REPRESENTASI MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PERSPEKTIF PERKEMBANGAN BERPIKIR DAN KEAGAMAAN PESERTA DIDIK (Telaah terhadap Buku PAI dan Budi Pekerti SMP Kelas VII terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Students’ pregnancy cases in SMAN 8 Cirebon had occurred several times. It urged school to drop out those female students. In order to prevent this case raising up another time, the school should apply a policy.This study was aimed at describing students’ sex education, portraying students’ sex behaviors, and discovering whether sex education influences students’ sex behavior.There were two variables included in this study: 1) sex education (X) as the independent variable, 2) students’ sex behaviors (Y) as the dependent variable. It was an experimental study which involved 30 students of grade X in SMAN 8 Cirebon. This study applied proportional random sampling. A rating scale test was administered to find out how sex education influenced students’ sex behaviors. Â
The result of this study showed that there were 23 students or 76,7% of students assumed that the implementation of sex education was categorized good, 7 students or 23,3% of students rated adequate, while no one of the students rated sex education poor. Meanwhile 57% of the students indicated had positive sex behavior and 13% of them had negative sex behavior. Therefore, The implementation of sex education at school is needed for the improvement of students’ positive sex behaviors. This effort can lead students to be aware of religion and social norms.
Â
Kasus kehamilan siswa di SMAN 8 Cirebon telah terjadi beberapa kali. Ini mendesak sekolah untuk mengeluarkan siswa perempuan tersebut. Untuk mencegah kasus ini muncul lagi, sekolah harus menerapkan kebijakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan seks siswa, menggambarkan perilaku seksual siswa, dan menemukan apakah pendidikan seks mempengaruhi perilaku seksual siswa. Ada dua variabel yang termasuk dalam penelitian ini: 1) Pendidikan seks (X) sebagai variabel bebas, 2) perilaku seks siswa (Y) sebagai variabel dependen. Ini adalah studi eksperimental yang melibatkan 30 siswa kelas X di SMAN 8 Cirebon. Penelitian ini menggunakan proportional random sampling. Uji skala penilaian dilakukan untuk mengetahui bagaimana pendidikan seks mempengaruhi perilaku seks siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 23 siswa atau 76,7% siswa beranggapan bahwa pelaksanaan pendidikan seks dikategorikan baik, 7 siswa atau 23,3% siswa dinilai cukup, sementara tidak ada siswa yang menilai pendidikan seks. miskin. Sementara 57% siswa menunjukkan perilaku seks positif dan 13% di antaranya memiliki perilaku seks negatif. Oleh karena itu, pelaksanaan pendidikan seks di sekolah sangat dibutuhkan untuk peningkatan perilaku seks positif siswa. Upaya ini bisa membuat siswa sadar akan norma agama dan sosial.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. (2015). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (Revissi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ali, M. dan Asrori, M. (2015). Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta didik). Cetakan Kesepuluh. Jakarta: Bumi Aksara
Daradjat, Z. (2010). Ilmu Jiwa Agama, Cetakan Kelimabelas, Jakarta: Bulan Bintang.
Desmita. (2012). Psikologi perkembangan peserta didik (panduan bagi orang tua dan guru dalam memahami psikologi anak usia SD, SMP dan SMA. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hurlock, E. (2015). Psikologi Perkembangan (suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan). Jakarta: Erlangga
Yusuf, S. (2014). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rajawali Press
Mulyasana, D. (2011). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muslich, M. (2010). Text Book Writing (Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzza Media
Nurihsan, A. J. dan Agustin, M. (2013). Dinamikan Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Refika Aditama,
DOI: 10.24235/oasis.v2i2.1814
Article Metrics
Abstract view : 394 timesPDF - 501 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Saat ini e-journal OASIS telah terindeks pada :
                   Â
                                                                                                     Â
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
 Â
OASIS by http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/oasis/is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Â