MODEL TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM PEMECAHANAN MASALAH
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran snowball throwing dengan talking stick antara kelompok self efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Selain itu, peneliti juga menganalisis interaksi antara model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan. Penelitian ini dapat mengembangkan keterampilan siswa pada pemecahan masalah. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B SMP, dengan metode pengumpulan data ialah angket, tes pemecahan masalah, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data awal dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji keseimbangan. Uji hipotesis yang digunakan adalah ANAVA dua jalan sel tak sama. Berdasarkan tahapan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa (1) tidak ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa antara pembelajaran talking stick dengan snowball throwing, (2) ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara kelompok self efficacy tinggi, sedang, dan rendah, (3) ada interaksi antara model pembelajaran dengan self efficacy siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah
Keywords
pembelajaran kooperatif, talking stick, snowball throwing, pemecahan masalah, self efficacy
Full Text:
PDFDOI: 10.24235/eduma.v8i1.3222
Article Metrics
Abstract view : 182 timesPDF - 72 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching