PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERMUATAN EMOTION QUOTIENT PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Salah satu sebab kurang menariknya bahan ajar matematika untuk siswa SMP/MTs adalah faktor kerumitan bahan ajar yang digunakan. Oleh karena itu, bahan ajar perlu bentuk sajian yang ringan dan menarik. Upaya meningkatkan ketertarikan siswa tersebut, maka dibutuhkan sebuah inovasi dalam pengembangan bahan ajar. Salah satunya adalah dengan membuat bahan ajar dalam bentuk modul pembelajaran matematika yang bermuatan emotional quotient.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul dalam bentuk modul pembelajaran matematika bermuatan emotional quotient pada pokok bahasan himpunan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Adapun desain penelitian ini adalah penyederhanaan langkah-langkah Sugiyono dan langkah-langkah Metode ADDIE dengan cara menggabungkan keduanya, yaitu analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, evaluasi, dan kesimpulan.
Aspek-aspek penilaian didapatkan dari studi pendahuluan yang dibagi menjadi dua hal, yaitu kelayakan produk dan respon siswa. Pada tingkat kelayakan produk meliputi aspek isi, sistematika, bahasa, kegrafikan, muatan pendukung, dan muatan emotional quotient. Sedangkan respon siswa meliputi aspek perhatian, ketertarikan, keyakinan, dan kepuasan.
Hasil uji kelayakan berdasarkan aspek-aspek modul tersebut diperoleh angka dengan rata-rata sebesar 82 atau 91% dalam kriteria sangat layak. Sedangkan untuk uji keefektifan diperoleh dari evaluasi berupa tes, dengan pencapaian keberhasilan secara klasikal sebesar 88% dan angket respon siswa diperoleh angka sebesar 75,9% dari 42 siswadalam kriteria baik. Kesimpulan menunjukkan bahwa kualitas modul pembelajaran matematika bermuatan emotional quotientini layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan dari hasil pembahasan, disarankan bahwa modul pembelajaran matemtaika bermuatan emotional quotient hendaknya dapat dikembangkan lagi pada pokok bahasan matematika yang lain dan juga untuk mata pelajaran yang lain.
Â
Kata kunci: Modul Pembelajaran, Matematika, Emotional QuotientFull Text:
PDFReferences
Anggraeni, Firda Nandiyak Dwi.
Penggunaan Bahan Ajar
Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Tematik Peserta Didik pada Materi Aljabar. Skripsi: Tidak
diterbitkan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
Baharuddin. 2012. Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Diklat Memasang Instalasi Penerangan Listrik.
Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 2 No.1
Bungin,M.Burhan. 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif : Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-
ilmu Sosial lainnya. Edisi pertama. Cetakan kedua. Jakarta: Kencana Prenada Group
Daryanto. 2013. Menyusun Modul: Bahan Ajar Untuk Persiapan
Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media
Efendi, Agus. 2005. Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta
Fauzi, Ahmad. 2014. Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish
Fokusindo Mandiri. 2012. Undang- undang SISDIKNAS (Sistem
Pendidikan Nasional) Edisi
Terbaru 2012. Bandung
Kurbaita dkk. 2013. Pengembangan Buku Ajar Matematika Tematik Integratif Materi
Pengukuran Berat Benda untuk Kelas I SD. Jurnal Kreano. Vol. 4 No. 1
Latifatunnisak. 2013.
Pengembangan Emotional quotient Dalam Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Godean. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga
Maisaroh dan Rostrieningsih. 2010.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi di SMK Negeri 1
Bogor. Jurnal Ekonomi dan
Pendidikan. Vol. 8 No. 2
Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Purwanto dkk. 2007. Pengembangan
Modul. Jakarta: Pendidikan
PUSTEKKOM Depdiknas
Saptoto, Ridwan. 2010. Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Kemampuan Coping Adaptif.
Jurnal Psikologi. Vol. 37 No. 1
Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum: Dalam Lintasan Sejarah. Bandung: Pustaka Setia
Sugiyono. 2009. Statistik Untuk
Penelitian. Bandung: Alfabet
Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumiati dan Asra. 2011. Metode
Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima
Supatmono, Catur. 2009.
Matematika Asyik. Jakarta: Grasindo
Zahria, Siti. 2011. Efektifitas Pengelolaan Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMA Islamiyah Sawangan Depok.
Skripsi. Tidak diterbitkan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
DOI: 10.24235/eduma.v4i2.29
Article Metrics
Abstract view : 921 timesPDF - 792 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching