IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013 PADA SEKOLAH BERBASIS PESANTREN DI SMK NU RAUDLATUL MUTA'ALLIMIN SINGARAJA INDRAMAYU

Nanang Qosyim(1*), UFN Muslihudin(2),


(1) 
(2) IAIN Syekh Nurjati
(*) Corresponding Author

Abstract


Persoalan budaya dan karakter bangsa masih menjadi sorotan banyak orang, lunturnya nilai-nilai karakter bangsa, hilangnya adab-adab kesopanan yang merupakan ciri karakter bangsa serta perkembangan teknologi dan pengaruh globalisasi menjadi tantangan tak terelakkan saat ini. Dalam kehidupan suatu negara pendidikan memegang peranan penting untuk menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa, karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumberdaya manusia yang bertakwa dan berakhlak mulia. Untuk membangun dan memperkuat karakter bangsa, haruslah diawali dari lingkup terkecil, yaitu pendidikan di keluarga dan sekolah. Upaya mewujudkan nila-nilai tersebut dapat dilaksanakan melalui pembelajaran yang dapat mengadopsi semua nilai-nilai karakter bangsa yang akan di bangun. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Historis-Filosofis yaitu penulis melakukan analisis data secara objektif tentang keadaan yang sebenarnya dari objek yang diteliti. Pada tahap pengumpulan data, dilakukan dengan cara menghimpun data dari berbagai literatur baik dari surat kabar, buku-buku dan jurnal internet yang berkaitan dengan obyek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis isi (content analisys), dimana peneliti menjabarkan hasil penelitian berkaitan dengan implementasi pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 pada sekolah berbasis Pesantren di SMK NU Raudlatul Muta’allimin, mengklasifikasikannya menurut bagian yang telah ditentukan untuk kemudian dicocokkan dengan literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pelaksanaan Implementasi pendidikan karakter merupakan realisasi dari perencanaan kurikulum pendidikan karakter dan  program kegiatan pendidikan karakter yang telah disusun dan dimusyawarahkan sebelumnya bersama dalam kesatuan Tim Penyusun Kurikulum beserta stakeholder. Pelaksanaan pendidikan karakter di  SMK NU Raudlatul Muta’allimin Singaraja Indramayu adalah (1) melalui pengintegrasian kedalam mata pelajaran, yaitu dengan merumuskan nilai-nilai pendidikan karakter kedalam perangkat pembelajarn seperti silabus dan RPP, (2) pengintegrasian melalui mata pelajaran muatan lokal, (3) melalui pengembangan diri (Pembiasaan), terdiri dari kegiatan rutin, kegiatan terprogram, kegiatan spontan, kegiatan keteladanan, kegiatan penunjang, (4) melalui pembudayaan pendidikan karakter di sekolah. Selanjutnya guru bertugas memberikan pembelajaran tentang pendidikan karakter melalui ilmu pengetahuan yang diterapkan dalam kurikulum di sekolah, sedangkan keluarga dan masyarakat yang merupakan lingkungan tumbuh dan berkembangnya generasi muda memiliki peran yang lebih penting dalam proses pembentukan karakternya melalui agama dan norma-norma sosial yang dianut. Perlu adanya peran serta aktif semua komponen bangsa untuk membentuk pribadi generasi muda yang berkarakter dan religius, nasionalis, gotong-royong, dan integritas

The issue of culture and national character is still in the spotlight of many people, the fading of national character values, the loss of the courtesy of politeness that characterizes the nation's character and the development of technology and the influence of globalization are an inevitable challenge today. In the life of a country, education plays an important role to ensure the survival of the nation and nation, because education is a vehicle to improve and develop the quality of human resources who are virtuous and of good character. To build and strengthen the nation's character, it must start from the smallest scope, namely education in families and schools. Efforts to realize these values can be implemented through learning that can adopt all the values of the nation's character that will be built.

This research is a qualitative study with the type of field research. In this study using the Historical-Philosophical approach, the writer conducts an objective analysis of data about the actual state of the object under study. At the data collection stage, it is done by collecting data from various literatures both from newspapers, books and internet journals related to the object of research. The data analysis technique used is content analysis, where researchers describe the results of research related to the implementation of character education in the 2013 curriculum in pesantren-based schools at SMK NU Raudlatul Muta'allimin, classifying them according to predetermined sections to then be matched with literature relevant.

The results showed that: Implementation The implementation of character education is the realization of character education curriculum planning and character education program activities that have been prepared and discussed earlier together in the unity of the Curriculum Building Team and stakeholders. The implementation of character education at SMK NU Raudlatul Muta'allimin Singaraja Indramayu is (1) through integration into subjects, namely by formulating the values of character education into learning tools such as syllabi and lesson plans, (2) integration through local content subjects, (3) ) through self-development (habituation), consisting of routine activities, programmed activities, spontaneous activities, exemplary activities, supporting activities, (4) through civilizing character education in schools. Furthermore, the teacher is tasked with providing learning about character education through science that is applied in the curriculum in schools, while the family and community which are the environment for the growth and development of the younger generation have a more important role in the process of character formation through religion and social norms adopted. The active participation of all components of the nation is needed to shape the personality of the young generation of character and religious, nationalist, mutual cooperation, and integrity


 


Keywords


Implementation, Education Character, and Curiculum 2013

Full Text:

PDF

References


Ali, Suryadharma, 2013. Pesantren Memperluas Horizon Kajian dan Aksi. UIN Maliki Press: Malang

Aly, Abdullah. 2011. Pendidikan Islam Multikultural Di Pesantren. Pustaka Pelajar: Yogyakarya.

