MANAJEMEN PENDAYAGUNAAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI MTs SALAFIYAH KOTA CIREBON

Fatimah Az Zahro(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati
(*) Corresponding Author

Abstract


This research aims to: (1) Describe the human resources involvement management in MTs Salafiyah, (2) Explain the supporting factors and inhibiting factors in human resources utilization management in improving the effectiveness of organizing education in MTs Salafiyah, and (3) Prove MTs Salafiyah’s efforts to overcome the inhibiting factors in involving human resources in improving the effectiveness of organizing education. This research is a qualitative evaluative research. Data collection used interview, observation, and documentation. The subjects are the madrasah principal, educators, and educational staff in MTs Salafiyah. The technique of data analysis used Miles and Huberman model consisting of data reduction, data presentation, and conclusions. The results showed the human resources involvement management by the principal was generally good in increasing the effectiveness of organizing education. But in some aspects there must be improved. The results can be concluded that: (1) involving educators and education staff in each planned program is good but in the process such as in human resource planning, it does not involve needs analysis, in selection process there is not skill and ability test, and there is no evaluation, (2) Loyalty and solidarity of the eductor and educational person are the supporting factors in MTs Salafiyah including from non-certified honorary educators, and (3) the madrasah principal’sefforts in handling financial problem is conducted through openness in communication and  including the involvement of honorary educators also conducted through openess by providing support and motivation to participate in competency development.


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan manajemen pendayagunaan sumber daya manusia di MTs Salafiyah, (2) Menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen pendayagunaan sumber daya manusia dalam meningkatkan efektivitas penyelenggaraan pendidikan di MTs Salafiyah, dan (3) Membuktikan upaya MTs Salafiyah menanggulangi faktor penghambat dalam mendayagunakan sumber daya manusia dalam meningkatkan efektivitas penyelenggaraan pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu kepala madrasah, pendidik, dan tenaga kependidikan di MTs Salafiyah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa secara umum manajemen pendayagunaan sumber daya manusia yang dilakukan oleh kepala madrasah sudah baik dalam meningkatkan efektivitas penyelenggaraan pendidikan. Namun untuk beberapa hal ada yang harus diperbaiki. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan dalam setiap program yang terencana sudah baik namun pada prosesnya, perencanaan sumber daya manusia belum melibatkan analisis kebutuhan, seleksi tidak menguji kemampuan, tidak ada pembagian tugas pokok secara tertulis, dan evaluasi yang belum maksimal untuk beberapa bidang, (2) faktor pendukung dalam manajemen pendayagunaan sumber daya manusia di MTs Salafiyah adalah loyalitas dan kekompakan pendidik dan tenaga kependidikan sedangkan faktor penghambatnya adalah dana dan keterampilan pendidik berstatus honorer non-sertifikasi, dan (3) upaya dari kepala madrasah dalam menangani dana adalah komunikasi dan keterbukaan tentang kondisi keuangan dan upaya kepala madrasah dalam menangani keterampilan pendidik berstatus honorer non-sertifikasi adalah dukungan dan motivasi untuk selalu ikut serta dalam kegiatan pengembangan kompetensi.


Keywords


Madrasa Management, Human Resources Involvement, Organizing Education

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Benny, C. J. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia di Perguruan Tinggi. Administrasi Pendidikan, III, 59–81.

Cahyo, A. N. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Pendidikan dalam Meningkatkan Daya Saing SDIT Ar-Rahmah, Pacitan. Muslim Heritage, 1, 263–286.

Chanda, A. (2007). Strategic Human Resource Technologies: Keys to Managing People. New Delhi: SAGE Publication.

Compton, R., Morrisey, W., & Nankervis, A. (2010). Effective Recruitment and Selection Practices. Sydney: CCH Australia Limited.

Darmin. (2016). "Pengaruh Profesionalitas Guru dalam Manajemen Kelas dan Pembelajaran Kooperatif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa di MTs Negeri Krangkeng Indramayu." OASIS: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 1 (1) 86-95.

Elbadiansyah. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang: CV IRDH.

Elearn. (2009). Recruitment and Selection. Oxford: Elsevier Ltd.

Hamid, S. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjutan. Yogyakarta: Deepublish.

Pemerintah Indonesia. (2010).Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Lembaran RI Tahun 2010 No. 17. Jakarta: Sekretariat Negara.

Jawapos. (2018). Tingkatkan Mutu Sekolah Swasta, Mendikbud: Jangan Hanya Andalkan BOS. Retrieved September 6, 2019, from https://www.jawapos.com/jpg-today/06/09/2018/tingkatkan-mutu-sekolah-swasta-mendikbud-jangan-hanya-andalkan-bos/

Kemdikbud. (2017). Indikator Mutu dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Indonesia Education Statistics in Brief.

Mardiah, N. (2016). "Rekrutmen, Seleksi, dan Penempatan dalam Perspektif Islam."Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 1, 223-235.

Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2008). Human Resource Management. Mason: Thomson South-Western.

Mulyasa, E. (2005). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rohadi. (2008). Pengaruh Manajemen Waktu dan Motivasi Mengajar terhadap Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Pekalongan Tahun 2008. Universitas Negeri Semarang.

Sagala, S. (2017). Human Capital: Membangun Modal Sumber Daya Manusia Berkarakter Unggul Melalui Pendidikan Berkualitas. Depok: Kencana.

Simms, H. (2005). Human Resource Planning. Cambridge: Select Knowledge Limited.

Thamrin. (2014). Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish.

Ulfatin, N., & Triwiyanto, T. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan (2nd ed.). Depok: Rajawali Press.

Yulianto, A. (2012). Hubungan antara Kepuasan Kerja dengan Intensi Turnover pada Karyawan PT Dan Liris Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.




DOI: 10.24235/oasis.v5i1.5197

Article Metrics

Abstract view : 14 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Saat ini e-journal OASIS telah terindeks pada :

                               

                                                                                                                            
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

  
OASIS by http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/oasis/is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)

Â