UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TOPIK PECAHAN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Permasalahan yang sering dihadapi dalam pembelajaran matematika adalah proses pembelajaran yang masih menggunakan paradigma yang lama dimana guru memberikan pengetahuan kepada siswa yang pasif. Guru mengajar dengan metode ceramah sehingga Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) menjadi monoton dan kurang menarik perhatian siswa. Kondisi seperti itu mengakibatkan siswa kurang berpartisipasi, kurang terlibat, tidak punya inisiatif dan kontributif, baik secara intelektual maupun emosional. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dampak pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap aktivitas siswa dalam mengikuti pelajaran matematika dan menganalisis dampak pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan kemampuan kognitif dan afektif siswa terhadap materi pelajaran Matematika. Penelitian ini dilakukan melalui proses Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Dari analisis data yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut: nilai rata-rata kondisi awal 65 dengan ketuntasan belajar 50%, nilai rata-rata siklus 1 adalah 75 dengan ketuntasan belajar 75%, nilai rata-rata siklus 2 adalah 86 dengan ketuntasan belajar 94%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar dalam mengikuti pelajaran matematika topik pecahan pada siswa SD Negeri Tegalwangi 01 kelas IV Semester II Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Aktivitas dan Prestasi Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran STAD.
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Anderson, Lorin W dkk. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran Pengajaran dan Asesmen (alih bahasa: Agung Prihandoko). Yogyakarta:Pustaka Belajar
Anni, Catharina Tri.2005. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK Universitas NegeriSemarang.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2011. Penilitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT BumiAksara.
Aunurrahman.2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: CV AlfaBeta.
Basrowi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Indonesia
Beetlestone, Florence. 2011. Creative Learning: Strategi Pembelajaran untukMelesatkan Kreativitas Siswa (Alih Bahasa: Narulita Yusron). Bandung:Nusa Media
Ibrahim, M., dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA-University Press.
Narulita Yusron. 2008. Terjemah Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik R.E. Slavin. Bandung: Nusa Media.
Rochiati Wiriaatmadja. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Udin S. Winataputra, dkk. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka
DOI: 10.24235/eduma.v6i2.2227
Article Metrics
Abstract view : 533 timesPDF - 128 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching