PENGARUH PEMBELAJARAN IPS TERHADAP MODAL SOSIAL SISWA
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Banyak kejadian-kejadian yang tidak sesuai dengan aturan, nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat. Permasalahan-permasalahan yang muncul di masyarakat semakin berkembang dan komplek. Pembelajaran IPS dibutuhkan untuk pembentukan individu peserta didik dalam menjalankan kehidupan sosial di masyarakat. Mereka diharapkan berperilaku dan berinteraksi sesuai dengan keadaan dan kondisi aturan, nilai dan norma yang ada di dalam masyarakat. Pembelajaran IPS di sekolah mempengaruhi pembentukan modal sosial dalam diri peserta didik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui konstribusi pembelajaran IPS terhadap perkembangan modal sosial peserta didik. Metode penelitian adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran IPS terhadap modal sosial peserta didik SMPN di Kabupaten Pandeglang. Pengaruh pembelajaran IPS terhadap modal sosial peserta didik sebesar 16,4%. Dengan tingkat signifikansinya dilihat dari table lebih kecil dari 0,05 sehingga pembelajaran IPS signifikan terhadap modal sosial.
Kata Kunci: Pembelajaran, Pembelajaran IPS, dan Modal Sosial
Â
Abstract
There are many incidents that are not in accordance with the rules, values and norms that are applied in the society. The problems that arise in society are increasingly developing and complex. Social studies learning is needed for the formation of individual students in carrying out social life in society. They are expected to behave and interact in accordance with the circumstances and conditions of the rules, values and norms that exist in society. Social studies learning in schools affects the formation of students’ self-social capital. The research objective was to find out the contribution of social studies learning to the development of students’ social capital. The research method was a quantitative research method with a survey approach. The finding of the research shows the influence of social studies learning on the social capital of Junior High School students in Pandeglang. The effect of social studies learning on students' social capital is 16.4%. Its significance level seen from the table is smaller than 0.05, so that social studies learning is significant for social capital.
Keywords: Learning, Social Studies Learning, and Social Capital
Full Text:
PDFReferences
Coleman, J.S. (2011). Dasar-Dasar Teori Sosial Foundation of Social Theory. Bandung: Nusamedia.
Dalimunthe, R. A. A., & Hanum, F. (2017). Pengaruh Modal Sosial, Kompentensi Guru Dan Intensitas Kegiatan Mgmp Terhadap Profesionalisme Guru IPS SMP. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2).
Ginanjar, A. (2016). Penguatan peran ips dalam meningkatkan keterampilan sosial peserta didik. Harmony, 1(1), 118-126.
Maryani, E. (2006). Kontribusi Pendidikan Geografi dalam Mengembangkan Modal Sosial untuk Menuju Keunggulan Berbangsa dan Bernegara. In Makalah yang disajikan dalam Seminar Nasional IPS Bandung tanggal (Vol. 5).
Maryani, E., & Syamsudin, H. (2009). Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk meningkatkan kompetensi Keterampilan sosial. Jurnal Penelitian, 9(1).
Puspitasari, R., & Suherman, A. (2019). Analisa Kurikulum Bermuatan Modal Sosial dalam Pembelajaran IPS di MTS/SMP Se Kota Cirebon. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 8(1).
Rosilawati, I. (2011). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Pembelajaran IPS dan Lokasi Terhadap Modal Sosial Siswa SMP di Kabupaten Subang. Jurnal Pendidikan (Online). ISSN. 1412-565X
Rudi, L., & Haikal, H. (2014). Modal Sosial Pendidikan Pondok Pesantren Social Capital Of Boarding School Education. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(1).
Sapriya, (2011). Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunal, C.S dan Hans, M E. (2005). Social Studies for Elementary and Middle Grades a Constructivist Approach. 2th: Pearson Education.
Suharto, Edi. (2005). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Tukiran, S.E. (2014). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES
Utomo, E. P. (2018). Internalisasi nilai karakter gotong royong dalam pembelajaran IPS untuk membangun modal sosial peserta didik. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3.
DOI: 10.24235/ath.v30i2.7277
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.