KOMPETENSI GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR

Nurul Azmi(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kompetensi guru IPA dalam menggunakan media video interaktif, dan (2) pengaruh media pembelajaran terhadap peningkatkan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran pada konsep sistem pencernaan manusia.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Quasi Experimental Design dengan bentuk pretest-post test control grup design, dan pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Random Sampling. Sedangkan sampelnya adalah semua guru IPA, siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan angket dan tes. Analisis data menggunakan software SPSS V 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  (1) kompetensi guru IPA dalam menggunakan media pembelajaran sangat baik dan (2) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan nilai Sig, 0,007 < 0,05 melalui Uji Mann Whitney. Dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru IPA dalam menggunakan media pembelajaran   untuk meningkatkan hasil belajar siswa sudah sangat baik dan efektif.

Kata kunci: Kompetensi Guru,  Media Pembelajaran, Hasil Belajar

 

 

Abstract

This research aimed at knowing: (1) teachers’ competence to use interactive video media and (2) the influence of the learning media towards the improvement of learning outcome between students using learning media and those that were not, in human digestive system concept. This study used a Quasi Experimental Design with control group design for the pretest and post test, and the sample were taken by using Purposive Random Sampling technique. The sample was all teachers of natural sciences subject, the students of Class VIII A as an experimental class and the students of Class VIII B as a control class. The data collecting techniques used questionnaires and tests. The data analysis used was SPSS V 24 software. The results of the study show that: (1) the competence of natural science teachers to use the learning media is very good and (2) there is a significant difference in students’ learning outcome between the experimental and control classes with the Sig value of 0.007 < 0.05 done through Mann Whitney test. It can be summarized that the competence of natural science teachers to use the learning media has already been good and effective.

Keywords: Teachers’ Competence, Learning Media, Learning Outcome

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Direktorat Tenaga Kependidikan Depdiknas. (2004). Standar Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.

Djaali & Mulyono, Pudji. (2007). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo

Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sofo. Francesco. (1999). Human Resource Development, Perspective, Roles and Practice Choice. Warriewood, NWS: Business and Professional Publishing.

Sugiyono. (2006).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: 10.24235/ath.v29i1.5202

Article Metrics

Abstract view : 40 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.