KONSEP SEKOLAH BERBASIS MULTIPLE INTELIGENCES MENURUT MUNIF CHATIB DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Kartika Wanojaleni(1*), Fathurohim Fathurohim(2), Eka Pujiyanto(3),


(1) STAI Sufyan Tsauri Majenang
(2) STAI Sufyan Tsauri Majenang
(3) STAI Sufyan Tsauri Majenang
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Multiple intelligences (kecerdasan majemuk) merupakan sebuah teori kecerdasan hasil perubahan makna pemahaman kecerdasan yang sebelumnya yaitu teori kecerdasan yang cenderung diartikan sempit yang hanya dinilai verbal dan matematika saja kini oleh Gardner diubah menjadi lebih luas, yaitu menjadi kecerdasan yang majemuk. Dan saat ini konsep Multiple intelligences atau kecerdasan majemuk mulai dipakai oleh beberapa sekolah maupun diterapkan dalam bidang pendidikan. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep sekolah berbasis multiple intelligences menurut Munif Chatib dan apakah ada relevansi konsep sekolah berbasis multiple intelligences dalam pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan konsep sekolah yang berbasis kecerdasan ganda menurut Munif Chatib. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif dan jenis penelitian pustaka atau yang disebut juga library research, yang menghasilkan data deskriptif melalui pengamatan terhadap ucapan, tulisan, atau perilaku orang. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik dokumentasi dan juga melengkapi dengan wawancara. Penelitian ini menunjukkan bahwa konsep sekolah berbasis multiple intelligences menurut Munif Chatib yaitu: 1. Menganut the best process bukan the best input; 2. Proses yang terbaik (the best process); 3.Outputnya sekolah manusia menganut penilaian autentik. Dan konsep ini menunjukkan adanya relevansi dalam pendidikan Islam hal ini dapat dilihat dari segi education for all, menghargai segala jenis kecerdasan manusia, Prinsip Islam yang mengutamakan kesetaraan antara individu juga tercermin dalam perumusan tujuan Pendidikan Islam.

Kata kunci: Sekolah, Multiple Intelegences, Munif Chatib, Pendidikan Islam

Abstract

Multiple intelligences (multiple intelligences) is a theory of intelligence resulting from changes in the meaning of understanding intelligence which was previously a theory of intelligence that tends to be interpreted narrowly which is only assessed verbally and mathematically now by Gardner is changed to be broader, namely into multiple intelligences. And now the concept of Multiple intelligences or multiple intelligences began to be used by several schools or applied in the field of education. The formulation of the problem raised in this study is how the concept of multiple intelligences-based schools according to Munif Chatib and whether there is relevance to the concept of multiple intelligences-based schools in Islamic education. The purpose of this study is to describe the concept of multiple intelligences-based schools according to Munif Chatib. The research described in this context involves library research that utilizes a qualitative approach, which is a type of study that generates descriptive data based on observations of people's speech, writing, or behavior. While the required data collection techniques are obtained through documentation, complemented by interviews. This research shows that the concept of multiple intelligences-based schools according to Munif Chatib is: 1. Adhering to the best process not the best input; 2. The best process; 3.The output of the human school adheres to authentic judgment. And this concept shows the relevance in Islamic education, this can be seen in terms of education for all, respecting all types of human intelligence, this is in line with Islamic principles that do not discriminate one from another and aspects in the formulation of Islamic Education goals.

 

Keywords: School, Multiple Intelligences, Munif Chatib, Islamic Education


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Banks, J. (2013). Multiple Intelligences. Encyclopedia of Diversity in Education, 209–232. https://doi.org/10.4135/9781452218533.n506

Chatib. (2019a). Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple intelligences di Indonesia. Kaifa.

Chatib, M. (2019b). Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple intelligences di Indonesia. Kaifa.

Chatib, M. (2020). Gurunya Manusia: Menjadikan Semua anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Kaifa.

Fauzi. (2019). Konsep Guru Ideal Menurut Munif Chatib dalam Buku Gurunya Manusia. Universitas Islam Indonesia.

Fikriyah, F. Z., & Aziz, J. A. (2018). Penerapan Konsep Multiple Intelligences pada Pembelajaran PAI. 1(02), 220–244.

Hadi, P. P. (2021). Pemikiran Pendidikan Munif Chatib Perspektif Pendidikan Agama Islam. Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hafid, Anwar, Jafar Ahiri, dan P. H. (2013). Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Alfabeta.

Hasan, K. (2018). Model Kultur Sekolah Berbasis Multiple Intelligence. Deepublish.

Hasanah, U. (n.d.). Konsep gurunya manusia dalam perspektif munif chatib. 52–63.

Kamal, F. (2022). Konstruksi Muhkam Dan Mutasyabbih M. Syahrur (Teori dan Penerapannya). MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 7(2), 85–99. https://doi.org/10.24090/maghza.v7i2.7059

Lajnah Pentashih Mushaf Al-Qur’an. (2022). Mushaf Al-Qur’an Terjemah Surat Al- Baqarah ayat 31-32. Al Huda Kelompok Gema Insani.

Makrufi, A. D. (n.d.). Model Pendidikan Islam Dengan Pendekatan Multiple Intelligences. 153–170.

Mauizdati, N. (2020). Kebijakan merdeka belajar dalam perspektif sekolahnya manusia dari munif chatib. 3, 315–321.

Mujib, Abdul dan Mudzakkir, J. (2010). Ilmu Pendidikan Islam.

Saifuddin Azwar. (2010). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.

Setiawati, L. (2019). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 140–150. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.5180

Sugiyono. (2015). Metode Penilitian Pendidikan Kuantitatife, Kualitatife, dan R & D. Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedural Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Sukitman, T. (2013). Konsep Pembelajaran Multiple Intelligence. 1–12.




DOI: 10.24235/ath.v33i1.13446

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.