PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM KELUARGA DI ERA INDUSTRI 4.0.

Syifauzakia Syifauzakia(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini agar orang tua memahami konsep pendidikan anak usia dini dalam keluarga, orang tua dapat mengetahui kompetensi-kompetensi apa saja yang harus dikembangkan pada anak di era revolusi industri 4.0, dan orang tua juga dapat mengetahui cara mendidik anak usia dini di era revolusi industry 4.0.  Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan, dan teknik analisis data menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian yang didapatkan pendidikan anak usia dini dalam keluarga akan berjalan dengan baik jika orang tua memahami kewajiban dan tanggung jawabnya terhadap anak, memahami kebutuhan dasar anak, dan memahami aspek perkembangan anak usia dini. Kompetensi yang dibutuhkan oleh anak di era industri 4.0. tersebut antara lain: 1) berpikir Kritis, 2) komunikasi, 3) kerjasama, 4) kreatif, 5) kepemimpinan, 6) berkarakter yang terpuji, 7) literasi baca tulis; 8) literasi numerasi; 9) Literasi sains; 10) literasi digital, 11) literasi budaya dan kewargaan; 12) literasi finansial. Mendidik anak usia dini dalam keluarga di era industri 4.0 orang tua dapat mengembangkan kompetensi-kompetensi dengan cara: 1) melatih berpikir kritis; 2) menjalin komunikasi yang baik dan efektif; 3) melibatkan anak dalam kegiatan rumah tangga; 4) membebaskan anak bermain; 5) melatih kepemimpinan; 6) menanamkan nilai karakter yang terpuji; 7) mengenalkan enam kemampuan literasi.

Kata kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan dalam Keluarga, Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0  

 

Abstract

The purpose of this study is that parents understand the concept of early childhood education in the family, parents can find out what competencies should be developed in children in the era of the industrial revolution 4.0, and parents can also find out how to educate early childhood in the era of the industrial revolution. 4.0. The method used in this research is library research, and the data analysis technique uses the content analysis method. The research results obtained that early childhood education in the family will run well if parents understand their obligations and responsibilities towards children, understand children's basic needs, and understand aspects of early childhood development. Competencies needed by children in the industrial era 4.0. These include: 1) critical thinking, 2) communication, 3) cooperation, 4) creative, 5) leadership, 6) commendable character, 7) literacy in literacy; 8) numeracy literacy; 9) scientific literacy; 10) digital literacy, 11) cultural and civic literacy; 12) financial literacy. Educating early childhood in families in the industrial era 4.0 parents can develop competencies by: 1) training critical thinking; 2) establish good and effective communication; 3) involving children in household activities; 4) freeing children to play; 5) training leadership; 6) instilling a commendable character value; 7) introduce six literacy skills.

Keywords: Early Childhood Education, Education in The Family, Education in The Industrial Revolution Era 4.0


Full Text:

PDF

References


Ahmad, I. (2018). Proses Pembelajaran Digital dalam Era Revolusi Industri 4 . 0 Era Disrupsi Teknologi. Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi, 1–13.

Andrisyah. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Sains Melalui Pendekatan Inquiry. 4(2), 60–70.

Bahri, H. (2018). Strategi Komunikasi Terhadap Anak Usia Dini. Nuansa, 11(1), 48–57. https://doi.org/10.29300/nuansa.v11i1.1356

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & ... (2017). Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. … Pendidikan Anak. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/17707

Fananta, M. R., Widjiasih, A. E., Setiawan, R., Hanifah, N., Miftahussururi, M., Nento, M. N., Akbari, Q. S., & Ayomi, J. M. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–36.

Fianto, F., PrismayaniRisma, Wijaya, N. I., Miftahussururi, M., Hanifah, N., Nento, M. N., Akbari, Q. S., & Adryansyah, N. (2017). Materi Pendukung Literasi Finansial. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–41. http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/buku-literasi-finansial/

Fitri, S. N. (2019). Implementasi Buku Cerita Ksatria dalam Menanamkan Nilai Karakter Kepemimpinan pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Al Hidayah Karanggede Boyolali. Universitas Negeri Semarang.

Hadiansyah, F., Djumala, R., Gani, S., Hikmat, A., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, M., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Budaya dan Kewargaan. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, M., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa, 8(2), 245. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241–256. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Magta, M., Ujianti, P. R., & Permatasari, E. D. (2019). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok A. 24(2), 212–220.

Mansur, A. R. (2019). Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah (Pertama). Andalas University Press.

Muzakkir, M. (2017). Harmonisasi Tri Pusat Pendidikan dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Jurnal Al-Ta’dib, 10(1), 145–162.

Nasrullah, R., Aditya, W., Satya, T. I., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 43. http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/literasi-DIGITAL.pdf

Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Child Education in the Family As an Early Childhood Education During The Covid-19 Pandemic. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 7(1), 41–51.

Palupi, Y. (2015). Digital Parenting Sebagai Wahana Terapi Untuk Menyeimbangkan Dunia Digital Dengan Dunia Nyata Bagi Anak. Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta, 47–50.

Rahmat, U., Suhanda, E., Ganesha, R. E., & Subagja, A. (2015). Model Stimulasi Kepemimpinan Melalui Bermain Peran. PP PAUDNI Regional I, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rusliana, R. A. (2019). Development of Education in Early Childhood in The Digital Era. 7(4), 445–448. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v7i4.109256

Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159

Sari, R. P. (2017). Kreativitas Bermain Anak Usia Dini. Jurnal Pusaka, 1(9), 1–27. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i1.499

Saryono, D., Ibrahim, G. A., Muliastuti, L., Akbari, Q. S., Hanifah, N., Miftahussururi, M., Nento, M. N., & Efgeni, E. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca Tulis. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Sejati, S. (2019). Hirarki Kebutuhan Menurut Abraham H. Maslow dan Relevansinya dengan Kebutuhan Anak Usia Dini dalam Pendidikan Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.

Setyowahyudi, R., & Ferdiyanti, T. (2020). Keterampilan Guru PAUD Kabupaten Ponorogo Dalam Memberikan Penguatan Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Golden Age, 04(1), 100–111.

Suminah, E., Nugraha, A., Lestari, G. D., & Wahyuni, M. (2017). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (Apa, mengapa, dan bagaimana). Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Tabi’in, A. (2020). Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini Di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 04(1), 190–200.

Tritularsih, Y., & Sutopo, W. (2017). Peran Keilmuan Teknik Industri Dalam Perkembangan Rantai Pasokan Menuju Era Industri 4 . 0. Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC, 507–517.

Umroh, I. L. (2019). Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Sejak Dini Secaraa Islami di Era milenial 4.0. Ta’lim : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(2), 208–225. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/1644

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Widodo, M. M., & Ruhaena, L. (2018). Lingkungan Literasi Di Rumah Pada Anak Pra Sekolah. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.23917/indigenous.v3i1.3059

Widyaningsih, T. (2019). Revolusi industri 4.0 dan Pendidikan Anak Usia Dini untuk Generasi Alfa: Sebuah Telaah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 318–319.

Yunita, H., Meilanie, S. M., & Fahrurrozi, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 425. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.228

Zahra, A. C. A., Nurofik, J. M., Dermawan, K. I., & Widyatno, A. (2019). Peran Pendidikan Keluarga dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper, 128–132.




DOI: 10.24235/ath.v30i2.7347

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.