UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TOPIK PECAHAN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD

nfn muarip(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan yang sering dihadapi dalam pembelajaran matematika adalah proses pembelajaran  yang masih menggunakan paradigma yang lama dimana guru memberikan pengetahuan kepada siswa yang pasif. Guru mengajar dengan metode ceramah sehingga Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) menjadi monoton dan kurang menarik perhatian siswa. Kondisi seperti itu mengakibatkan siswa kurang berpartisipasi, kurang terlibat, tidak punya inisiatif dan kontributif, baik secara intelektual maupun emosional. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dampak pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap aktivitas siswa dalam mengikuti pelajaran matematika dan menganalisis dampak pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan kemampuan kognitif dan afektif siswa terhadap materi pelajaran Matematika. Penelitian ini dilakukan melalui proses Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Dari analisis data yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut: nilai rata-rata kondisi awal 65 dengan ketuntasan belajar 50%, nilai rata-rata siklus 1 adalah 75 dengan ketuntasan belajar 75%, nilai rata-rata siklus 2 adalah 86 dengan ketuntasan belajar 94%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar dalam mengikuti pelajaran matematika topik pecahan pada siswa SD Negeri Tegalwangi 01 kelas IV Semester II Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2015/2016.

Kata Kunci: Aktivitas dan Prestasi Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran STAD.


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Anderson, Lorin W dkk. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran Pengajaran dan Asesmen (alih bahasa: Agung Prihandoko). Yogyakarta:Pustaka Belajar

Anni, Catharina Tri.2005. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK Universitas NegeriSemarang.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2011. Penilitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT BumiAksara.

Aunurrahman.2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: CV AlfaBeta.

Basrowi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Indonesia

Beetlestone, Florence. 2011. Creative Learning: Strategi Pembelajaran untukMelesatkan Kreativitas Siswa (Alih Bahasa: Narulita Yusron). Bandung:Nusa Media

Ibrahim, M., dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA-University Press.

Narulita Yusron. 2008. Terjemah Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik R.E. Slavin. Bandung: Nusa Media.

Rochiati Wiriaatmadja. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Udin S. Winataputra, dkk. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka




DOI: 10.24235/eduma.v6i2.2227

Article Metrics

Abstract view : 533 times
PDF - 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching

https://thefanmetareader.org/

https://roadgetbusiness.net/

https://northrunfarm.com/

slot thailand

wetogel

slot gacor

Stockity

Stockity Login

Stockity Daftar

Stockity Web

Daftar Stockity

Login Stockity

Stockity Official

Stockity Indonesia

slot dana

bosjp

https://www.worldlakes.org/

mandiri88

slot dana

View My Stats

 

klik4d