Aqib, Zainal. 2015. Pendidikan Karakter di Sekolah Membangun karakter dan Kepribadian Anak. Yrama Widya: Bandung.

Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahan Bahasa Indonesia (Ayat Pojok).2006. CV. Menara Kudus: Kudus.

Ali Al-Jumbulati, Perbandingan pendidikan Islam, judul asli Dirasah Muqaranah fi At-Tarbiyah Al-islamiyyah, diterjemahkan M. Arifin.(Bukhari Umar, AMZAH: Jakarta)

Hidayat, Komaruddin. Dari Pesantren untuk Dunia Kisah-kisah Inspiratif Kaum santri. 2016. Prenada Media Group: Jakarta

Idi, Abdullah. 2016. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. PT Rajagrafindo Persada: Jakarta.

Kesuma, Gustur. 2012. Pendidikan Karakter: tujuan teori dan praktik di sekolah. Remaja Rosda Karya: Bandung.

Kemendiknas Republik Indonesia, 2010. “Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsaâ€. Pusat Kurikulum Balitbang Kemendiknas: Jakarta.

Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. Bantam books: New York, oronto, London, Sydney, Aucland.

Mahmud. 2012. Pemikiran Pendidikan Islam. CV. Pustaka Setia: Bandung.

Makmur, Jamal. 2012. Buku Panduan internalisasi pendidikan disekolah. Diva Press: Yogyakarta

Mulyasa, H. E. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. 2015. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Moleong, Lexy J., 2000, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya: Bandung

Naim, Ngainun. 2012. Character Building, Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa. Ar-Ruzz Media: Jogjakarta.

Poerwodarminta, W.J.S. 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka: Jakarta.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Gramedia: Jakarta

Saptono. 2010. Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. PT. Erlangga: Jakarta.

Sugiyono, 2015, Metode Penelitian pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D), Alfabeta: Bandung.

Suharsimi Arikunto, 1996, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta: Jakarta.

Sutrisno dan Suyatno. 2015. Pendidikan Islam di era Modern. Prenadamedia Group: Jakarta.

S.L. La Sulo, Umar Tirtarahardja. 2012. Pengantar Pendidikan. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Tafsir, Ahmad. 2015. Ilmu Pendidikan Islam, PT. Remaja Rosdakarya: Bandung

Tri Palupi, Dyah. 2016. Cara Mudah memahami Kurikulum. Jaring Pena (Jawa Pos Group): Surabaya.

Umar, Bukhori. 2015. Hadis Tarbawi: Pendidikan dalam persektif Hadis. AMZAH: Jakarta

Undang-undang SISDIKNAS Sistem Pendidikan Nasional edisi Terbaru. 2015. Fokusindo Mandiri: Bandung.

Yusuf, Kadar M. 2015. Tafsir tarbawi Pesan-pesan Al-Qur’an tentang Pendidikan. AMZAH: Jakarta.

Zubaedi. 2015. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Dunia Pendidikan. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.

Zuriah, Nurul. 2007. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori-Aplikasi. Bumi Aksara: Jakarta.

http://rinitarosalinda.blogspot.co.id/2014/04/konsep-dasar-pendidikan-karakter.html

http://www.pendidikankarakter.com/wajah-sistem-pendidikan-di-indonesia/

http://www.prestasi-iief.org/index.php/id/feature/88-pentingnya-pendidikan-karakter-untuk-kemajuan-bangsa

http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,12-id,62173-lang,id-c, buku-t,Pesantren++Saka+Guru+Pendidikan+di+Indonesia-.phpx

http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/artikel-mendikbud-kurikulum2013

http://widodoiain.blogspot.co.id/2015/02/teknik-analisis-data-dalam-penelitian.html

Merdeka.com. (https://www.merdeka.com/peristiwa/icw-482-kasus-korupsi-rugikan-negara-rp-14-t-di-2016.html)

CNN Indonesia. ( https://www.cnnindonesia.com/nasional/20160412192550-12-123471/dpr-dan-kepala-daerah-masuk-pelaku-korupsi-terbesar/21-09-2017,12:07)

https://afidburhanuddin.wordpress.com/2015/01/17/sumber-sumber-pendidikan-karakter-2/

https://afidburhanuddin.wordpress.com/2015/01/17/sumber-sumber-pendidikan-karakter-2/

http://widodoiain.blogspot.co.id/2015/02/teknik-analisis-data-dalam-penelitian.html (11-08-2017, 20.05)




DOI: 10.24235/oasis.v5i1.5666

Article Metrics

Abstract view : 13 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Saat ini e-journal OASIS telah terindeks pada :

                               

                                                                                                                            
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

  
OASIS by http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/oasis/is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)

Â