IMPLEMENTASI MODEL EJAS BERBASIS MATHEMATIC EDUTAIMENTUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN PERILAKU KEPEDULIAN TERHADAP LINGKUNGAN

savitri wanabuliandari(1*), Sekar Dwi Ardianti(2), Susilo Rahardjo(3),


(1) Universitas Muria Kudus
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik melalui model EJAS berbasis mathematic edutainment dan (2) untuk mengetahui peningkatan perilaku kepedulian lingkungan pada peserta didik melalui model EJAS berbasis mathematic edutainment. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre experimental design. Desain penelitian yang digunakan one group pre test-post test. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis didapatkan (1) terjadi peningkatan prestasi belajar dengan tingkat peningkatan rendah sebesar 0%,  sedang 14,29%, dan tinggi 85,71 %. Secara klasikal diperoleh nilai normalized gain  sebesar 90% atau 0,9 yang berarti tafsiran peningkatan prestasi belajar termasuk kategori tinggi (2) terjadi peningkatan terjadi peningkatan  perilaku kepedulian terhadap lingkungan dengan skor  peningkatan rendah sebesar 0%,  sedang sebesar  42,86%, dan tinggi sebesar 57,14%. Berdasarkan nilai normalized gain  secara klasikal diperoleh  sebesar 73% atau 0,73 yang berarti tafsiran peningkatan perilaku kepedulian terhadap lingkungan yang terjadi termasuk kategori tinggi.

Kata kunci: EJAS, Mathematic Edutainment, Peduli Lingkungan, Prestasi Belajar



Full Text:

PDF

References


Saepudin, Saluky Saluky, & Muhammad Ali Misri. (2016). The Use Effects Of Interactive Multimedia Edutainment On The Achievement Improvements In Mathematics. Information Technology Engineering Journals, 1 (1), 1-15.

Alimah, S. (2012). Pengembangan Pembelajaran Experiential Jelajah Alam Sekitar pada Mata Kuliah Biologi. Proceeding Seminar Nasional MIPA Unnes. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Alimah, S. (2014). Model Pembelajaran Eksperiensial Jelajah Alam Sekitar. Strategi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 3 (1), 47-54.

Aulia Zulfatu Nisa, Siti Alimah, Aditya Marianti. 2016. Pengaruh Penerapan Desain Pembelajaran Animalia dengan Model Eksperiensial Jelajah Alam Sekitar di SMA. Lembaran Ilmu pendidikan, 45 (1), 20-27.

Hamid, Sholeh. (2011). Metode Edutainment. Yogyakarta: Diva Press

Puskur. (2002). Kurikulum dan Hasil belajar Kompetensi Dasar Mata pelajaran Matematika dan Madrasah. Jakarta: Balitbang Depdiknas

Ruseffendi, E. T. (2010). Dasar-dasar penelitian pendidikan &bidang non-eksakta lainnya. Bandung: Tarsito

Saptono. (2011). Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter, Wawasan, Strategi, dan Lengah Praktis. Salatiga: Erlangga

Shodiqin, Rahmat. (2016). Pembelajaran Berbasis Edutainment. Jurnal Al-Maqoyis, 4 (1), 36-52

Tika Yuliati & Nana Kariada Tri Martuti. (2015). Efektifitas Penerapan Model Field Trip Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 3 (1), 39-48.




DOI: 10.24235/eduma.v5i2.1174

Article Metrics

Abstract view : 873 times
PDF - 344 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching

https://thefanmetareader.org/

https://roadgetbusiness.net/

https://northrunfarm.com/

slot thailand

wetogel

slot gacor

Stockity

Stockity Login

Stockity Daftar

Stockity Web

Daftar Stockity

Login Stockity

Stockity Official

Stockity Indonesia

slot dana

bosjp

https://www.worldlakes.org/

mandiri88

slot dana

View My Stats

 

klik4d