INOVASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Rina Rahmi(1*),


(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan inovasi pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Inovasi pembelajaran diharapkan dapat memberikan solusi juga pencegahan Covid-19. Oleh karena itu, kerjasama orang tua, guru dan pemerintah sangat dianjurkan demi mewujudkan pendidikan yang efektif dan efisien di tengah wabah penyakit yang melanda dunia saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode kajian literatur. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menelusuri berbagai sumber baik berupa dokumen pemerintah, media massa, dan hasil penelitian yang relevan sebelumnya dianalisis dengan menggunakan policy research dan didukung oleh hasil wawancara dengan beberapa siswa tingkat sekolah dasar. Analisis data menggunakan Content Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus corona (Covid-19) berdampak pada munculnya konsep-konsep baru berkaitan dengan inovasi pembelajaran yang dapat diterapkan. Inovasi pembelajaran tersebut diantaranya Learning from Home: Kolaborasi antara sekolah dengan orang tua, pembelajaran sebagai peluang sekaligus tantangan, dan inovasi model pembelajaran Blended Learning. Harapannya, inovasi tersebut dapat memberikan hasil yang optimal dan dapat meningkatkan kerjasama antar orang tua, guru, dan pemerintah demi mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan mampu bersaing secara global. Inovasi pembelajaran berbasis teknologi diharapkan tidak hanya berlangsung dimasa pandemi Covid-19, namun dapat diterapkan setelah Covid-19 berakhir untuk pendidikan yang semakin maju dan berkualitas.

Kata kunci: Inovasi, Pembelajaran, Virus Corona (COVID-19)

 

Abstract

This article aimed to analyze and describe learning innovations in the Covid-19 pandemic. Learning innovation are expected to provide solutions for Covid-19 prevention. Because of that, the collaboration among parents, teachers, and the government is highly recommended to realize effective and efficient education despite the current epidemic that plagues the world today. The research method used was qualitative research with a literature review method. Data collection was carried out by tracing various sources in the form of government documents, mass media, and relevant research results that were previously analyzed using policy research and supported by interviews with several elementary school level students. Data analysis used Content Analysis. The results of this study indicate that government policies in overcoming the spread of the coronavirus (COVID-19) have an impact on the emergence of new concepts related to learning innovations that can be applied. These learning innovations include Learning from Home: Collaboration between school and parents, learning as an opportunity as well as a challenge, and learning model innovation of Blended Learning. Hopefully, these innovations can provide optimal results and can enhance collaboration among parents, teachers, and the government to create qualified education and be able to compete globally. Technology-based learning innovations are expected to not only take place during the Covid-19 pandemic but also to be applied after the Covid-19 ends for more advanced and qualified education.

 

Keywords: Innovation, Learning, Coronavirus Desease (COVID-19)


Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konstektual: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/Kti) (3rd ed). Jakarta: Kencana.

Anggara, S. (2015). Metode Penelitian Administratif. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, S. (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyandi, N. (2020, Juni 23). Ngobrol Publik 2020 Klaster Education Teknologi. Konten Adalah Koentji: Jurus Guru Zaman Now Mahir Konten Digital [Webinar]. PIBo. https://www.youtube.com/watch?v=wTcAfn2BBAY

Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82-93.

Chaeruman, U. A. (2017). PEDATI Model Desain Sistem Pembelajaran Blended. Panduan Merancang Mata Kuliah Daring SPADA Indonesia.

Darmalaksana, W. (2020). Corona Hadis. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Haerudin, Cahyani, A., Sitihanifah, N., Setiani, R. N., Nurhayati, S., Oktaviana, V., & Sitorus, Y. I. (2020). Peran Orangtua Dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19. Universitas Singaperbangsa Karawang, 3(1), 1–12.

He, W., Xu, G., & Kruck, S. E. (2014). Online IS education for the 21st century. Journal of Information Systems Education, 25(2), 101-106.

Huda, M., Maseleno, A., Teh, K. S. M., Don, A. G., Basiron, B., Jasmi, K. A., ... & Ahmad, R. (2018). Understanding Modern Learning Environment (MLE) in Big Data Era. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 13(05), 71-85.

