Aspirasi Perempuan Pedesaan Terhadap Pendidikan Islam (Studi Kasus Di Desa Harjawinangun Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal)
(1) Bawaslu Kabupaten Tegal
(*) Corresponding Author
Abstract
Rural women are a community unit that has certain characteristics and uniqueness, especially when associated with geographic and psychological conditions in the countryside. Therefore, it becomes interesting and has its own value to study. This study aims to reveal the educational background of rural women, what factors influence the existence of rural women and how the aspirations of rural women towards Islamic education. This type of research is a field research using a qualitative descriptive analysis approach. The techniques used for collecting data are observation, interviews, and documentation, and triangulation. Data analysis was carried out comprehensively from the beginning of the study and during the research process to the conclusion. Research conclusion: In accordance with the background of the status of the research subjekts (Housewives, Teachers, Village Devices, Organizational and Student Administrators) In general, these life backgrounds influence the views of their aspirations towards Islamic education. Factors that influence the aspirations of rural women towards Islamic education include the still crisis of awareness in studying, lack of public awareness of education, limited costs, environment and insufficient income for parents. The aspirations of women towards Islamic education in Harjawinangun Village are quite high, especially those who believe that human demands are not only intellectually intelligent but must have good morals.
Perempuan pedesaan merupakan satu kesatuan masyarakat yang memiliki ciri khas dan keunikan tertentu apalagi jika dikaitkan dengan geogerafis dan psikologis tertentu dalam hal ini di pedesaan. Karenanya menjadi menarik dan nilai tersendiri untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan latar belakang pendidikan perempuan pedesaan, faktor apa saja yang mempengaruhi keberadaan perempuan pedesaan dan bagaimana aspirasi perempuan pedesaan terhadap pendidikan islam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan field research dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan triangulasi. Adapun analisis data dilakukan secara komprehensif dilakukan sejak awal penelitian dan selama proses penelitian sampai kepada akhir kesimpulan. Kesimpulan penelitian: Sesuai dengan latar belakang status subjek penelitian (Ibu rumah tangga, Guru, Perangkat Desa, Pengurus Organisasi dan Pelajar) Secara umum, latar belakang hidup tersebut mempengaruhi pandangan aspirasinya terhadap pendidikan Islam. Faktor yang mempengaruhi aspirasi perempuan pedesaan terhadap pendidikan Islam antara lain masih krisisnya kesadaran menuntut ilmu, minimnya kepedulian masyarakat pada pendidikan, keterbatasan biaya, lingkungan dan penghasilan orang tua yang tidak mencukupi. Aspirasi perempuan terhadap pendidikan Islam di Desa Harjawinangun cukup tinggi terlebih ada yang berpandangan bahwa Tuntutan kedepan manusia tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi harus memiliki akhlak (afektif) yang baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhmadi, A. (2009). Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Iqbal, A. M. (2015). Pemikiran Pendidikan Islam Gagasan-gagasan Besar Para Ilmuwan Muslim. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Muhaemin, Z. (2019). Dampak Ibu Bekerja Sebagai Tenaga Kerja Wanita Terhadap Perilaku Siswa Di Sekolah (Studi Kasus Di MI Wathoniyah Gintung Lor). OASIS : Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 3(2), 39–59.
Muhammad, J & Abdurrahman, J. (n.d.). Tafsir Al-Qur’an Al-Adhim Li-l-Imamaini al-jalailain. Indonesia: Dar ihya al-kutub al-arobiyah.
Muhammad, A. bin. (2008). Tafsir Ibnu Katsir. Pistola Imán Asy-Syafi’i.
Nurhayati, E. (2016). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pemerintah Kabupaten Tegal. (2016). Buku Daftar Isian Potensi Desa dan Kelurahan Serta Daftar Isian Tingkat Perkembangan Desa dan Kelurahan Tahun 2016. Kabupaten Tegal.
Rahmat, P. S. (2011). Penelitian Kualiatatif. Ilmu Manajemen, 5(9), 67–84.
Ramayulis. (2004). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 (2003) Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional.
Undang-undang Dasar RI Tahun 1945 (1945).
Zandy, J. (2019). Universal Declaration of Human Rights. Radical Teacher. https://doi.org/10.5195/rt.2019.591
DOI: 10.24235/oasis.v4i1.4601
Article Metrics
Abstract view : 81 timesPDF - 29 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Saat ini e-journal OASIS telah terindeks pada :
                   Â
                                                                                                     Â
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
 Â
OASIS by http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/oasis/is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Â