PENGARUH PENGGUNAAN KOMBINASI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN BRAIN STORMING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN

Fiqri Ulwiyatul Imamah(1*), Toheri Toheri(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu standar kompetensi kelulusan menurut Peraturan Mentri Pendidikan (Permendiknas) Nomor 20 Tahun 2006 dalam bidang matematika adalah Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model, dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Kurangnya kemampuan pemecahan masalah siswa disebabkan karena belum maksimalnya peggunaan metode pembelajaran yang bervariasi. Penggabungan metode pembelajaran discovery learning dan brain storming diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan kombinasi metode pembelajaran discovery learning dan brain storming, kemampuan pemecahan masalah pada pokok bahasan himpunan, pengaruh penggunaan kombinasi metode pembelajaran discovery learning dan brain storming terhadap kemampuan pemecahan masalah dan seberapa besar pengaruh penggunaan kombinasi metode pembelajaran discovery learning dan brain storming terhadap kemampuan pemecahan masalah. Pembelajaran yang menekankan pada keaktifan siswa dalam belajar dan pemberian latihan kepada siswa dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan menerapkan pengetahuan yang dimiliki untuk mengidentifikasi masalah baru kemudian menyusun strategi untuk menyelesaikan permasalahan baru tersebut.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003.Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hatimah, I. (2000). Strategi dan Metode Pembelajaran. Bandung: Adira

Nur, Muhammad. 2000. Pendekatan Discovery Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Paradigma.

Ahmadi, Abu dan Tri Prasetya. 1997. Strategi Belajar

Mengajar Untuk Fakultas Tarbiyah Komponen MKDK. Bandung: Pustaka Setia.

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bergeson, Tery. 2006. Teaching and Learning Mathematics. Washington: State Superintendent of Plubic Instruction.

Cahyo, N. Agus. 2013. Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Jogjakarta: Diva Press.

Chatib, Munif. 2013. Gurunya Manusia. Bandung: Mizan Pustaka.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Bahri. Syaiful. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hasan, Iqbal. 2002. Metodologi Penelitian & Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hidayah, Inayatul. 2011. Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pokok Lingkaran. Semarang: IAIN Walisongo.

Husaini Usman, Purnomo. 2007. PengantarStatistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Kaur Berinderjeet. 2008. Problem Solving in the mathematics Classroom (Secondary). National Institute of Education Singapore & Association of Mathematics Educor Singapore.

K, N. Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kirkley, Jamie. 2003. Principles for Teaching Problem Solving. Plato Learning, Inc.

Lie, Anita. 2008. Mempraktikan Cooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Gramedia.

Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustafa, Zainal. 2009. Mengurai Variabel Hingga Instrumentasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nammi. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Discovery (Penemuan) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

NCTM. 2000. Principles and Standard with the Learning from Assessment Materials. Restorn: NCTM

. 2000. Using the NCTM 2000 Principles and Standards With the Learning From Assessment Materials.

Nurafriani, Setia. Novi. 2012. Pengaruh Metode Pembelajaran (Curah Pendapat) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Ciniru Kabupaten Kuningan Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Posamentier, A. S. & Stepelman, J. (1999). Teaching secondary school mathematics: Techniques and enrichment units (5thed). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

Polya. 1985. How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey: Princeton University Press.

Pribadi, A. Benny. 2013. Model Assure Untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Jakarta: Dian Rakyat.

Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Jakarta: Mediakom.

Riduwan. 2007. Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sagala, Syaiful. 2006. Konsep & Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Siregar, Syofyan. 2011. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. 1991. Proses Belajar dan Mengajar Dalam Sistem Kredit Semester (SKS). Jakarta: Bumi Aksara.

Sobel, A. Max. 2004. Mengajar Matematika. Jakarta: Erlangga.

Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKN.Jakarta: Bumi Aksara.

Sudijono, Agus. 2001. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo

Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

. 2001. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi Bagi Para Peneliti. Bandung: Torsito.




DOI: 10.24235/eduma.v3i1.12

Article Metrics

Abstract view : 557 times
PDF - 444 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching

View My Stats