Istiningsih. (2020, Juni 11). Learning Innovation in the Pandemic Period Covid-19 [Webinar]. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. https://bit.ly/2ArhXDP

Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan: Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2).

Kemendikbud. (2020a). Bersama Hadapi Corona. Jakarta, Indonesia: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2020b). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah. Jakarta, Indonesia: Kemendikbud.

Putri, G.S. (2020, Maret 12). Who Resmi Sebut Virus Corona Covid-19 Sebagai Pandemi. Kompas. Retrieved from https://www.kompas.com/sains/read/2020/03/12/083129823/who-resmi-sebut-virus-corona-covid-19-sebagai-pandemi-global?page=all

Purnamasari, D.M. (2020, Juni 17). Update 17 Juni: Pasien Covid-19 Meninggal Capai 2.276 Orang. Kompas Nasional. Retrieved from https://nasional.kompas.com/read/2020/06/17/15592881/update-17-juni-pasien-covid-19-meninggal-dunia-capai-2276-orang

Kusnandi, K. (2019). Model Inovasi Pendidikan dengan Strategi Implementasi Konsep “Dare to Be Differentâ€. Jurnal Wahana Pendidikan, 4(1), 132-144.

Melhuish, E. C., Phan, M. B., Sylva, K., Sammons, P., Sirajâ€Blatchford, I., & Taggart, B. (2008). Effects of the home learning environment and preschool center experience upon literacy and numeracy development in early primary school. Journal of Social Issues, 64(1), 95-114.

Mendikbud. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 4 Taun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Selama Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Desease (Covid-19). Jakarta, Indonesia: Mendikbud.

Mendikbud. (2013). Peraturan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta, Indonesia: Mendikbud.

Miarso, Y. (2007). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Computer. Https://Doi.Org/10.1038/Cddis.2011.1

Nawangsari, D. (2010). Urgensi Inovasi dalam Sistem Pendidikan. Jurnal Falasifa, 1(1).

Panigrahi, R., Srivastava, P. R., & Sharma, D. (2018). Online learning: Adoption, continuance, and learning outcome—A review of literature. International Journal of Information Management, 43, 1-14.

Rina, D. (2020). Pencegahan Penyebaran Virus Corona di Bandara Menggunakan Artificial Intellegence. STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi), 5(1), 94-100.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Media Group.

Shi, H., Han, X., Jiang, N., Cao, Y., Alwalid, O., Gu, J., ... & Zheng, C. (2020). Radiological findings from 81 patients with COVID-19 pneumonia in Wuhan, China: a descriptive study. The Lancet Infectious Diseases.

Simanihuruk, L., Simarmata, J., Sudirman, A. Hasibuan, M.S., Safitri, M., Sulaiman, O.K., Ramadhani, R., dan Sahir, S.H. (2019). E-Learning: Implementasi, Strategi, Dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis.

Sudarsana, I. K., Lestari, N. G. A. M. Y., Wijaya, I. K. W. B., Krisdayanthi, A., Andayani, K. Y., Trisnadewi, K., ... & Kusumawati, N. A. (2020). Covid-19: Perspektif Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Sururi, A. (2017). Inovasi Kebijakan dalam Perspektif Administrasi Publik Menuju Terwujudnya Good Public Policy Governance.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34.

Valeza, A. R. (2017). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Widaningsih, I. (2019). Strategi dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Uwais Inspirasi Indonesia.

Winingsih, E. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. April 2, 2020. Poskita. co: https://poskita. co/2020/04/02/peran-orangtua-dalampembelajaran-jarak-jauh.

Yafie, E. (N.D.). Learning Innovation For Early Childhood In The New Life, Universiti Teknologi Malaysia.

Yanti, F. A., Mundilarto, M. P., & Kuswanto, H. (2019). Teori Dan Aplikasi Model Cooperative Research Project Based Learning di Perguruan Tinggi. Yogyakrta: Gre Publishing.

Yaumi, M. (2018). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta. Prenadamedia Group.




DOI: 10.24235/ath.v30i2.6852

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.