PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENI TARI MELALUI TEKNIK TANDUR BERBANTUKAN GAMBAR SERI

Nur Atikoh(1*),


(1) (Scopus ID: 57212621062; h-index:0), IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, serta aktivitas dan performansi guru sebagai dampak pengiring pada pembelajaran seni tari di SD melalui penerapan teknik TANDUR berbantukan gambar seri. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan non tes. Data yang diperoleh merupakan hasil pra siklus, tes tertulis, tes praktek, pengamatan aktivitas siswa, dan pengamatan performansi guru. Indikator keberhasilan PTK yaitu, jumlah siswa yang mendapat nilai sesuai KKM (≥71) minimal 75%, aktivitas belajar siswa minimal 75%, dan performansi guru minimal B (≥70). Hasil penelitian menunjukkan, nilai rata-rata kelas pra siklus sebesar 68,2 meningkat pada siklus I menjadi 73 dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal dari 40,5% menjadi 75,7%. Nilai rata-rata kelas siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 84,1 dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal mencapai 91,9%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 70,5% meningkat pada siklus II menjadi 80%. Nilai performansi guru telah mencapai indikator keberhasilan, pada siklus I sebesar 86,05 meningkat pada siklus II menjadi 96,75. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa teknik TANDUR berbantukan gambar seri dapat meningkatkan pembelajaran tari pendek bertema kelas III SD Negeri Debong Lor Kota Tegal tahun pelajaran 2014/2015.

Kata kunci: gambar seri, tari pendek bertema, teknik TANDUR.

 

 

Abstract

The research aimed to improve students’ learning outcomes as well as teacher’s activities and performance as accompanying impacts on dance learning in Elementary School through the technique of TANDUR assisted image series. This Classroom Action Research (CAR) was performed in two cycles. Data collection techniques used were in the form of test and non-test. The data obtained were the results of pre-cycle, written test, practice test, observation of student activities, and observation of teacher’s performance. Indicators of the research success are the number of students who got the Minimum Criteria of Mastery Score of (≥71) were at least 75%, students’ learning activities were at least 75% and teacher’s performance was at least B (≥70). The results show that the mean score of 68.2 in pre-cycle class increased in the first cycle to 73 with an increase in the classical learning completeness of 40.5% to 75.7%. The class mean score in cycle II also increased to 84.1 with an increase in the classical learning completeness reaching 91.9%. Students’ learning activities in the first cycle which were 70.5% increased to 80% in the second cycle. The score of teacher’s performance has reached an indicator of success in the first cycle of 86.05 to 96.8 in cycle II. Based on the results, it can be concluded that the technique of TANDUR assisted image series can improve the learning of The Dance Short Themed material of Grade III Debong Lor Elementary School of Tegal City in the academic year of 2014/2015.

Keywords: image series, short themed dance, the technique of TANDUR


Full Text:

PDF

References


Aqib, Z, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Amriyeni, M., Syarif, I., & Iriani, Z. (2013). Pengaruh Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tari Daerah Setempat Kelas X SMA Negeri 8 Padang. Jurnal Sendratasik, 2(1), 56-62.

Anwar. 2011. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana dengan Menggunakan Media Gambar Seri. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia.

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72-80.

Ashobah, D. N., Nurbaeti, R. U., & Toharudin, M. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa Laki-Laki Kelas V Dalam Pembelajaran Seni Tari (Studi Kasus Di SDIT Nurul Hidayah Brebes). Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(01), 39-44.

Astuti, N. M. R., Ardana, I. K., & Manuaba, I. S. (2013). Pengaruh Model Quantum Learning Berbantuan Media Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus III Kerobokan Badung. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).

Ariantari, N. M. D., Sudarma, I. K., & Wibawa, I. M. C. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Tandur terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Gugus VI Kecamatan Buleleng. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Cahyadi, F., & Pujiyati, P. (2013). Model Quantum Teaching menggunakan Media Gambar Seri terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri Kuripan Wonosobo. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 3(1).

Dewi, G. A. M. S. W., Suarni, N. K., & Widiana, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Tandur Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Diansari, L., Ismunandar, I., & Istiandini, W. Upaya Meningkatkan Kreativitas Gerak Tari melalui Model Quantum Learning terhadap Siswa Kelas X SMA (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasim, M., Wibawa, I. M. C., & Renda, N. T. (2016). Penerapan Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Gambar Seri Untuk Meningkantkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(3).

Haderani, H. (2018). Tinjauan Filosofis tentang Fungsi Pendidikan dalam Hidup Manusia. Tarbiyah Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).

Hasanah, F., Lasmawan, W., & Marhaeni, A. A. I. N. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kuantum Teknik Market untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Siswa Kelas IV MI Insan Mulia Jimbaran (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).

Idzhar, A. (2016). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal office, 2(2), 221-228.

Krissandi, A. D. S., & Rusmawan, R. (2015). Kendala guru sekolah dasar dalam implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(3).

Maesaroh, S., & Darminto, E. (2019). Penerapan Teknik Tandur Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dalam Mengikuti Layanan Bimbingan Klasikal. Jurnal BK UNESA, 10(2).

Maimunah, M. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Afkar Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1).

Nilandari, A. 2014. Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Permana, E. P. (2015). Penerapan Metode Problem Solving Dengan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(1).

Pratama, U. O. (2013). Aplikasi Quantum Teaching melalui Pembelajaran Tari Merak untuk Meningkatkan Minat Siswa terhadap Pembelajaran Seni Tari di SD Negeri Mulyasari Subang (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Pratama, A. J. (2020). Metode Guru Dalam Memfasilitasi Anak pada Kompetensi Memperagakan Gerak Keseharian dan Alam Dalam Seni Tari di Kelas II Sekolah Dasar (Doctoral Dissertation, Universitas Jambi).

Putra, N. A. (2011). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Moahino Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Online, 2(4).

Rahmah, N., & Lismawati, L. (2018). Meningkatkan Kemampuan Apresiasi Seni Tari Anak Melalui Tari Kreasi. Tunas Cendekia: Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 15-21.

Rini, Y. S., & Tari, J. P. S. (2013). Pendidikan Hakekat, Tujuan, dan Proses. Jogyakarta: Pendidikan Dan Seni Universitas Negeri Jogyakarta.

Sudjana, Nana. 2011. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Susiani, K., Dantes, N., & Tika, N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum terhadap Kecerdasan Sosio-Emosional dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Banyuning. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1).

Taufiq, A., Mikarsa, H.L., & Prianto, P.L. (2011). Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Utina, U. T. (2009). Pembelajaran Tari Berkonteks Tematik Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi di TK Pembina Singorojo Kabupaten Kendal. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 9(1).

Widiastuti, H. (2012). Peran Guru Dalam Membentuk Siswa Berkarakter. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2012. 41-53

Wijayati, E. C., Degeng, I. N. S., & Sumarmi, S. (2016). Kesulitan-Kesulitan dalam Implementasi Kurikulum Mata Pelajaran IPS SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2241-2247.

Yonny, Acep dkk. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.

Zaini, H. A. A. (2013). Upaya guru dalam pengembangan metode pembelajaran. Jurnal Ummul Qura, 3(2), 40-48.




DOI: 10.24235/ath.v30i2.7242

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.