PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI DIMENSI TIGA DI MAN KALIMUKTI KEC. PABEDILAN KAB. CIREBON
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Dalam proses pembelajaran pemilihan metode merupakan hal yang sangat penting, untuk
mencapai tujuan yang diinginkan agar dalam proses belajar mengajar dapat efektif, maka
seorang guru harus dapat menentukan metode
mengajar yang tepat sesuai dengan
materi yang diajarkan dalam proses
pembelajaran matematika, diperlukan metode yang
melibatkan keaktifan siswa diantaranya metode diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan
untuk mengkaji data tentang penggunaakan metode diskusi kelompok pada pembelajaran
matematika di kelas XA MAN Kalimukti dan untuk mengetahui tentang prestasi belajar siswa
dalam bidang studi matematika pada pokok bahasan geometri dimensi tiga.
Metode yang
digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan
pendekatan empirik, pengalaman
yang sedang berlangsung di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
melalui angket dan tes. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Kalimukti
Kecamatan Pabedilan
Kabupaten Cirebon dengan jumlah murid 35 siswa. Untuk teknis analisis datanya, dalam
analisis data hasil tes dengan uji validitas, reabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran
tiap butir soal.Untuk mengkaji data pertama peneliti melakukan penyebaran angket guna
mengukur seberapa besar respon siswa dan yang kedua melakukan uji prestasi belajarsiswa
dengan tes, yang selanjutnya di analisis prasarat data setelah itu di analisis data
menggunakan uji korelasi, uji regresi dan uji koefesien regresi (uji t).
Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa hasil respon melalui angket menunjukkan pada umumnya
pernyataan metode diskusi kelompok ternyata dapat
menimbulkan rasa senang, ketertarikan, mengerti arti kerjasama dan ketidak bosanan serta
lebih termotivasi lagi untuk memahami konsep materi dalam pembelajaran pokok bahasan
geometri dimensi tiga. didapat kebanyakan siswa yang menyatakan Y sebanyak 77% KK
sebanyak 21% T sebanyak 2% pada pernyataan positif sedangkan untuk pernyataan
negatif Y sebanyak 5% KK sebanyak 21% dan T sebanyak 74%. Untuk hasil prestasi belajar
siswa dengan pembelajaran menggunakan metode diskusi kelompok dikategorikan baik
(tinggi) karena dilihat rata-rata tes prestasi belajar siswa yaitu sebesar 75.14. (>65)
lebih besar dari 65 sebagai batas minimal nilai matematika di MAN Kalimukti. Adapun
hubungan antara metode diskusi kelompok dengan prestasi belajar siswa di dapat melalui
perhitungan SPSS versi 16 yaitu 0.954 yang mendekati 1, artinya terdapat hubungan yang
signifikan dan P-value 0,000. Karena P-value < 0,05 dengan dapat disimpulkan terdapat
hubungan yang signifikan antara kedua variabel. Sedangkan pengaruhnya di dapat dalam
hasil perhitungan melalui SPSS versi 16 yaitu dengan α = 5% : 2 = 2.5 % (uji 2 sisi)
(signifikansi = 0.025) hasil diperoleh untuk t tabel sebesar 2.037 nilai t hitung > t tabel (18.
370 > 2.037) artinya Ho ditolak, maka terdapat pengaruh yang signifikan antara metode
diskusi kelompok dan prestasi belajar siswa.
Kata kunci:
diskusi kelompok, prestasi belajar
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu. 2005.
Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Anwar, Desi.2001.
Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Karya Abditama
Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka
Cipta.
________, 2010.
Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asep Suhendra (2008
). Pengaruh Pembelajaran Partisipatif Terhadap Hasil Belajar
Matematika Siswa (Studi Eksperimen pada Kelas VII di SMPN 1 Sumberjaya),
Skripsi pada FKIP Unswagati Cirebon : Tidak diterbitkan.
Bhuwono A. Nugroho. 2005. Strategi Jitu Memilih Statistik Penelitian dengan SPSS.
Yogyakarta
Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Jakarta:publisher
Nurhamdan, dadan. 2010. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan
Menggunakana Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Pada
Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di SMP Negeri 12
Kota Cirebon.Skripsi Pada Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon
. Tidak
diterbitkan
Hakim, Thursan.2004. Belajar secara efektif. Jakarta: PuspaSwara
Iskandar.2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gaung persada
Kementerian Agama RI. 2010. Alqur’an dan Terjemahannya. Jakarta: PT. TEHAZED
Majid,Abdul.2006. Perencanaan Pembelajaran. Bandung:PT Remaja Rosda Karya
Prianto, Duwi. 2010. paham Analisa Statisti Data dengan SPSS plus tatacara dan Tips
Menyusun Skripsi dalam waktu singkat. Yogyakarta: media com.
Ramayulis. 2008. Metodologi Pengajaran. Jakarta : Kalam Mulia
Riduwan. 2008. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Kariawan dan Peneliti
Pemula. Bandung: Alfabeta
Rohanah. 2008.
Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Konstruktivisme dalam Pokok
Bahasan bangun Ruang Sisi Datar untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran
Matematika Siswa di SMP Negeri 1Arjawinangun. Unswagati Cirebon: Tidak
diterbitkan.
Sanjaya, Wina. 2005.
Pembelajaran dalam Implementasi kurikulum Berbasisi
Kompetensi. Jakarta: Previda Media.
Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Setiawan (2008).
Strategi Pembelajaran Matematika di SMA, Yogyakarta : P4TK
Matematika.
Sisdiknas. 2003
. Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Abs
Sudjana, N. 2004.
Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
_________(2008). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta
Suharsimi Arikunto (2006).
Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Surakmat , Winarno Surakmat. 1985. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.
Surya, Mohamad. 2004.
Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani
Quraisy
To, Karto. 1996. Pengenalan Analisis Tes. Bandung: IKIP Bandung
Toheri, Wahidin dkk. 2008.
Modul Pendidikan dan Pelatihan Komputer, Cirebon: STAIN
Press
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2008.
Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat Bahasa.
Udin S. Wiranataputra (2007).
Teori Belajar dan Pembelajaran. UT : Jakarta.
Zarkasi, Firdaus 2009. Belajar Cepat Dengan Diskusi Metode Pengajaran Efektif Di Kela.
Surabaya: Indah
http://en.wikipedia.org/wiki/Kolmogorov%E2%80%93Smirnov_test/23/07/2011/11:5
http://en.wikipedia.org/wiki/Levene's_test/23/07/2011/12:35/
http://en.wikipedia.org/wiki/Shapiro%E2%80%93Wilk_test/23/07/2011/12:33/
http://dafiyoe.blogspot.com//15/16/20.34/
DOI: 10.24235/eduma.v1i2.299
Article Metrics
Abstract view : 565 timesPDF - 746 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching