Analysis of Science Generic Skills in Animal Respiration Practicum: Is it Improved Through Guided Inquiry-based Learning?
(1) Department of Biology Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) Department of Biology Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) Department of Biology Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, S., Muslim, M., & Taufik. (2016). Analisis keterampilan generik sains siswa pada praktikum besaran dan pengukuran kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 1-7.
Anam, K. (2017). Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Pustaka Belajar.
Anggraini, P. M. R. A., & Somawati, A. V. (2018). Pramana dalam perspektif penalaran filsafati. Genta Hredaya, 2(2), 93-100.
Apriani, K., Nurhikmayati, I., Jatisunda, M. G. (2020). peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa SMA melalui problem based learning. Jurnal Didactical Mathematics, 2(2), 1-9.
Cahyo, A. (2013). Panduan aplikasi teori-teori belajar mengajar teraktual dan terpopuler. DIVA Press.
Choiriyanti, U. (2018). Upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaamateri pembelajaran persamaan dasar akuntansi dengan metode optimalisasi pembelajaran berjenjang pada siswa kelas XII IPS 1 SMAN 1 Pringgasela semester ganjil T.P 2017-2018. Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Universitas Gunung Rinjani, 6(2) 189-200.
Darmawan, J., Halim, A., & Nur, S. (2013). Metode pembelajaran eksperimen berbasis inkuiri untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan generik sains siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 2(8), 22-33.
Doyan, A., Susilawati, S., Hadisaputra, S., & Muliyadi, L. (2022). Effectiveness of quantum physics learning tools using blended learning models to improve critical thinking and generic science skills of students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2), 1030-1033.
Ermawati, E., Sugiarto, R., & Vebrianto, R. (2018). Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa. Journal of Natural Science and Integration, 1(2), 213-220.
Faradilla, M., & Hasan, M. (2018, September). The effectiveness of guided inquiry-based student worksheets on students’ generic science skills. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1088, No. 1, p. 012106). IOP Publishing.
Hake, R. R. (1999). Analyzing change/ gain score. Dept of Physics Indiana University.
Halim, A., Haji, A. G., & Nurfadilla, E. (2020, February). Effect of inquiry learning methods on generic science skills based on creativity level. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1460, No. 1, p. 012118). IOP Publishing.
Hasanah, M. & Nurita, T. (2021). Respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi kalor dan perpindahannya. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9(2), 154-158.
Haviz, M., Karomah, H., Delfita, R., Umar, M. I. A., & Maris, I. M. (2018). Revisiting generic science skills as 21st century skills on biology learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(3), 355-363.
Herianto, H., & Wilujeng, I. (2020). The correlation between students' curiosity and generic science skills in science learning. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 237-246.
Herpi, A. N. (2017). Analisis keterampilan generik sains siswa pada materi laju reaksi dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah).
Khoiri, N., Huda, C., & Assegaf, H. (2020). Pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan alat peraga konstanta pegas digital untuk meningkatkan keterampilan generik sains. Physics Education Research Journal, 2(2), 131-140.
Khoiri, N., Huda, C., Rusilowati, A., Wiyanto, W., Sulhadi, S., & Wicaksono, A. G. C. (2020). The impact of guided inquiry learning with digital swing model on students generic science skill. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 554-560.
Kusuma, R. M., Wahidin, & Gloria, R. Y. (2015). Penerapan pembelajaran terpadu tipe nested (tersarang) untuk meningkatkan literasi sains siswa pada konsep ekosistem di Kelas X SMA Negeri 5 Kota Cirebon. Scientiae Educatia, 5(2) 1-17.
Marheni, N. P., & Suardana, I. N. (2014). Pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis budaya lokal pada pembelajaran sains kimia SMP. Jurnal Wahana Matematika dan Sains, 8(2), 87-100.
Mo’tasim. (2017). Penelitian dan sumbangannya terhadap ilmu pengetahuan (sains). Jurnal Studi Keislaman, 3(2), 24-34
Muspiroh, N. (2012). Analisis kemampuan generik sains mahasiswa calon guru biologi pada praktikum anatomi tumbuhan. Jurnal Scientiae Educatia,1(1), 1-15.
