Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Di Tkit Al-Hikmah

Agus Susilo Saefullah(1*),


(1) Prodi PAI PASCASARJANA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(*) Corresponding Author

Abstract


Based on the issue of character education which became a highlighted topic and saw the vital role of educational institutions in forming the character of the nation's generation, the author conducted research on Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) Al-Hikmah as one of the institutions established with the spirit of forming the character of students by using Islamic education. The author conducted this research by using descriptive qualitative research. Data collection techniques use the method of observation, interviews, and study documents which are then analyzed by interactive analysis techniques, namely data reduction, data presentation and conclusion drawing. In this study the authors describe the general description of TKIT Al-Hikmah, the results of program analysis based on observations, document review and interviews with relevant parties, and describe other factors that support the creation of character education in the school. The author concludes that the implementation of character education in TKIT Al-Hikmah is generally carried out by internalizing the values of Islamic education in the form of habituation programs, integration with learning carried out in daily programs and other supporting activities carried out one or two times in one school year. These programs are also supported by the exemplary teacher who always gives examples of good behavior, institutional intervention such as publishing programs and school regulations and optimizing the role of parents who are constantly striving to be in synergy with the school program.


Sehubungan dengan permasalahan pendidikan karakter yang dewasa ini cukup menjadi perbincangan hangat serta menyoroti betapa vitalnya peran lembaga pendidikan  dalam pembentukan karakter anak bangsa, penulis melakukan penelitian pada Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) Al-Hikmah sebagai salah satu lembaga yang didirikan dengan semangat pembentukan karakter  peserta didik  berbasis pendidikan Islam. Penulis melakukan penelitian ini dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumen yang kemudian dianalisis dengan teknik analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini penulis mendeskripsikan gambaran umum TKIT Al-Hikmah, hasil analisis program berdasarkan observasi, telaah dokumen dan wawancara dengan pihak-pihak terkait, serta mendeskripsikan faktor-faktor lain yang mendukung terciptanya pendidikan karakter di sekolah tersebut. Penulis menyimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakter di TKIT Al-Hikmah secara umum dilaksanakan dengan bentuk internalisasi nilai-nilai pendidikan islam yang dikemas dalam program-program pembiasaan, pengintegrasian dengan pembelajaran yang dilaksanakan dalam program harian serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya yang dilaksanakan satu atau dua kali dalam satu tahun pelajaran. Program-program tersebut juga didukung oleh keteladanan guru yang selalu memberikan contoh-contoh perilaku baik, intervensi lembaga dalam bentuk penerbitan program-program dan peraturan-peraturan sekolah serta optimalisasi peran orang tua yang terus diupayakan agar selalu sinergis dengan program sekolah


Keywords


Character Education, Internalizing, the Values of Islamic Education, Kindergarten

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2014). Memahami Riset Perilaku dan Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Ansori, M. (2016). Strategi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik. Jurnal Pusaka: Media Kajian Dan Pemikiran Islam, 8, 14–32.

Asmani, J. M. (2017). FULL DAY SCHOOL: Konsep, Manajemen, dan Quality Control. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Astuti, M. (2013). Implementasi Program Fullday School Sebagai Usaha Mendorong Perkembangan Sosial Peserta Didik TK Unggulan Al- Ya ’ lu Kota Malang. Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 1 (2), 133–140.

BNN. (2017). Survey Nasional Penyalahgunaan Narkoba di 34 Provinsi Tahun 2017. Jakarta. Retrieved from https://doi.org/10.1073/pnas.0703993104

Daryanto, & Darmiatun, S. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Direktorat Statistik Politik dan Keamanan. (2017). STATISTIK KRIMINAL 2017. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Farida, I. (2018). Wawancara Tentang Program Pendidikan Karakter di TKIT Al-Hikmah. Cirebon.

Hamid, A. (2016). Metode Internalisasi Nilai-nilai Akhlak dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 17 Kota Palu. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(2), 195–206.

Irianto & Bungin. (2015). Pokok-pokok Tentang Wawancara. In Metodologi Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodologis ke Arah Varian Kontemporer (15th ed.). Jakarta: Rajawali Pers.

Kemendikbud. Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (2014).

Kemendikbud. (2017). Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk). Kemendikbud. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Retrieved from cerdasberkarakter.kemendikbud.go.id

KPK. (2017). Rekapitulasi Tindak Pidana Korupsi. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Jakarta: KPK. Retrieved from https://acch.kpk.go.id/id/statistik/tindak-pidana-korupsi

Mansur. (2014). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyati, B. (2018). Wawancara Tentang Program Pendidikan Karakter di TKIT Al-Hikmah. Kota Cirebon.

Muzianah, S. (2017). Upaya Guru Dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Bagi Pembentukan Akhlakul Karimah Di SDIT As Sunnah Kota Cirebon. OASIS (Jurnal Ilmiah Kajian Islam), 1 (2), 60–78.

Nasihin. (2015). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Mulia. Ummul Quro, 5(Jurnal Ummul Qura Vol V, No. 1, Maret 2015), 1–10. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qura/issue/view/531

Nurlaela. (2018). Wawancara Tentang Program Pendidikan Karakter di TKIT Al-Hikmah. Cirebon.

Ratnawati. (2018). Peranan Guru Sebagai Model Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Pangkep: STKIP Andi Matappa Pangkep.

Samani, M., & Hariyanto. (2017). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Rosdakarya.

Sobur, A. (2016). Kamus Besar Sosiologi. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (22nd ed.). Bandung: Alafabeta.

Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Bandung: Rosdakarya.

Tim Pengembang Kurikulum TKIT Al-Hikmah. (2016). Kurikulum TKIT Persis 218 Al-Hikmah. Cirebon: TKIT Persis 218 Al-Hikmah Kota Cirebon.

Yulianti, L., & Siregar, S. (2017). Full Day School Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter ( Perspektif Psikologi Pendidikan Islam ). Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 05 (02), 306–319.




DOI: 10.24235/oasis.v3i2.3717

Article Metrics

Abstract view : 258 times
PDF - 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Saat ini e-journal OASIS telah terindeks pada :

                               

                                                                                                                            
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

  
OASIS by http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/oasis/is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)

Â