The Effectiveness of the ASSURE Learning Model Assisted by Google Classroom in Improving Students' Mathematical Literacy in Transformational Materials
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afriyanti, I., Wardono, & Kartono. (2018). Pengembangan literasi matematika mengacu PISA melalui pembelajaran abad ke-21 berbasis teknologi. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 608-617. Tersedia : https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/download/20202/9580
Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. LITERASI, 9(1), 37-50. Tersedia : https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/download/720/993
Fahriansyah, F. (2021). Pengembangan desain model pembelajaran ASSURE pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan di SMP Islamiyah Sawangan. Jurnal Perspektif - Yayasan Jaringan Kerja Pendidikan Bali, 53-63. Tersedia : https://jurnal.jkp-bali.com/perspektif/article/download/5/38
Fathani, A. H. (2016). Pengembangan literasi matematika sekolah dalam perspektif multiple intelligences. EduSains, 4(2), 136-150. Tersedia : https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/edusains/article/download/524/652
Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran online di Universitas Dian Nuswantoro. WACANA, 18(2), 225-233. Tersedia : https://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/download/924/544
Imaduddin, M. (2018). Membuat kelas online berbasis android dengan google classroom ; terobosan pembelajaran era revolusi industri 4.0. Yogyakarta: Garudhawaca.
Iskandar, R., & Farida, F. (2020). Implementasi model ASSURE untuk mengembangkan desain pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1052-1065. Tersedia : https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/468/366
Mansur, N. (2018). Melatih literasi matematika siswa dengan soal PISA. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 140 - 144. Tersedia : https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/download/19574/9499
Marsigit, Himmawati, Karyati, & Sugiman. (2008). Matematika SMA Kelas XII program IPA. Sukabumi: Quadra.
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (2), 291 - 300. Tersedia : https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/viewFile/mv10n2_11/794
Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
OECD. (2013). Learning mathematics for life: a perspective from PISA. Paris: OECD Publishing.
Puspaningtyas, N. D., & Ulfa, M. (2020). Pelatihan soal matematika berbasis literasi numerasi pada siswa SMA IT Fitrah Insani. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 4(2), 137-140. Tersedia : http://journal.uny.ac.id/index.php/jpmmp/article/download/37504/14988
Saputri, N. C., Sari, R. K., & Ayunda, D. (2021). Analisis kemampuan literasi matematika siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu, 15-26. Tersedia : https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JPPT/article/download/768/548
Sholeh, M., Murtono, & Masfuah, S. (2021). Efektivitas pembelajaran google classroom dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa. Jurnal Educatio, 7(1), 134-140. Tersedia : https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/education/article/download/889/562
Sobirin. (2008). Persiapan UN dan UMPTKIN matematika SMA panduan akselerasi mata pelajaran matematika. Jakarta: Media Pusindo.
Suharni, L. T., & Fachrudin, F. (2019). Pengembangan desain pembelajaran dengan model ASSURE di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 976-982. Tersedia : https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/193/190
Sundayana, R. (2019). Perbandingan desain pembelajaran ASSURE dan PPSI untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 143-154. Tersedia : https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/viewFile/mv8n1_13/421
Wahyudi, N. G. (2019). Desain pesan pembelajaran di era digital. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 104-135. Tersedia : https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/download/224/176
DOI: 10.24235/eduma.v13i1.14783
Article Metrics
Abstract view : 5 timesPDF - 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 EduMa: Mathematics education learning and teachingâ€â€â€Ž