Nasir, M. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan LKS inkuiri terintegrasi generik sains terhadap hasil belajar keterampilan ditinjau dari kemampuan awal fisika siswa. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 2(1), 16-26.
Nasir, M., Harjono, A., & Sridana, N. (2014). Pengembangan LKS inkuiri terintegrasi generik sains pada materi fluida statis. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(2), 189-196.
Nastiti, D., Rahardjo, S. B., VH, E. S., & Perdana, R. (2018). The need analysis of module development based on search, solve, create, and share to increase generic science skills in chemistry. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 428-434.
Olibie, E. I. & Ezeoba, K. O. (2014). Ability and location differences in the effect of guided inquiry on nigerian student’s achievement in social studies curriculum. Jurnal of Education and Human Development, 3(4), 335–344.
Pilia, Q. M. (2020). Analisis keterampilan generik sains sebagai keterampilan abad 21 mahasiswa pendidikan fisika UIN Raden Intan Lampung. (Skripsi Sarjana, UIN Raden Intan Lampung).
Pujani, N. M., Arsana, K. G. Y., Suma, K., Selamet, K., & Erlina, N. (2022). The Effectiveness of Introduction to Astronomy Teaching Materials to Improve Problem-Solving and Generic Science Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(2), 333-340.
Risna, Hamid, A., & Winarti, A.(2017). Meningkatkan keterampilan generik sains dan hasil belajar menggunakan model creative problem solving dilengkapi laboratorium virtual materi hidrolisis garam kelas XI IPA 2 SMA PGRI 4. JCAE, 1(1), 131-142.
Sadia, I, W. (2014). Model-model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Graha Ilmu.
Sahrir, D.C. (2019). Kemampuan literasi sains aspek proses sains dan keterampilan colabortive calon guru biologi pada pembelajaran free-inquiry. Jurnal Bio Education, 4(2), 35-46.
Saliman, S. (2009). Pendekatan inkuiri dalam pembelajaran. Informasi, 35(2), 73-82.
Samiana, K., Binadja, A., & Saptorini. (2012). Pengaruh pembelajaran kimia berbasis masalah bervisi sets terhadap keterampilan generik sains. Chem in Edu, 2(1), 36-42.
Subiantoro, A. W. (2010). Pentingnya praktikum dalam pembelajaran IPA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 7(5), 1-11.
Sudarmin. (2012). Keterampilan generik sains dan penerapannya dalam pembelajaran kimia organik. Unnes Press.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suwarna, I. P. (2018). Mengembangkan keterampilan generik pada mata kuliah IPBA. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
Triani, M., Yolida, B., & Marpaung, R.R. T. (2013). Pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan keterampilan generik sains siswa. Jurnal Pendidikan FKIP UNILA, 3(2), 1-9.
Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Kencana Prenda Media Group.
Wijaya, I. K. W. B., & Darmayanti, N. W. S. (2019). Mengembangkan keterampilan generik sains siswa sekolah dasar untuk menyongsong era revolusi industri 4.0. Jurnal STAHN MPU Kuturan Singaraja, 1(1), 81-88.
Yohana, I., Sudarmin, S., Wardani, S., & Mohyaddin, S. (2018). The generic science skill profile of fourth grade students on acid and base topic in guided inquiry learning model. International Journal of Active Learning, 3(2), 110-116.
Yulianti, E., Hasan, M., & Syukri, M. (2016). Peningkatan keterampilan generik sains dan penguasaan konsep melalui laboratorium virtual berbasis inkuiri. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 76-83.
Yuniarita, F. (2014). Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 111-116.
Zion, M. & Mendelovici, R.M. (2012). Moving from Structured to open inquiry: Challenges and limits. Science Education International, 23(4), 383–399.
DOI: 10.24235/sc.educatia.v11i2.11837
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Stat Counter (Link)