Kompetensi Profesional Pendidik Menurut Al-Ghazali
(1) Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati
(*) Corresponding Author
Abstract
Â
Kompetensi adalah dasar awal bagi seorang guru untuk melaksanakan tugasnya dalam mengajar, akan tetapi dewasa ini banyak guru yang tidak memahami arti penting sebuah kompetensi. Banyak dari mereka yang mengajar hanya sebatas menunaikan kewajiban tanpa mempertimbangkan aspek kompetensi yang merupakan landasan dasar dalam pembelajaran. al-Ghazali sebagai tokoh pendidikan Islam banyak menyumbangkan pemikiran dalam dunia pendidikan, diantara yang menjadi perhatian beliau adalah pada komponen guru dan siswa. Dalam pemikiran mengenai guru yang beliau membahasnya dalam kitab IhyÄ â€˜UlÅ«m al-AddÄ«n Jilid 1 Bab al-‘Ilm. Al-Ghazali menjelaskan bagaimana kompetensi profesional pendidik yang harus dimiliki sebelum melakukan tugas mengajar. Yang menjadi permasalahan dari penelitian ini adalah “Bagaimana kompetensi profesional pendidikmenurut al-Ghazali?â€. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi profesional pendidik menurut al-Ghazali.Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Ghazali. (2005). Ihya ’Ulum Al-Addin Jilid 1 Bab Al-Ilm. Cairo: Daarul Hadits.
Al-Husaini, M. (1994). Ittihaf Al-Sadati Al-Muttaqin bi Syarhi Ihya ‘Ulum Al-Adin Juz 1. Beirut , Lebanon: Muassah al- Tarikh al-‘Araby.
Aly, H. N. (1999). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Logos Wacana Ilmu.
Amini. (2013). Profesi Keguruan. Medan: Perdana Publishing.
Arikunto, S. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Drajat, Z. (1992). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Kunandar. (2008). Profesional Implementasi Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Nasarudin. (2007). Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Sukses Offset.
Nata, A. (2001). Metodologi Studi Islam. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.
Rosyadi, K. (2004). Pendidikan Profetik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. (1989). Dasar-dasar proses Belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Surya, M, D. (2003). Kapita Selekta Kependidikan SD. Jakarta: Universetas Terbuka.
Tilaar, H. A. R. (2002). Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Yamin, M. (2009). Profesionalisasi Guru Dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.
DOI: 10.24235/oasis.v4i2.4044
Article Metrics
Abstract view : 74 timesPDF - 29 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Saat ini e-journal OASIS telah terindeks pada :
                   Â
                                                                                                     Â
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
 Â
OASIS by http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/oasis/is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Â