Analysis of Student’s Creative Thinking Ability in Mathematical Problem Solving in Terms of Extrovert and Introvert Personality Types
(1) Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aliyah, P. (2006). Hubungan Tipe Kepribadian Ekxtrovert dan Introvert dengan Perilaku Asertif pada Siswa-siswi Pesantren X di Bogor. Bogor: Universitas Bina Nusantara.
Anwar, N. T. (2018, February). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 364-370). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19603
Azizah, Y. N., Herdaetha, A., & KJ, S. (2016). Perbedaan Antara Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert dengan Tingkat Stres pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/42833/
Hasanah, N., Mardiyana, M., & Sutrima, S. (2013). Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert-introvert dan Gender. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(4).422-434. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/10292
Kuswana, W. S. (2011). Taksonomi Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Lestari & Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Purwosusilo. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK Melalui Strategi Pembelajaran REACT (Studi Eksperimen di SMK Negeri 52 Jakarta). Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 30-40.
Siswono, T. Y. (2007). Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Disertasi: Unesa Surabaya.
Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosda Karya.
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sunandar, Y., & Muchyidin, A. (2016). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Antara yang Menggunakan Penilaian Tugas dengan Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Matematika. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 5(1). 47-55. Retrieved from http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/article/view/682
Tho'atillah. (2018). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Antara yang Menggunakan Metode Peer Teaching dengan Metode Resitasi di SMP Negeri 2 Krangkeng. (Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Winarso, W. (2015). Perbedaan tipe kepribadian terhadap sikap belajar matematika siswa kelas X SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1).67-80. https://doi.org/10.18592/jpm.v2i1.1170
Yusuf, S., & Nurihsan, A. J. (2012). Teori Kepribadian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
DOI: 10.24235/eduma.v9i1.6153
Article Metrics
Abstract view : 64 timesPDF - 37 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020