PENGARUH PENGUASAAN TEOREMA PYTHAGORAS TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL GARIS SINGGUNG LINGKARAN KELAS VIII SMPN 1 LEUWIMUNDING
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Matematika merupakan cabang mata pelajaran yang luas cakupannya dan bukan hanya
sekedar bisa berhitung atau memasukan rumus saja tetapi mencakup beberapa kompetensi
yang menjadikan siswa tersebut dapat memahami dan mengerti tentang konsep dasar
matematika. Materi-materi dalam pelajaran matematika ini saling menunjang satu sama
lainnya, sehingga siswa dapat dengan
mudah memahami suatu materi jika memahami materi
sebelumnya. Misalnya, secara teori adanya suatu yang berkaiatan antara materi teorema
Pythagoras dan materi garis singgung lingkaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengkaji kemampuan siswa kelas VIII SMPN 1 Leuwimunding dalam penguasaan konsep
teorema Pythagoras dan kemampuan menyelesaikan soal-soal garis singgung lingkaran
serta untuk mengkaji seberapa besar pengaruh penguasaan teorema Pythagoras terhadap
kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal garis singgung lingkaran. Dalam
mempelajari materi garis singgung lingkaran, siswa membutuhkan materi dasar yang dapat
menopang dan memudahkan siswa untuk memahami materi tersebut. Teorema Pythagoras
merupakan salah satu materi dasar yang
sangat erat kaitannya dengan materi garis
singgung lingkaran. Sehingga kemampuan menyelesaikan soal-soal garis singgung
lingkaran siswa akan sangat dipengaruhi oleh penguasaan siswa tentang materi teorema
Pythagoras.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Leuwimunding.
Adapun
pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, yang kemudian
diperoleh kelas VIII H sebagai sampel penelitian. Dalam penelitian ini terdapat dua
variabel, yaitu penguasaan teorema Pythagoras sebagai variabel bebas dan kemampuan
menyelesaikan soal-soal garis singgung lingkaran sebagai variabel terikat. Hasil penelitian
menunjukan bahwa penguasaan teorema Pythagoras kelas sampel SMP Negeri 1
Leuwimunding sedang dengan nilai rata-rata tes sebesar 50,71. Sedangkan kemampuan
menyelesaikan soal-soal garis singgung lingkaran sangat rendah dengan perolehan nilai ratarata
48,45.
Terdapat
pengaruh
yang
signifikan
antara penguasaan teorema Pythagoras
terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal garis singgung lingkaran dengan perolehan
t
hitung
> t
atau 8,382 > 2,021. Atau dengan melihat tabel koefisien dari hasil perhitungan
SPSS diperoleh nilai Sig. (0,000) <
α (0,05). Besarnya pengaruh penguasaan teorema
Pythagoras terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal garis singgung
lingkaran sebesar 63,6%, yang ditunjukan oleh besarnya koefisien determinasi. Berdasarkan
penelitian tersebut diperoleh bahwa terdapat hubungan yang kuat antara penguasaan
teorema Pythagoras dengan kemampuan menyelesaikan soal-soal garis singgung lingkaran.
Atau dengan kata lain, penguasaan teorema
Pythagoras mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal garis singgung
lingkaran.
Kata Kunci: Teorema Pythagoras, Garis singgung lingkaran
tabel
Â
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Adinawan, M. Cholik. 2007. Matematika SMP dan MTs. Jakarta : Esis.
Amam, Hairul dkk. 1995. Kamus Mafikib. Surabaya : Bintang Terang 99.
Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka
Cipta.
Avianti, Nuniek Agus. 2008. Matematika Untuk Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional.
Dudewicz, Edward J dan Satya N. Mishra. 2004. Statistika Matematika Modern.Bandung :
Penerbit ITB.
Dwiyogo, Wasis. 2004. Konsep Penelitian dan Pengembangan. Malang: Universitas
Negeri Malang.
Erman. 2003. Evaluasi Pengajaran Matematika. Bandung : Upi Bandung.
Herrhyanto, Nar. 2003. Statistik Matematis Lanjutan. Bandung : Pustaka Setia.
Mulyasa, E. 2010. Menjadi Guru Profesional : Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan
Menyenangkan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Purwanto, Ngalim. 2009. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung :
Remadja Karya.
Rich, Barnet. 2005. Geometri. Jakarta : Erlangga.
Ruseffendi. 2005. Dasar-dasar Matematika Modern dan Komputer Untuk Guru. Bandung :
Tarsito.
____________. 1991. Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam
Pengajaran Matematika : untuk Guru dan Calon Guru. Tidak ada penerbit.
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum Pembelajaran : Teori dan Praktek Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan. Jakarta : Kencana.
____________. 2007. Strategi Pembelajaran : Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Salamah, Umi. 2007. Membangun Kompetensi Matematika 2 : untuk SMP dan MTs. Solo :
Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Saltzherr, JP, LP Ritchi dan Lumban Tobing. 2004. Aljabar dan Teori Berhitung 1. Jakarta :
Pradnya Paramita.
____________2004. Aljabar dan Teori Berhitung 2. Jakarta : Pradnya Paramita.
____________. 2004. Aljabar dan Teori Berhitung 3. Jakarta : Pradnya Paramita.
Shirran, Alex. 2008. Mengevaluasi Siswa. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning : 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung :
Nusamedia.
Simangunsong, Wilson. 2005. Matematika Dasar. Jakarta : Erlangga.
Subana dan Sudrajat. 2001. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung : Pustaka Setia.
Subana, Moersetyorahadi dan Sudrajat. 2005. Statistik Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia.
Sudijono, Anas. 2003. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabet.
Sukirman. 2001. Perencanaan dan Pengelolaan Pembelajaran Matematika. Jakarta :
Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja
Rosdakarya.
Susilana, Rudi. 2006. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung : Tim Pengembang MKDP
Kurikulum dan Pembelajaran UPI Bandung.
Susilawati, Wati. 2005. Belajar dan Pembelajaran Matematika : untuk
mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta. Tidak ada penerbit.
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Trihendradi, Cornelius. 2005. Step by Step SPSS 13 : Analisis Data Statistik. Yogyakarta :
Penerbit Andi.
Usman, Moh. Uzer. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Wahyudin. 2008. Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran : Pelengkap untuk
Meningkatkan Kompetensi Pedagogis Para Guru dan Calon Guru Profesional. Tidak
ada penerbit.
____________. 2003. Ensiklopedi Matematika an Peradaban Manusia : Referensi dan
Petunjuk Lengkap untuk Ilmu Matematika. Jakarta : Tarity Samudra Berlian.
Ensiklopedi Matematika Untuk SLTP : Topik-topik Pengayaan Matematika. Jakarta :
Tarity Samudra Berlian.
Walpole, Ronald E. 1995. Pengantar Statistik : Edisi ke-3. Jakarta : Gramedia Pustaka
Utama.
DOI: 10.24235/eduma.v1i2.298
Article Metrics
Abstract view : 519 timesPDF - 482 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching