IMPLEMENTASI MODEL EJAS BERBASIS MATHEMATIC EDUTAIMENTUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN PERILAKU KEPEDULIAN TERHADAP LINGKUNGAN
(1) Universitas Muria Kudus
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik melalui model EJAS berbasis mathematic edutainment dan (2) untuk mengetahui peningkatan perilaku kepedulian lingkungan pada peserta didik melalui model EJAS berbasis mathematic edutainment. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre experimental design. Desain penelitian yang digunakan one group pre test-post test. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis didapatkan (1) terjadi peningkatan prestasi belajar dengan tingkat peningkatan rendah sebesar 0%, sedang 14,29%, dan tinggi 85,71 %. Secara klasikal diperoleh nilai normalized gain  sebesar 90% atau 0,9 yang berarti tafsiran peningkatan prestasi belajar termasuk kategori tinggi (2) terjadi peningkatan terjadi peningkatan perilaku kepedulian terhadap lingkungan dengan skor peningkatan rendah sebesar 0%, sedang sebesar 42,86%, dan tinggi sebesar 57,14%. Berdasarkan nilai normalized gain  secara klasikal diperoleh sebesar 73% atau 0,73 yang berarti tafsiran peningkatan perilaku kepedulian terhadap lingkungan yang terjadi termasuk kategori tinggi.
Kata kunci: EJAS, Mathematic Edutainment, Peduli Lingkungan, Prestasi Belajar
Full Text:
PDFReferences
Saepudin, Saluky Saluky, & Muhammad Ali Misri. (2016). The Use Effects Of Interactive Multimedia Edutainment On The Achievement Improvements In Mathematics. Information Technology Engineering Journals, 1 (1), 1-15.
Alimah, S. (2012). Pengembangan Pembelajaran Experiential Jelajah Alam Sekitar pada Mata Kuliah Biologi. Proceeding Seminar Nasional MIPA Unnes. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Alimah, S. (2014). Model Pembelajaran Eksperiensial Jelajah Alam Sekitar. Strategi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 3 (1), 47-54.
Aulia Zulfatu Nisa, Siti Alimah, Aditya Marianti. 2016. Pengaruh Penerapan Desain Pembelajaran Animalia dengan Model Eksperiensial Jelajah Alam Sekitar di SMA. Lembaran Ilmu pendidikan, 45 (1), 20-27.
Hamid, Sholeh. (2011). Metode Edutainment. Yogyakarta: Diva Press
Puskur. (2002). Kurikulum dan Hasil belajar Kompetensi Dasar Mata pelajaran Matematika dan Madrasah. Jakarta: Balitbang Depdiknas
Ruseffendi, E. T. (2010). Dasar-dasar penelitian pendidikan &bidang non-eksakta lainnya. Bandung: Tarsito
Saptono. (2011). Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter, Wawasan, Strategi, dan Lengah Praktis. Salatiga: Erlangga
Shodiqin, Rahmat. (2016). Pembelajaran Berbasis Edutainment. Jurnal Al-Maqoyis, 4 (1), 36-52
Tika Yuliati & Nana Kariada Tri Martuti. (2015). Efektifitas Penerapan Model Field Trip Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 3 (1), 39-48.
DOI: 10.24235/eduma.v5i2.1174
Article Metrics
Abstract view : 873 timesPDF - 344 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching