PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA
(1) STKIP Muhammadiyah Kuningan
(2) STKIP Muhammadiyah Kuningan
(*) Corresponding Author
Abstract
This research produces a product of interactive math-based learning media flash CS6 to improve students' reasoning in learning mathematics. Methods used are Research and Development with (1) self evaluation, (2) prototyping (expert review, one-to-one, and small group), and (3) field test. Based on research results, then it can be concluded that the developed learning media already valid and effective in improving students' mathematical reasoning abilities. Based on field tests, there are significant differences in the average students before and after using flash, in other words learning media based adobe Flash effectively improve students' reasoning abilities in the concept of geometry.
Keywords: Â Reasearch & Development Adobe Flash Penalaran Matematis
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). (2013). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor Tahun 2013 Tentang Silabus Sekolah Menengah PertamaMadrasah Tsanawiyah pada Kelas VII. Badan Penelitian dan Pengembangan Kurikulum dan Perbukuan Tahun 2013.
Mullis, I., dkk. (2009). Kerangka kerja Assesment TIMSS 2011. Chesnut Hills: Boston College.
Nurdalillah., Dkk. (2013). Perbedaan Penalaran Matematika Dan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Masalah Dan Pembelajaran Konvensional di SMA Negeri 1 Kualuh Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA Vol.6 No.2. [Online] Diperoleh 20 Mei 2017, dari http://digilib.unimed.ac.id pdf.
Permana, Y & Utari, S. (2007). Mengembangkan kemampuan penalaran dan koneksi matematik siswa sma melalui pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Educationist, Vol. 1, No. 2, Juli 2007, hlm. 116-123.
Puspendik. (2012). Laporan Hasil TIMSS 2011 Matematika. Jakarta: Puspendik, Balitbang Depdiknas.
Riyanto, B. (2011). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Prestasi Matematika Dengan Pendekatan Kontruktivisme Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika Vol.5 No.2 Juli 2011 [online] Diperoleh 27 Mei 2017, dari http://download.portalgaruda.org/article.php.pd.
Tessmer, Martin. (1993). Merencanakan dan Melakukan Evaluasi Formatif. London. Halaman Kogan.
Tessmer, Martin. (1998). Merencanakan dan melakukan evaluasi formatif: meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan. London: Kogan Page.
Yuliardi, R. & Nurjanah. (2017). Belajar Matematika Membantu Geogebra menggunakan Kelas Berorientasi Teknologi (TAC) untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Fisika: Seri Konferensi.
Zulkardi, Z. (2002). Mengembangkan lingkungan belajar pada pendidikan matematika realistis untuk guru-guru bahasa Indonesia. Disertasi doktoral. Enschede: Universitas Twente, Enschede. Belanda. (On line). Diakses 20 Oktober 2017, dari: http: //doc.utwente.nl/58718/1/ thesis_ Zulkardi.pdf.
DOI: 10.24235/eduma.v7i2.3668
Article Metrics
Abstract view : 339 timesPDF - 216 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching