PENGARUH MOTIVASI BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PROGRAM LINIER (Di Kelas XII IPA SMA Negeri 5 Cirebon)
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Pada proses pembelajaran tidak sedikit siswa yang dalam belajarnya mengalami kesulitan, lingkungan yang kurang
kondusif dan kesiapan siswa dalam menerima pelajaran serta motivasi belajar rendah yang mengakibatkan prestasi
belajar kurang memuaskan. Upaya peningkatkan prestasi belajar diantaranya dilakukan dengan membangkitkan
motivasi siswa dalam belajar bagi siswa yang ikut bimbingan belajar. Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh
motivasi bimbingan belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa di SMAN 5 Cirebon maka penulis
tertarik untuk melakukan penelitian.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah membahas seberapa besar pengaruh motivasi bimbingan belajar
matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
motivasi belajar matematika dan prestasi belajar siswa yang mengikuti bimbingan belajar matematika serta untuk
mengetahui pengaruh bimbingan belajar matematika terhadap prestasi belajar siswa.
Kerangka pemikiran dalam penelitian ini adalah menyikapi proses belajar mengajar agar lebih baik melalui peranan
bimbingan belajar matematika dalam membantu meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Dalam kegiatan
belajar dapat timbul berbagai masalah baik bagi pelajar itu sendiri maupun bagi pengajar. Misalnya, bagaimana
menciptakan kondisi yang baik agar berhasil, memilih metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan jenis dan
situasi belajar, membuat rencana belajar bagi siswa, penilaian hasil belajar, mengamati kesulitan belajar dan
sebagainya. Bagi siswa sendiri masalah-masalah belajar yang timbul diantaranya pengaturan waktu dan cara belajar,
menggunakan buku-buku pelajaran, belajar berkelompok, mempersiapkan ujian, dan memilih mata pelajaran yang
sesuai. Munculnya beberapa pendidikan di luar sekolah sedikit menjadi alternatif untuk menyikapi masalah belajar
yang dihadapi oleh siswa.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode korelasional yang berarti tujuannya adalah untuk menemukan
ada tidaknya suatu hubungan antara variable-variabel yang berbeda. Instrumen pengumpulan data yang digunakan
adalah tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa dan angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa yang ikut
bimbingan belajar. Penelitian dilaksanakan di SMAN 5 Cirebon dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa yang
ikut bimbingan belajar kelas XII IPA berjumlah 35 siswa.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa siswa yang ikuti bimbingan belajar matematika menunjukkan siswa yang
menjawab sangat setuju yaitu 25,99%, siswa yang setuju 29,57%, netral 19,57%, siswa yang tidak setuju 16,14% dan
yang sangat tidak setuju 8,71%. Hal ini berarti hampir setengahnya siswa menyatakan setuju bahwa terdapat pengaruh
motivasi bimbingan belajar matematika siswa. Persamaan regresinya adalah Y = 20,056 + 0,798X, artinya semakin
tinggi motivasi bimbingan belajar siswa maka semakin tinggi prestasi belajarnya dan R Square sebesar 0,532. Artinya
kontribusi motivasi bimbingan belajar 53,2% terhadap prestasi belajar.
Kata Kunci : Motivasi, Pendidikan Luar Sekolah
References
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi, H. Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Ahmadi, H. Abu dan Joko Tri Prasetya. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia
Ali, H. Muhammad. 2004. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru
Algensindo
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta : Rineka Cipta
________________. 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Danim, Sudarwan. 2008. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Akasara
Hamalik, Oemar. 2002. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
_____________. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Hamdan, A. Saeful dkk. 2008. Matematika 1. Surabaya : LAPIS-PGMI
Hana, Attia Mahmoud. 1978. Bimbingan Pendidikan dan Pekerjaan. Jakarta : Bulan Bintang
Priyatno, Duwi. 2010. SPSS 17.0. Yogyakarta
Ridwan. 2008. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung :
Alfabet
Sardiman. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Sudarman, Paryati. 2004. Belajar Efektif di Perguruan Tinggiâ€. Bandung : Simbiosa Rekatama
Media
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengeruhi. Jakarta : Rineka Cipta
Soelaiman Joesoef. 2004. Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara
Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung : Tarsito
______. 2005. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.
Sudjana, Djuju. 2006. Evaluasi Pendidikan Luar Sekolah. Bandung : Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2002. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta
Sudijono, Anas. 1999. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Grafindo Persada
________. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
DOI: 10.24235/eduma.v1i1.275
Article Metrics
Abstract view : 612 timesPDF - 760 times PDF - 369 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching