 66-87. https://doi.org/10.17509/gea.v16i1.3469
Riyanto, O. R., & Mariani, S. (2019). Mathematics critical thinking reviewed from self-efficacy and motivation of learning in arias learning. Journal of Primary Education, 8(5), 243-250. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/32690
Ruseffendi, H. E.T. (2010). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Penerbit Tarsito
Sochibin, A., Dwijananti, P., & Marwoto, P. (2009). Penerapan model pembelajaran inkuiri terpimpin untuk peningkatan pemahaman dan keterampilan berpikir kritis siswa SD. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2).
Suastra, I. W. (2010). Model pembelajaran sains berbasis budaya lokal untuk mengembangkan potensi dasar sains dan nilai kearifan lokal di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(1). http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i1.1697
Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian. PT. Refika Aditama
Sukmara, D. (2007). Implementasi Life skill dalam KTSP. Mughni Sejahtera
Sunaryo. (1989). Strategi Belajar dan Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Dekdikbud Direttoral Jendral Pendidikan Tinggi Objek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan.
Susilowati. (2013). Membelajarkan ipa dengan integrative science tinjauan pustaka kemampuan berpikir kritis (Critical Thinking Skills) dalam implementasinya pada kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional IPA IV dengan tema Peran Penelitian Bidang IPA dan Pembelajarannya dalam Konteks Kurikulum 2013 Serta Pendidikan Karakter 27 April 2013 di UNNES, 337-382
Wahyuningsih, V. (2014). Pembelajaran berbasis sains budaya lokal obat tradisional pada konsep plantae untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sumber. skripsi). IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Tidak diterbitkan
Widayanti, E. (2020). Potensi pembelajaran saintifik bernuansa etnosains untuk memberdayakan kemampuan berpikir kritis siswa. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(1), 82-94. http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i1.4352
DOI: 10.24235/sc.educatia.v10i2.9356
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Stat Counter (Link)