IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVIS UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTERKERJA KERAS PADA SISWA
(1) IKIP Veteran Jawa Tengah
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstract
Pendidikan karakter menjadi salah satu agenda pendidikan nasional Indonesia. Pelaksanaan pendidikan karakter di Indonesia terintegrasi dalam proses pembelajaran setiap mata pelajaran, termasuk dalam pelajaran matematika. Matematika sebagai ilmu yang mendasar dan diselenggarakan di setiap jenjang pendidikan mulai pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi, menjadi salah satu media implementasi pendidikan karakter di sekolah. Model dan pendekatan yang tepat perlu dirancang dan direncanakan sedemikian rupa, sehingga pendidikan karakter dapat terlaksana dan karakter yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik. Pembelajaran semacam ini disebut pembelajaran by design, salah satunya adalah pembelajan matematika konstruktivis dengan pendekatan inkuiri guna menumbuhkan karakter kerja keras pada peserta didik. Penelitian yang dilaksanakan dalam bentuk kualitatif deskriptif ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika konstruktivis dengan pendekatan inkuiri dapat menumbuhkan dan meningkatkan karakter kerja keras pada peserta didik. Pembelajaran by design sejenis ini diharap dapat dikembangkan dan menjadi solusi dalam mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran.
Keywords: pendidikan karakter, kerja keras, matematika, konstruktivis, inkuiri.
Full Text:
PDFDOI: 10.24235/eduma.v5i2.913
Article Metrics
Abstract view : 449 timesPDF - 232 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching