ANALISIS MATERI AKHLAK MENGENAI ADAB GURU DAN ADAB MURID DALAM KITAB BIDAYATUL HIDAYAH UNTUK MEMBINA KARAKTER SISWA MI
(1) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
(3) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya adab di kalangan pelajar dan pendidik di Indonesia. Banyak kasus-kasus yang beredar di beberapa tayangan televisi dan media cetak tentang banyaknya pelajar yang tidak mempunyai sopan santun kepada gurunya dan berbagai tindakan menyimpang guru terhadap muridnya. Tujuan penelitian ini adalah agar guru dan murid mampu menerapkan adab-adab dalam kitab Bidayatul Hidayah, terutama di lingkungan sekolah. Metode yang digunakan adalah metode kepustakaan (Library research). Metode ini merupakan metode yang berkaitan dengan pengumpulan data dengan cara membaca, menelaah, menganalisis dan lebih menekankan pada analisis yang bersifat deskriptif, teoritis dan filosofis serta tidak perlu turun ke lapangan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan ada beberapa adab yang harus dimiliki oleh seorang guru dan murid berdasarkan dalam kitab Bidayatul Hidayah. Selain itu, seorang guru (Muallim) harus memiliki sifat yang berwibawa dan mampu membimbing muridnya. Sedangkan KD dan KI yang ada di dalam buku Akidah akhlak kelas satu MI menunjukkan kesesuaian kitab Bidayatul Hidayah mengenai adab-adab yang harus dilakukan oleh seorang murid kepada gurunya, dengan materi akidah akhlak yang ada di Madrasah Ibtidaiyah kelas satu ini. Kitab bidayah bisa digunakan sebagai bahan ajar di sekolah. Hal ini dapat diimplementasikan ketika proses belajar mengajar, seperti berbicara saat diskusi dan bertanya.
Kata kunci: Adab Guru dan Murid, Kitab Bidayatul Hidayah, Membina Karakter Siswa MI
Â
Â
Abstract
This research was motivated by the low level of manners among students and teachers in Indonesia. Many cases are circulating on several television shows and printed media about, many students who do not have manners to their teachers and also several teachers’ deviant behaviors towards their students. The aim of this research was to make teachers and students be able to apply the manners contained in Bidayatul Hidayah book, especially in the school environment. The method used was library research method. This method is a method related to data collection by reading, studying, analyzing and more emphasizing
on the analysis that is descriptive, theoretical and philosophical in nature and going to the field to collect data is not needed. The results of this study indicate that there are several manners that must be possessed by teachers and students according to Bidayatul Hidayah book. Beside that, a teacher (Muallim) must have an authoritative character and be able to guide his students. Meanwhile, the Basic Competencies (KD) and Core Competencies (KI) in the first grade of Madrasah Ibtidaiyah's Akidah morals book show the suitability of the Bidayatul Hidayah book regarding the manners that must be carried out by a student to his teacher, with the material of akidah morals in the first grade of Madrasah Ibtidaiyah. Bidayah book can be used as a teaching material at school. This can be implemented during the teaching and learning process, such as speaking in discussions and asking questions.
Keywords: Manners of teachers and students, Bidayatul Hidayah book, Guiding characters of Madrasah Ibtidaiyah’s students
Full Text:
PDFReferences
Abdullah. (2016). Adab Guru terhadap Murid dalam Persepektif Kitab Bidayatul Hidayah Karangan Imam Al-Ghazali
Ainiyah, N. (2013). Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25-38.
Al-Attas, S. M. N. (1992). Konsep Pendidikan dalam Islam. Penerjemah: Haidar Bagir. Bandung: Mizan.
Bungin, M. B. (2008). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Komunikasi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Gogo, J. O. (2020). The Contribution of Education to Moral Decay in Kenya Challenges and Prospects. International Journal of Educational Humanities and Social Science, 3(1), 20-32.
Hanafi, H. (2017). Urgensi Pendidikan Adab dalam Islam. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(1), 59-78.
Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Kemendiknas. (2010). Kerangka Acuan Pendidikan Karakter. Jakarta, Indonesia: Kemendiknas.
Maragustam Siregar. 2010. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. 35-36.
Muhamadi, S., & Hasanah, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Peduli Sesama melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Relawan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 95-114.
Mutamakkin, Y. A. (2012). Terjemah Kitab Bidayatul Hidayah. PT Karya Toha Pustaka semarang.
Nasif, M. (2018). Bidayatul Hidayah: Terjemah dan penjelasannya. Kediri: Pustaka Isyfa"lana.
Nata, A. (2001). Persefektif Islam tentang pola HUbungan Guru-Murid . Jakarta: Raja Grafindo.
Noer, M. A., & Sarumpaet, A. (2017). Konsep Adab Peserta Didik dalam Pembelajaran Menurut Az-Zarnuji dan Implikasinya terhadap Pendidikan Karakter di Indonesia. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 181-208.
Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan karakter sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(3), 229-238.
Ramadhan, B. (2020, March 06). Guru Tewas Dianiaya Siswa, Indonesia Krisis Keteladanan. Retrieved from https://www.republika.co.id/berita/nasional/politik/18/02/06/p3ppr0330-guru-tewa
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: Alpabheta.
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
DOI: 10.24235/ath.v30i2.7264
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.