PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (Studi Kasus di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kaliwedi Kabupaten Cirebon)

winda sari(1), Alif Ringga Persada(2*),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Matematika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Dari tujuan umum pendidikan matematika, mempelajari matematika tidak hanya menghitung semata, tetapi siswa diharapkan mampu bernalar, berpikir kritis serta logis, dapat memecahkan masalah matematis, masalah dalam bidang ilmu lain serta masalah dalam kehidupan sehari-hari. Artinya salah satu kompetensi yang penting dimiliki siswa adalah kemampuan pemecahan masalah. Dikalangan siswa  sering terjadi  kesulitan dalam mengerjakan soal-soal. Apalagi jika soal tersebut sedikit berbeda dengan contoh yang diberikan atau merupakan pengembangan dari konsep yang diberikan dan membutuhkan penyelesaian yang lebih rumit. Hal tersebut terjadi karena kemampuan pemecahan masalah siswa yang kurang terasah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kemampuan berpikir aljabar siswa dalam matematika, untuk mengetahui besarnya kemampuan pemecahan masalah siswa dalam matematika serta untuk mengetahui besarnya pengaruh kemampuan berpikir aljabar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam matematika. Untuk hipotesis  penelitiannya  yaitu  terdapat  pengaruh  yang  signifikan  antara  kemampuan  berpikir  aljabar  terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Jumlah populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kaliwedi Kabupaten Cirebon yang berjumlah 318 siswa. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik cluster random sampling dengan mengambil 1 kelas dari 8 kelas yaitu kelas VIII E dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa.

Variabel  dalam  penelitian  ini  adalah  kemampuan  berpikir  aljabar  sebagai variabel  independent  dan kemampuan pemecahan masalah matematika sebagai variabel dependent. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini  menggunakan  tes  pilihan  ganda  untuk  variabel  kemampuan  berpikir  aljabar  dan  tes  uraian  untuk  variabel kemampuan pemecahan masalah matematika. Setelah data diperoleh selanjutnya dilakukan analisis secara deskriptif dan pengujian statistik berupa regresi sederhana. Dari hasil pengolahan data dengan bantuan program SPSS 16.0 diperoleh hasil bahwa kemampuan berpikir aljabar siswa termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata tes

62,50 dan simpangan baku 13,706. Untuk kemampuan pemecahan masalah matematikanya memiliki rata-rata 63,06 dan simpangan baku 10,523. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y = 23,654 + 0,630X dengan nilai koefisien determinasi dalam uji kebaikan model sebesar 67,4%. Hal ini berarti bawa setiap ada peningkatan kemampuan berpikir aljabar, maka akan mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 0,630.

 

Kata Kunci : Berpikir Aljabar, Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Balk, Don. 2007. Developing Algebraic Thinking. USA: Didax Educational Resources.

Berg, Claire Vaugelade. 2009. Developing Algebraic Thinking in a Community of Inquiry.

Kristansand: University of Agder.

Burns, Marilyn. 1995. Writing in Math Class. USA: Math Solutions Publications.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Estina & Sumaryanta. 2011. Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika

SD/SMP.Yogyakarta: PPPPTK Matematika

Fitriyani, Nisa. 2011. Pengaruh Aktivitas Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Bidang Studi Matematika (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Dukupuntang Kabupaten Cirebon). Tidak diterbitkan . Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Gary, dkk. 2004. Essentials of Mathematics for Elementary Teachers. USA: Wiley.

Hasan, M. Iqbal. 2012. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia

Hudojo. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika.Malang: JICA.

Ibrahim,M., dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarata: Gaung Persada Press.

Kieran, Carolyn. 2004. Algebraic Thinking in the Early Grades: What Is It?. Montreal: The

Mathematics Educator.

Lawrence, Ann and Charlie Hennessy. 2002. Lessons for Algebraic Thinking. Sausalito: Math

Solutions Publications.

Lew, Hee-Chan. 2004. Developing Algebraic Thinking in Early Grade: Case Study of Korean Elementary School Mathematic. Jurnal Korean National University of Education, volume 8, nomor 1. 2004: 92.

Machrus, Agus. 2012. Pengaruh kemampuan berpikir aljabar terhadap kreativitas berpikir siswa dalam matematika (studi kasus di kelas XI IPA SMAN 1 Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Tidak diterbitkan . Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Math, Dr. 2003. Mempersiapkanmu Belajar Aljabar. Bandung: Pakar Raya.

Matos, Ana & Joao Pedro. 2007. Exploring Functional Relationship to Foster Algebraic

Thinking In Grade 8. Jurnal Faculdade de Ciencias da Universidade de Lisaboa, 2007: 398.

Mukarromah, Farhatun. 2012. Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Mathematics Problem Solving) pada Pokok Bahasan Bilangan. Tidak diterbitkan . Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Nasehuddien, Toto Syatori. 2011. Metodologi Penelitian: Sebuah Pengantar. Cirebon: KEMENAG RI IAIN SNJ.

Nasution, S. 2010. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi

Aksara.

NCTM. 1990. Algebra for Everyone. USA: The National Council of Teachers of Mathematics, INC.

Nurharini, Dewi & Tri Wahyuni. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Pusat

Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Priyatno, Dwi. 2010. Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta : Mediakom.

Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2009. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Ruseffendi. 2006. Pengaantar Kepada Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam

Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Subana, M. dan Sudrajat. 2001. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana. 2001. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi Bagi Para Peneliti. Bandung: Tarsito.

Sudjono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Rajasa Grafindo Persada.

Sugiono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

. 2008. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Erman & Yaya S. Kusumah, 1990. Petunjuk Praktis untuk Menjalankan Evaluasi

Matematika. Bandung: Wijaya Kusuma.

Suherman, Eman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Malang: IMSTEP JICA.

Sumardiyono. 2004. Karakteristik Matematika dan Implikasinya terhadap Pembelajaran

Matematika. Yogyakarta. Depdiknas.

. 2009. Pengertian Dasar Problem Solving. Yogyakarta. PPPPTK.

Sumarmo, dkk. 1994. Suatu Alternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematika pada Guru dan Siswa SMA. Bandung: Laporan Hasil Penelitian FPMIPA IKIP Bandung.

Surapranata, Sumarna. 2004. Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes.

Bandung : Remaja Rosda Karya.

Suriasumantri, Jujun S. 2001. Ilmu dan Perspektif. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suyitno, Amin. 2007. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika. Semarang: Pendidikan Matematika FMIPA UNNES.

Syaodih, Nana. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda

Karya.

Triyana, Dewi. 2011. Pengaruh Penggunaan Metode Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 8 Kota Cirebon. Tidak diterbitkan . Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Uno, Hamzah B. 2007. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Usiskin, Z. 1988. Conceptions of School Algebra and Uses of Variable. Reston, VA: NCTM.

Wahyudin. 2004. Ensiklopedi Matematika untuk SLTP. Jakarta: Tarity Samudra Berlian.

Wardhani, Sri. 2010. Analisis SK/SD Matematika dan Tujuan Pembelajaran Matematika SMP/MTs: Training on Subject Content Upgrading and Classroom teaching Metodelogi for Math. Yogyakarta: PPPPTK.

Wihaskoro, Ahmad Mabruri. 2010. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Peer Teaching dalam Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Madrasah Aliyah (Studi Eksperimen di Kelas X MAN Cirebon 1 Kab. Cirebon). Tidak diterbitkan. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.




DOI: 10.24235/eduma.v2i2.45

Article Metrics

Abstract view : 2055 times
PDF - 992 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching

View My Stats