PENGARUH PENERAPAN PENILAIAN JENIS PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BE-LAJAR SISWA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN (Studi Eksperimen Siswa Kelas VIII MTs Negeri Kadugede)

Toheri Toheri(1*), iis siti nuraisyah(2), iis siti nuraisyah(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract



Perubahan model evaluasi tidak otomatis mengubah wajah pembelajaran yang di dalam kelas, tetapi paling tidak akan
sangat mempengaruhi suasana pem-belajaran. Sistem evaluasi merupakan komponen penting dalam proses belajar
mengajar di kelas. Salah satu model evaluasi yang sedang berkembang dan efektif, memiliki banyak manfaat baik bagi
guru maupun siswa adalah model penilaian jenis portofolio. Evaluasi yang dilakukan oleh guru kurang valid dan
reliable, as-pek yang dinilai oleh guru kurang lengkap, serta adminstrasi guru dalam bidang penilaian juga sering tidak
lengkap. Model penilaian yang diharapakan mampu mengungkap dan menilai peserta didik lebih akurat dan lebih
lengkap didasarkan pada bukti (dokumen) yang dipunyai oleh masing-masing siswa.
Penilaian portofolio adalah suatu penilaian yang bertujuan mengukur se-jauh mana kemampuan siswa dalam
mengkontruksi dan merefleksi suatu peker-jaan atau tugas atau karya dengan mengoleksi atau mengumpulkan bahanbahan

yang relevan dengan tujuan dan keinginan yang dikontruksi oleh siswa, sehingga hasil kontruksi tersebut dapat
dinilai dan dikomentari oleh guru dalam periode ter-tentu. Jadi penilaian portofolio merupakan suatu pendekatan dalam
penilaian ki-nerja siswa atau digunakan untuk menilai kinerja.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa melalui penilaian jenis portofolio, prestasi belajar siswa
ditinjau dari jenis kelamin dan pengaruh penerapan penilaian jenis portofolio pada pembalajaran matematika ter-hadap
prestasi belajar ditinjau dari jenis kelamin.
Pendekatan ini menggunaan pendekatan kuantitatif yaitu adakah pengaruh penerapan penilaian jenis portofolio pada
pembelajaran matematika terhadap pres-tasi belajar siswa ditinjau dari jenis kelamin di MTs Negeri Kadugede. Adapun
teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, tes dan angket. Kemu-daian dianalisis dengan uji normalitas,
uji homogenitas dan menggunakan anova dua arah. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian belajar menggunakan
penilaian jenis portofolio pada mata pelajaran matematika kelas VIII MTs Negeri Kedugede. Setelah di uji
menggunakan anova dua jalur ternyata memiliki perbe-daan prestasi belajar siswa antara portofolio dokumentasi,
portofolio penampilan dan portofolio proses berdasarkan jenis kelamin karena memiliki nilai F hitung sebesar 0,963
dengan signifikannya 0,385. Dalam uji multiple comparisons me-nunjukan portofolio penampilan perempuan yang
paling bagus dengan nilai mean 80,412 dengan nilai 75,850 sampai 84,974. Tidak terdapat perbedaan prestasi bela-jar
dilihat dari jenis kelamin karena Fhitung<Ftabel yaitu 1,98<3,96 maka hipotesis ditolak, terdapat perbedaan prestasi
belajar berdasarkan jenis portofolio Fhi-tung>Ftabel yaitu 15,318>3,96 maka hipotesis diterima. Tidak terdapat
pengaruh an-tara jenis portofolio dalam meningkatkan prestasi matematika ditinjau dari jenis kelamin yaitu
Fhitung<Ftabel atau 0,963<3,96 maka hipotesis ditolak.

Kata Kunci : Portofolio, system evaluasi


Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta

Ace Suryadi dan Ecep Idris. 2010. Kesetaraan Gender dalam Bidang Pendidikan. Bandung :

Genesindo

Agus Irianto. 2006. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasiny. Jakarta : Prenada Media

Arnie Fajar. 2004. Portofolio Dalam Pembelajaran IPS. Bandung : Remaja Rosdakarya

As’adi Muhammad. 2011. Rahasia Perbedaan Otak Pria dan Wanita. Jakarta : Flash Book

Asep Jihad dan Abdul Haris. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo

Daryanto. 2007. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Dasim Budimansah, 2003. Model Pembelajaran dan Penilaian Portofolio. Bandung : Gamesindo

Elin Rusoni. 2003. Portofolio dan Paradigma Baru Dalam Pembelajaran Matematika,

http://www.depdiknas.go.id, dakses 7 Juli 2003

Erman Suherman. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung : UPI

Howard S Friedmen. 2006. Kepribadian (terjemahan). Jakarta : Erlangga

Hartono. 2008. Spss 16.0 Analisis Data Statistik dan Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Jeanne Ellis Ormrod. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Erlangga

John W Santrock. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga

Oemar Hamalik. 2009. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru algensindo

Riduwan. 2008. Dasar-dasar Statistik. Bandung : Alfabeta

Rohani Ahmad. 2004. Pengelolaan pengajaran . Jakarta : Rineka Cipta

Sarwiji Suwandi. 2010. Model Assesmen Dalam Pembelajaran. Surakarta : Yuma Pustaka

Sitti P Maesuri. 2001. Portofolio Matematika dalam Pembelajaran. Surabaya

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara

Suharsimi Arikunto. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Sujana. 2005. Metode Statistic. Bandung : Tarsito

Surapranata, Sumarna. 2004. Penilaian Portofolio. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung :

Remaja Rosdakarya

Yuliani Nurani Sujiono. 2010. Mengajar dengan Portofolio. Jakarta : indeks

Widoyoko Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar




DOI: 10.24235/eduma.v1i1.276

Article Metrics

Abstract view : 936 times
PDF - 390 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching

View My Stats

Â